Sukses

14 Macam-Macam Jenis Jaket Pria, Keren dan Stylish

Jaket merupakan fashion item penuh gaya.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam jenis jaket pria merupakan bagian dari fashion item yang digemari banyak kalangan. Jaket biasa digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin atau hujan. Terlepas dari fungsinya, jaket punya nilai dan mode tersendiri.

Ada macam-macam jenis jaket pria dengan berbagai model, bahan dan pilihan. Tak hanya melindungi tubuh, macam-macam jenis jaket pria juga bisa memberi gaya tersendiri bagi pemakainya. Macam-macam jenis jaket pria akan membuatmu makin keren di mana pun kamu berada.

Macam-macam jenis jaket pria ini bisa kamu pilih untuk berbagai kebutuhan seperti saat musim hujan, olahraga, atau mengahdiri acara tertentu. Banyaknya model dalam macam-macam jenis jaket pria ini pastinya tak akan membuatmu mati gaya di segala kesempatan.

Berikut 14 macam-macam jenis jaket pria yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Macam-macam jenis jaket pria

Jaket bomber

Jaket bomber atau flight jacket mulai tren dalam fashion remaja di era 1970an. Jaket ini terus menjadi tren hingga saat ini. Ciri khas dari bomber adalah bentuknya yang gemuk, dilengkapi dengan risleting dan saku yang berada di kedua sisinya. Biasanya bomber terbuat dari bahan kulit, nilon, polyester dan lainnya.

Jaket biker

Jaket biker biasanya terbuat dari kulit dengan desain pendek dan ketat disertai kancing atau risleting. Jaket ini biasa digunakan pengendara motor dan memiliki gaya yang nampak stylish dan maskulin.

3 dari 8 halaman

Macam-macam jenis jaket pria

Jaket trucker

Ciri khas jaket trucker adalah adanya saku dan kancing di bagian depannya. Jaket trucker juga memiliki kerah mirip kemeja. Jaket ini memberi kesan kasual dan klasik bagi pemakainya. Dulunya trucker identik dengan bahan denim berwarna biru. Namun, kini sudah tersedia trucker dengan berbagai bahan dan warna.

Jaket Varsity

Jaket Varsity biasanya identik dengan jaket yang biasa dipakai mahasiswa atau anak SMA. Awalnya, jaket ini bernama Letterman Jaket dan hanya digunakan oleh para mahasiswa Universitas Harvard. Ciri khas dari jaket ini adalah huruf yang dibordir di dada kiri jaket. Terkadang dibuat menjadi inisial pemiliknya.

4 dari 8 halaman

Macam-macam jenis jaket pria

Jaket denim

Jaket denim mungkin sudah tak asing lagi bagi pria dan wanita. Jaket ini menjadi fashion item yang tak lekang oleh zaman. Jaket ini cocok digunakan di berbagai aktivitas. Jaket ini akan memberimu tampilan kasual dan stylish. Bahannya yang kuat dan tebal juga bisa melindungimu dari udara dingin.

Track jacket

Sesuai namanya, track jaket cocok dikenalan saat berolahraga. Jaket ini ringan dengan desain yang simpel dan nyaman. Track jacket biasanya dilengkapi risleting di bagian depan dan manset pinggang. Jaket ini bisa memberimu kesan sporty dan aktif.

5 dari 8 halaman

Macam-macam jenis jaket pria

Jaket Windbreaker

Ciri khas jaket Windbreaker adalah karet di pergelangan tangannya. Jaket ini juga dilengkapi dengan hoodie yang bisa menutupi kepala. Jaket Windbreaker didesain secara khusus sehingga bisa menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.

Jaket blouson

Jaket blouson memiliki ukuran sepanjang pinggang dan dilengkapi ritsleting. Biasanya jaket ini berwarna solid seperti hitam atau navy. Sekilas, jaket ini hampir mirip seperti bomber, hanya saja blouson umumnya memiliki kerah model klasik yang membuatnya tampak lebih elegan.

6 dari 8 halaman

Macam-macam jenis jaket pria

Jaket Kulit

Jaket kulit juga menjadi macam-macam jenis jaket pria yang tak lekang oleh waktu. Sesuai namanya, jaket ini terbuat dari kulit sintetis maupun kulit asli. Tak hanya sebagai pelindung terhadap udara dingin, jaket kulit juga bisa membuatmu tampil klasik dan stylish.

Hoodie

Macam-macam jenis jaket pria selanjutnya adalah hoodie. Jaket yang identik dengan tudung kepala ini sangat digemari banyak orang. Jaket ini tidak memiliki risleting maupun kancing ditengahnya. Cara memakainya seperti memakai kaus biasa. Jaket hoodie cocok dipakai saat cuaca dingin, naik motor, atau sekadar keluar bersantai.

7 dari 8 halaman

Macam-macam jenis jaket pria

Parka

Jaket parka saat ini merupakan salah satu dari macam-macam jenis jaket pria yang sangat digemari. Ciri khas jaket ini adalah tahan air, berkerudung tanpa bukaan depan, dan kadang-kadang drawstrings di pinggang dan manset.

Tudung pada jaket parka dulunya memiliki bulu-bulu penghangat di dalamnya. Namun, seiring berkembangnya jaman, muncullah jaket parka tanpa bulu.

Jaket shearling

Jaket shearling umumnya terbuat dari bulu domba, dan bagian dalamnya terbuat dari wol, serta suede di bagian luarnya. Tak cuma bulu domba, jaket shearling juga bisa terbuat dari bulu sintetis. Shearling asli biasanya lebih halus untuk disentuh daripada shearling sintetis.

8 dari 8 halaman

Macam-macam jenis jaket pria

Jaket Cagoule

Jaket Cagoule sekilas mirip dengan parka. Yang membedakan adalah, jaket ini hadir tanpa risleting depan, jadi memakainya seperti memakai hoodie. Jaket ini juga biasa disebut fisherman dan memiliki kantong di bagian perut depan.

Sports Jacket

Jika dilihat dari namanya, Sports Jacket mungkin terdengar seperti jaket olahraga. Namun, kenyataanya, Sports Jacket lebih memiliki kesan formal dan elegan. Sports Jacket memiliki bentuk mirip dengan jas berbahan corduroy, suede, denim, atau tweed. Dulunya Sports Jacket digunakan dalam olahraga high class seperti berburu dan menembak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini