Sukses

Opini adalah Pendapat Individu atau Kelompok, Ketahui Ciri dan Jenisnya

Opini adalah pemikiran yang bisa dikemukakan semua orang.

Liputan6.com, Jakarta Opini adalah sebuah pernyataan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Opini adalah tanggapan terhadap rangsangan yang disusun melalui interpretasi personal. Opini berbentuk pernyataan tidak meyakinkan dan sering digunakan dalam berbagai hal subjektif.

Orang yang berbeda dapat menarik kesimpulan (opini) yang berlawanan meskipun mereka setuju pada kumpulan fakta yang sama. Dalam penggunaan biasa, istilah opini mungkin merupakan hasil dari perspektif, pemahaman, perasaan, keyakinan, dan keinginan seseorang. 

Opini adalah kebalikan dari fakta. Fakta adalah pernyataan yang bisa dibuktikan benar atau salah. Sementara opini adalah ungkapan perasaan seseorang yang tidak dapat dibuktikan. Opini adalah pikiran yang didasarkan pada fakta atau emosi dan terkadang dimaksudkan untuk menyesatkan orang lain dengan sengaja.

Opini adalah pemikiran yang bisa dikemukakan semua orang. Berikut pengertian opini, ciri, dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(22/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian opini secara bahasa

Kata opini berasal dari bahasa latin, yaitu opinari yang berarti berfikir atau menduga. Kata opini sendiri sendiri mengandung akar kata onis yang berarti harapan. Kata opinion dalam bahasa inggris berhubungan erat dengan kata option dan hope, yang artinya pilihan atau harapan.

KBBI mendefinisikan opini sebagai pendapat, pikiran, atau pendirian. Menurut Cambridge Dictonary, opini adalah sebuah pemikiran atau keyakinan tentang sesuatu atau seseorang. Sementara menurut Merriam Webster, opini adalah sebuah pandangan atau penilaian yang terbentuk dalam pikiran tentang masalah tertentu.

Secara umum, opini adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menerangkan preferensi atau kecenderungan tertentu terhadap ideologi dan perspektif yang memiliki sifat tidak objektif. Dengan kata lain, opini adalah pernyataan yang tidak meyakinkan, digunakan dalam hal-hal subjektif, yang tidak dapat dibuktikan benar atau salah. Opini adalah apa yang dipikirkan atau dirasakan seseorang tentang sesuatu atau seseorang. Oleh karena itu, ini bukanlah informasi yang benar tetapi bias.

3 dari 7 halaman

Pengertian opini menurut para ahli

Cutlip dan Center

Menurut Cutlip dan Center, opini adalah pengekspresian suatu sikap mengenaipersoalan yang mengandung pertentangan. Opini juga diartikan sebagaipendapat atau pandangan tentang suatu persoalan. Opini adalah suatu ekspresi tentang sikap mengenai suatu masalah yang bersifat kontroversial.

Leonardo W. Dood

Menurut Leonardo W. Dood, opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah persoalan ataupun keadaan yang pernah maupun sedang terjadi.

Frazier Moore

Frazier Moore mendefinisikan opini sebagai suatu kesimpulan yang ada dalam sebuah pikiran dan belum dikeluarkan untuk di perdebatkan. Opini lebih kuat dari pada sebuah kesan tetapi juga lebih lemah dari pada pengetahuan yang positif.

4 dari 7 halaman

Ciri-ciri opini

Berikut ciri-ciri opini:

- Dari segi isi, kebenaran opini bisa disesuaikan dengan kenyataan pada kepentingan tertentu.

- Dari segi kebenaran, opini dikatakan benar atau tidak disesuaikan dengan data pendukung atau konteks yang dijabarkan.

- Dari segi pengungkapan. opini cenderung persuasif dan argumentatif.

- Dari segi penalaran, opini cenderung bersifat deduktif.

- Dalam kalimat opini banyak berisi pendapat dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Dalam beberapa kasus, pada kalimat opini ditemukan pernyataan dari orang yang sudah terkenal sehingga terkesan sebagai fakta.

- pernyataan yang dipaparkan dalam kaimat cenderung subyektif. Artinya, hal-hal yang dikemukakan hanya menurut salah satu pihak sehingga tidak bisa dikatakan netral.

- Pada kalimat opini, seseorang akan cenderung menemukan kata yang bersifat relatif. Maksud relatif di sini ialah kata atau frasa tersebut cenderung bisa berubah tergantung siapa yang mengucapkannya.

5 dari 7 halaman

Opini yang diterima

Menurut Leonard W. Doob, sebuah opini dianggap kompeten atau mampu memenuhi syarat opini dalam arti khas jika memenuhi syarat:

- Fakta yang dipakai sebagai titik tolak dari perumusan opini , diberi nilai “baik” oleh kelompok luas.

- Dalam pengunaan fakta (ataupun keadaan dimana suatu sikap justru diambil karena tidak adanya fakta), orang sam[ai pada kesimpulan dan kesepakatan mengenai tindakan yang harus diambil untuk memecahkan persoalan.

6 dari 7 halaman

Jenis-jenis opini

Opini Individu

Opini individu merupakan pendapat seseorang secara perorangan mengenai sesuatu yang terjadi di masyarakat. Opini bisa menyatakan kesetujuan atau ketidak setujuan tentang suatu topik.

Opini Pribadi

Opini pribadi adalah pendapat asli seseorang mengenai suatu masalah sosial. Opini pribadi timbul apabila seseorang tanpa dapat dipengaruhi oleh orang lain, menyetujui atau tidaknya suatu masalah sosial.

Opini Kelompok

Opini kelompok adalah masalah sosial yang menyangkut kepentingan banyak orang termasuk sekelompok orang tersebut.

Opini Mayoritas

Opini mayoritas adalah pendapat orang-orang terbanyak dari mereka yang berkaitan dengan suatu masalah yang pro atau kontra. Opini ini biasanya ada di forum terbuka dalam bentuk lembaga.

7 dari 7 halaman

Jenis-jenis opini

Opini Minoritas

Opini minoritas merupakan kebalikan dari opini mayoritas. Opini minoritas adalah pendapat relatif dalam jumlahnya sedikit dibandingkan jumlah mereka terkait dengan suatu masalah sosial.

Opini publik

Opini publik adalah sekumpulan pandangan individu tentang isu yang sama. Ppini publik adalah sikap yang ditunjukkan seseorang kepada khalayak tanpa harus membahayakan dirinya sendiri. Opini publik diibaratkan suatu proses penggabungan pikiran, usul dan perasaan yang diungkapkan warga negara secara individu kepada pilihan kebijakan.

Opini massa

Opini massa merupakan tahap kelanjutan dari opini publik. Opini yang bersifat massa akan cenderung beralih bentuk menjadi tindakan fisik.

Opini Umum

Opini umum atau pendapat umum merupakan pendapat yang sama dari semua orang dalam suatu masyarakat mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini