Sukses

Ini Penyebab Susah Tidur Padahal Sudah Mengantuk dan Merasa Lelah

Penyebab susah tidur walau sudah mengantuk ini perlu diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Susah tidur meski sudah mengantuk dan merasa lelah merupakan masalah banyak orang sekarang ini. Padahal, tubuh lelah dan rasa mengantuk merupakan tanda bahwa tubuh membutuhkan istirahat. 

Seringkali seseorang mengalami kantuk saat di perjalanan pulang dari kantor atau dari sekolah karena sudah sangat lelah beraktivitas seharian. Namun saat sampai di rumah dan telah berbaring di kasur, kamu malah sulit tertidur.

Penyebab susah tidur padahal sudah mengantuk dan merasa lelah ini disebabkan karena kebiasaan tidur yang tidak sehat. Oleh karena itu, kamu harus menghindari berbagai penyebab susah tidur yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan nantinya.

Berikut Liptuan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2019) tentang penyebab susah tidur padahal sudah mengantuk dan merasa lelah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pola Tidur yang Buruk

Pola Tidur yang Buruk

Pola tidur yang buruk merupakan salah satu penyebab susah tidur walau sudah mengantuk dan merasa lelah. Susah tidur pada malam hari ini merupakan efek dari pola tidur kamu yang sebelumnya tidak teratur.bahkan bila pola tidur kamu terus berantakan dan tidak pernah teratur, tubuh akan merasa selalu kelelahan dan tidak bersemangat dalam beraktivitas.

Badan akan terasa berat karena kurang tidur dan membuat kamu cepat kelelahan dalam beraktivitas. Tidak hanya selalu merasa kelelahan saja, kamu juga akan merasakan stres emosional karena tidak kunjung bisa tidur pada malam hari walaupun sudah mengantuk dan merasa lelah.

Hal inilah yang membuat waktu tidur kamu makin berkurang dan menyebabkan pola tidur menjadi tidak beraturan setiap harinya.

Otak Tidak Memberi Perintah Untuk Tidur

Saat otak tidak memberi perintah untuk tidur, maka walaupun sudah merasa mengantuk ataupun merasa lelah kamu tetap tidak akan tertidur. Hal ini disebabkan oleh pola tidur kamu sehari-hari.

Bila kamu terbiasa tidur terlalu malam atau begadang, maka otak kamu juga akan terbiasa untuk memerintahkan tubuh tertidur di jam yang sama. Sedangkan bila kamu biasa tidur dengan pola tidur yang baik, maka otak akan menjaga pola tidur kamu tersebut pula.

Otak akan memberi perintah untuk tidur bila di waktu kamu masuk ke kamar memang merupakan waktu tidur kamu biasanya. Namun bila saat kamu masuk ke kamar dan biasanya kamu mengerjakan hal-hal lain terlebih dahulu, maka otak akan memerintahkan tubuh untuk tidka tertidur terlebih dahulu, yang akan berdampak terhadap kebiasaan tidur di hari-hari selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Smartphone di Tempat Tidur

Penyebab susah tidur walau sudah menagntuk dan merasa lelah lainnya adalah menggunakan smartphone di tempat tidur. Kebiasaan ini mungkin dilakukan kebanyakan orang.

Banyak orang yang terus mengecek smartphone sebelum tidur karena berbagai hal, padahal hal tersebut bisa membuat kamu jadi susah tidur. Selain itu mengerjakan tugas dan memikirkan hal-hal lainnya saat di tempat tidur juga membuat kamu akan semakin sulit tidur.

Saat kamu sudah di tempat tidur untuk beristirahat, jangan lakukan hal-hal lainnya lagi seperti memegang smartphone atau mengerjakan tugas. Hal ini membuat otak berpikir bahwa tempat tidur merupakan tempat untuk mengecek smartphone atau membuat tugas tersebut.

Selain itu, perasaan cemas yang dialami seseorang juga menjadi salah satu alasan susah tidur walau sudah mengantuk dan merasa lelah.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatur Pola Tidur

Untuk mengatur pola tidur, maka kamu harus mengubah kebiasaan-kebiasan buruk saat berada di kamar tidur. Kamu harus mempersiapkan diri benar-benar hanya untuk tidur saat sudah berada di kasur dan memastikan secara rutin untuk tidur pada waktu yang sama setiap harinya.

Dengan begini tubuh bisa terbiasa dan pola tidur kamu akan teratur lagi. Hindarilah smartphone, mengerjakan tugas, bahkan belajar di tempat tidur agar tidak mengganggu pola tidur. Selain itu, kamu lebih baik mengurangi cahaya di dalam kamar sehingga tubuh bisa lebih nyaman saat tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini