Sukses

Doa Masuk WC dan Artinya, Ketahui juga Adabnya

Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya, kebun ini (kebun yang digunakan untuk buang hajat) dihadiri (ditempati oleh setan).” (HR. Ashabus Sunan).

Liputan6.com, Jakarta Mungkin di antara kita seringkali lupa atau tidak mengetahui bahwa sebelum masuk WC, hendaknya kita membaca doa. Memanjatkan doa masuk WC dan artinya mengandung maksud untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dan menjaga kesucian serta kebersihan diri selama menggunakan WC. 

WC merupakan tempat yang kotor, hal itu menjadi alasan WC digemari dan banyak dihuni oleh para jin cabul dan keji. Para jin cabul menyukai tempat tinggal yang kotor seperti tempat sampah dan tempat yang digunakan untuk buang hajat, baik itu kebun, selokan, maupun WC.

Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik Ra. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya, kebun ini (kebun yang digunakan untuk buang hajat) dihadiri (ditempati oleh setan).” (HR. Ashabus Sunan). 

Oleh sebab itu, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber bacaan doa masuk WC dan artinya beserta adab masuk WC, Jumat (19/5/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Masuk WC dan Artinya

Mengapa jin menyukai wc sebagai tempat singgah? Setidaknya terdapat ada tiga alasan. Pertama, karena WC adalah tempat berbagai kotoran. Kedua, kamar mandi merupakan tempat yang sering digunakan untuk membuka aurat. Ketiga, kamar mandi adalah tempat yang sepi dari dzikrullah.

Dengan begitu, maka Rasulullah Saw. mengajarkan doa mohon perlindungan dari gangguan jin dan setan. Diriwayatkan dari Zaid bin Arqam Ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya, tempat buang kotoran ini dihadiri (ditempati oleh setan). maka, jika salah seorang dari kalian mendatanginya, maka hendaklah ia mengucapkan:

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَالخُبُثِ وَالخَبَائِث

Auudzubillahi minal khubutsi wal khabaaitsi.

“Aku berlindung kepada Allah Swt. dari (gangguan/kejahatan) setan-setan laki-laki dan setan-setan perempuan.” (HR. Ahmad, Abu Daud, an-Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan lainnya).

Atau Bisa juga membaca doa masuk WC dan artinya sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Allahumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari godaan setan lelaki dan perempuan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dengan membaca doa masuk WC dan artinya, maka akan terlindungi dari penglihatan jin terhadap aurat dan terjaga dari gangguan setan.

3 dari 4 halaman

Adab Masuk WC

Setelah mengetahui doa masuk WC dan artinya, maka perlu diketahui juga adab saat masuk dan berada di dalam WC. Beberapa adab tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Membaca doa ketika masuk WC

2. Mendahulukan kaki kiri

3. Tidak menghadap atau membelakangi kiblat, sebaiknya menghadap ke timur atau barat

4. Tidak menjawab salam ketika berada di dalam WC

5. Tidak berbicara, bernyanyi, beriscul, dan mengucapkan kalimat dzikir atau membawa lafaz atau tulisan Allah

6. Membersihkan kotoran atau cebok dengan menggunakan tangan kiri

7. Menyiram bekas buang air sampai bersih

8. Jika keran air masih mengalir segera ditutup

9. Tidak belama-lama di WC

10. Tidak meninggalkan sampah di WC

4 dari 4 halaman

Doa Keluar WC

Tak hanya doa masuk WC dan artinya saja yang perlu diamalkan dalam aktivitas sehari-hari. Tentunya, setelah menunaikan aktivitas buang hajat maka diri akan beranjak keluar dari WC untuk melanjutkan aktivitas lainnya.

Keluar dari WC juga memiliki doa, yakni:

 غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ 

Ghufranaka Alhamdulillahilladzi adzhaba 'annil adzaa wa'aafaanii.

Artinya:  "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan." 

Membaca doa dari WC berarti mengharapkan Allah untuk membebaskan diri dari segala penyakit yang diakibatkan oleh segala kotoran yang melekat di WC.

Berbeda dengan saat mengucapkan doa masuk wc dan artinya, saat keluar dari wc dianjurkan untuk melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.