Sukses

CRM adalah Singkatan dari Customer Relationship Management, Kenali Fungsinya

CRM adalah sistem yang sangat penting bagi perkembangan sebuah bisnis.

Liputan6.com, Jakarta CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management yang dalam bahasa Indonesia berarti Manajemen Hubungan Pelanggan. CRM bisa dikatakan sebagai sebuah sistem yang digunakan perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Hal ini termasuk pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).

CRM adalah sistem yang sangat penting bagi perkembangan sebuah bisnis. Hal ini bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan sehingga nantinya berpengaruh terhadap pendapatan dan keuntungan perusahaan. Bahkan, CRM juga dapat digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan serta pascapenjualan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/7/2021) tentang CRM adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CRM adalah

CRM adalah Singkatan dari Customer Relationship Management. Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM adalah sebuah sistem informasi terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.

CRM adalah sebuah strategi, kegiatan, dan teknologi yang digunakan oleh perusahaan dalam rangka menjalin hubungan baik dengan pelanggan ataupun calon pelanggan. Sederhananya, CRM adalah data dan informasi yang tertata rapi sebagai cara untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, CRM adalah sistem yang melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Hal ini termasuk pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).

CRM adalah sistem yang pada awalnya dilakukan secara manual. Pelaku bisnis biasanya melakukannya dengan menggunakan buku catatan atau file spreadsheet untuk mencatat data pelanggan hingga riwayat pembelian produk.

Namun, sekarang ini CRM sudah bisa dilakukan dengan bantuan software otomatis. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan, lebih rapi, dan cepat diperiksa. Penggunaan CRM dengan software ini cocok digunakan untuk bisnis besar yang semakin berkembang, sehingga buku catatan atau file spreadsheet tidak efektif lagi digunakan.

3 dari 4 halaman

Fungsi CRM

CRM adalah sistem yang melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan. CRM adalah sistem yang sangat penting bagi perusahaan. Selain untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga meningkatkan profit perusahaan, CRM juga sangat penting sebagai bahan pembelajaran, pengarsipan, dan optimasi.

Fungsi sistem CRM adalah sebagai berikut:

- Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.

- Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric).

- Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan.

- Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan.

- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna.

- Menangani keluhan/komplain pelanggan.

- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan.

- Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

4 dari 4 halaman

Manfaat CRM Software untuk Bisnis

Pengelolaan Data Pelanggan Rapi

Software CRM bisa membantu mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis semua data pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan cepat secara otomatis. Kamu juga bisa melihat data pelanggan secara menyeluruh, mulai dari profil, riwayat pembelian, percakapan dengan tim, peluang di pemasaran, hingga laporan analisisnya.

Semua data berada pada satu sistem yang sama (terintegrasi). Software CRM membuat kamu dapat menentukan pelanggan mana yang sebaiknya diberikan penawaran produk dan jenis produk yang tepat untuk mereka. 

Hal ini juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini disebabkan karena kamu bisa membangun sebuah customer experience yang baik sehingga mereka setia dengan produk perusahaanmu.

Apalagi, informasi pada CRM ini dikelola dalam satu sistem yang mudah diakses semua departemen. Jika membutuhkan, setiap orang bisa mengaksesnya sesuai kewenangan. 

Memantau Progres Penjualan dengan Lebih Mudah

Software CRM dibekali fitur khusus untuk melihat aktivitas penjualan bisnis. Dengan fitur ini, kamu bisa memantau progress penjualan dengan hanya skeali klik. Tanpa menginput data penjualan satu per-satu, langkah analisa dan evaluasi strategi bisnis tentu bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa memprediksi performa penjualan dengan CRM. Berdasarkan hasil laporan yang dianalisa sebelumnya, kamu bisa merancang strategi pemasaran yang tepat. 

Media Komunikasi Tim yang Efektif

Software CRM juga bisa dijadikan media komunikasi yang efektif antar tim. CRM memiliki fitur sharing data supaya kamu dapat berkolaborasi dengan tim lain. Jika ada klien yang komplain ketika menggunakan suatu produk dan melaporkannya pada tim CS, kamu dengan informasi yang tercatat pada sistem, bisa melakukan follow up dengan menghubungi klien tanpa perlu menanyakan kendalanya lagi. 

Selain itu, beberapa CRM juga dilengkapi dengan fitur tag agar bisa menandai rekan kamu pada data tertentu. Ini penting untuk memastikan sebuah penanganan dilakukan oleh orang yang tepat. Jadi, jika tim marketing ingin melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan klien, mereka bisa langsung melakukan penjajakan dengan lebih cepat. Komunikasi antar tim lebih efektif dan tidak berbelit-belit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini