Sukses

Poltekim adalah Sekolah Kedinasan di Lingkungan Kemenkumham, Ini Program Studinya

Poltekim adalah singkatan dari Politeknik Imigrasi, yaitu lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kemenkumham.

Liputan6.com, Jakarta Poltekim adalah singkatan dari Politeknik Imigrasi, yaitu lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kemenkumham. Dari namanya saja kamu tentu sudah paham bahwa Poltekim ini diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. 

Poltekim sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi atau AIM. Poltekim melatih individu untuk bekerja dalam pekerjaan pemerintah di bidang imigrasi, baik untuk ditempatkan di kantor imigrasi dalam negeri atau di unit imigrasi perwakilan luar negeri Indonesia.

Poltekim adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sama dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya, di Poltekim para peserta didiknya juga disebut sebagai Taruna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/1/2022) tentang Poltekim adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poltekim adalah

Poltekim adalah singkatan dari Politeknik Imigrasi. Poltekim adalah sekolah kedinasan yang peserta didiknya diarahkan pada penerapan keahlian dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Poltekim adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Poltekim adalah sekolah kedinasan yang sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM). Politeknik ini didirikan pada 1962 dan sempat terhenti sebelum kemudian difungsikan kembali pada tahun 2000. POLTEKIM adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang bertujuan mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen imigrasi dan Kemenkumham masa depan, di mana lulusannya kelak akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri.

Lokasi Kampus Politeknik Imigrasi atau yang biasa disebut Ksatrian AIM terletak di 2 lokasi yaitu:

- Badan Pengembangan SDM Hukum dan HAM (BPSDM) Kemenkumham RI di Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat.

- Kampus POLTEKIM Tangerang di Tanah Tinggi, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Pembentukan akademi ini ditetapkan dalam Keputusan Menteri Hukum dan Perundang-undangan Republik Indonesia, nomor:M.08-DL.01-05 tahun 2000 tentang Pedoman Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan pada Akademi Imigrasi. Dalam keputusan tersebut dijelaskan bahwa dalam proses pendidikan di Akademi Imigrasi terdapat tiga bagian pendidikan, yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan.

3 dari 4 halaman

Tiga Bagian Pendidikan di Poltekim

Pengajaran di POLTEKIM adalah upaya pendidikan yang berbentuk kuliah, ceramah, dan instruksi di kelas. Hal ini bertujuan untuk memperoleh, memperdalam, dan memperluas ilmu dan pengetahuan akademis dalam pembentukan kepribadian taruna Poltekim, dengan titik berat pada aspek kecerdasan dan kemampuan intelektual.

Sementara itu, pelatihan di POLTEKIM adalah upaya pendidikan yang bertujuan membentuk taruna agar memiliki kemampuan dan penguasaan pengetahuan tentang keimigrasian. Hal ini tentunya dengan dilandasi kepribadian dan kepemimpinan yang tangguh, dengan titik berat pada aspek keterampilan yang mengacu pada profesionalisme.

Kemudian, Pengasuhan adalah upaya yang bertujuan membentuk taruna agar memiliki kemampuan dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai budaya, serta menguasai pengetahuan akademis dengan kepribadian dan kepemimpinan yang tangguh, dengan titik berat pada aspek mental kejuangan. Bagi lulusan Akademi Imigrasi yang telah diwisuda akan mendapat Brevet Pejabat Imigrasi (PI) dan langsung mengikuti Pendidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Pusat Pendidikan Reserse dan Kriminal Polri di Cisarua, Bogor.

4 dari 4 halaman

Program Studi di Poltekim (Politeknik Imigrasi)

Program studi Poltekim adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan vokasi dan/atau profesional. Rencana belajar ini diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar taruna/i dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan sasaran. Studi program yang ditawarkan oleh Politeknik Imigrasi meliputi jenis dan jenjang pendidikan dengan tingkat berdasarkan kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Program studi yang tersedia di Poltekim adalah Prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, Prodi D4 Administrasi Keimigrasian, Prodi D4 Hukum Keimigrasian, dan Prodi D3 Keimigrasian.

- Prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian (Terakreditasi: Baik Sekali)

Tujuan Prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian di Poltekim adalah Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan akademik dan profesional yang mampu merancang, menganalisis, dan mengimplementasikan teknologi informasi serta jaringan khususnya dalam bidang keimigrasian.

- Prodi D4 Administrasi Keimigrasian (Terakreditasi: Baik)

Tujuan Prodi D4 Administrasi Keimigrasian di Poltekim adalah menghasilkan lulusan yang memahami dan memiliki berbagai macam kompetensi terkait dengan Administrasi Keimigrasian, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan pekerjaan bidang keimigrasian baik lokal,  nasional, regional, maupun internasional.

- Prodi D4 Hukum Keimigrasian (Terakreditasi: Baik)

Tujuan Prodi D4 Hukum Keimigrasian di Poltekim adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan penguasaan ilmu hukum keimigrasian untuk memecahkan permasalahan hukum yang terjadi di imigrasi dan mendorong adanya perkembangan hukum keimigrasian baru yang lebih responsif dan bermanfaat bagi masyarakat.

- Prodi D3 Keimigrasian (Terakreditasi: Baik)

Tujuan Prodi D3 Keimigrasian di Poltekim adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknis dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan teknis substantif Keimigrasian yang mampu berfikir analitik dan konseptual dalam mengembangkan Keimigrasian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.