Sukses

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa kamu rasakan jika menggunakannya secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak zaitun untuk kulit bisa kamu gunakan untuk perawatan harian. Fungsi minyak zaitun memang sudah dikenal manfaatnya sebagai perawatan kulit dan bahan kosmetik. Kandungan minyak zaitun banyak ditemukan di sabun, losion, krim, hingga makeup. 

Minyak zaitun merupakan hasil olahan buah zaitun. Kandungan antioksidannya membuat fungsi minyak zaitun sangat luas. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung senyawa baik untuk kecantikan lainnya, seperti vitamin E, K, lemak, phenolic, dan zat besi. Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah bisa kamu rasakan jika menggunakannya secara teratur. Buat kamu yang belum pernah mencoba minyak zaitun sebagai perawatan kecantikan, mulai kini kamu bisa mencobanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/10/2021) tentang manfaat minyak zaitun untuk kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Melembapkan kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit yang paling dikenal adalah untuk melempabkan dan menghaluskan kulit. Minyak zaitun adalah pelembap alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut.

Minyak zaitun mampu mempertahankan elastisitas kulit dan cenderung membuatnya halus, kenyal, dan bercahaya. Minyak ini mengandung jumlah vitamin E yang baik, antioksidan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari atau udara dingin.

Cegah dan atasi jerawat

Mencegah dan mengatasi jerawat juga merupakan salah satu manfaat minyak zaitun untuk kulit. Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Jika kamu rentan terhadap jerawat, menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun dapat membantu.

Cegah penuaan dini

Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan pada minyak zaitun dapat mencegah penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai mengendur dan mengembangkan kerutan. Tanda-tanda penuaan ini bisa diperlambat dengan minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit dapat memperbaiki sel-sel kulit secara alami. Hal ini karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan.

Mengecilkan pori-pori

Memiliki pori-pori besar di area wajah merupakan salah satu masalah kulit yang banyak tidak disukai. Tak hanya mengganggu penampilan, pori-pori yang besar juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit wajah lainnya. Melalui pori-pori yang besar, berbagai macam partikel kecil bisa masuk dan dapat menimbulkan banyak minyak dan komedo.

Nah, untuk mengecilkannya, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan mengoleskannya di area-area tertentu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Bantu hilangkan komedo

Minyak zaitun adalah obat alami untuk komedo. Menggunakan minyak zaitun di wajah akan membuka sumbat pori-pori dengan menyerap kotoran yang terkumpul sehingga komedo dapat terangkat. Jadi manfaat minyak zaitun untuk kulit ini tidak boleh kamu lewatkan.

Bantu hapus makeup

Manfaat minyak zaitun untuk kulit juga bisa menjadi alternatif menghapus makeup. Menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah bisa menjadi solusi alami untuk kulit sensitif yang kerap bermasalah ketika bersentuhan dengan bahan kimia. Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah adalah dengan mengoleskan dan memijatnya lembut.

Mengencangkan kulit wajah

Antioksidan dalam minyak zaitun mampu mengencangkan kulit wajah dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hidrasi yang cukup membuat kulit tetap kencang bercahaya. Jadi, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kulit usebagai perawatan harian.

Menghilangkan kutil di wajah

Kutil merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal. Bila digarauk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah makin sakit. Nah, untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah ini, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kulit.

Kamu bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan mengoleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini sehari tiga kali, yaitu pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Penggunaan Minyak Zaitun untuk Wajah

1. Minyak Zaitun dan Alpukat

Masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan alpukat dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah sehingga menghasilkan kulit yang sehat dan glowing.

Bahan:

-1 buah alpukat yang sudah matang

-1 sdm minyak zaitun

Cara membuat:

1. Potong buah alpukat menjadi dua dan buang bijinya dari bagian tengah.

2. Selanjutnya, keluarkan bagian dalam alpukat ke dalam mangkuk. Hancurkan alpukat hingga halu.

3. Setelah halus, tambahkan 1 sdm minyak zaitun dan aduk sampai minyak zaitun tercampur rata.

Cara pakai:

1. Pastikan wajahmu bersih, bebas dari makeup atau pelembab lainnya.

2. Oleskan masker wajah, hindari kontak dengan mata, mulut dan lubang hidung.

3. Biarkan masker wajah menempel di kulit selama 15-20 menit. Bilas dengan air.

 

 2. Minyak Zaitun dan Madu

Masker minyak zaitun dan madu bagus untuk kulit kering dan relaksasi. Antioksidan dalam minyak zaitun dan madu akan membersihkan pori-pori dan membuat wajahmu lembut dan cerah. Cara membuat masker minyak zaitun dan madu juga cukup mudah.

Bahan:

- 2 sdm madu

- 1 sdm minyak zaitun

Cara membuat:

1. Campur madu dan minyak zaitun bersama-sama dalam mangkuk tahan panas atau mangkuk yang biasa dimasukan ke dalam microwave.

2. Selanjutnya, masukkan mangkuk berisi bahan-bahan tadi ke dalam microwave dan panaskan selama sekitar 20 detik.

Cara pakai:

1. Pastikan masker wajah dalam kondisi hangat, tetapi tidak terlalu panas.

2. Pastikan wajahmu bersih, bebas dari makeup atau pelembab lainnya.

3. Oleskan masker wajah, hindari kontak dengan mata, mulut dan lubang hidung. Biarkan masker wajah menempel di kulit selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.