Sukses

Cara Check In Online Citilink melalui Web dan Aplikasi, Simak Langkah-Langkahnya

Cara check-in Citilink dapat dilakukan secara online, melalui web, aplikasi, dan traveloka.

Liputan6.com, Jakarta Cara check in online Citilink dapat dilakukan dengan berbaga cara, baik melalui aplikasi maupun websitenya. Cara check in online Citilink melalui lama resminya di www.book.citilink.co.id. Sementara, cara check in online Citilink melalui aplikasinya bisa di betterFly Citilink yang dapat didownload lewat Google Play Sore atau pun App Store pada masing-masing smartphone Anda. 

Untuk dapat check in secara online, hanya berlaku untuk tiket pesawat dengan status confirmed, terbayar penuh, atau tidak ada tunggakan pembayaran. Web check in dan mobile check in dibuka mulai pembelian hingga 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Untuk proses validasinya perlu kode booking berupa enam digit kode dan nama terakhir penumpang pada tiket.

Meskipun tidak perlu antre dengan check in online, namun penumpang tetap harus sudah berada di ruang tunggu 40 menit sebelum waktu keberangkatan, seperti yang sudah tertera pada boarding pass. Cara check in online Citilink melalui aplikasi dan web resminya tidak berlaku untuk penerbangan internasional. Layanan ini khusus untuk penerbangan domestik saja.

Berikut ulasan mengenai cara check in online Citilink melalui aplikasi dan websitenya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Syarat dan Ketentuan Web Check In Citilink

1. Web check-in dibuka mulai 365 hari hingga 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

2. Web check-in hanya diperbolehkan untuk tiket dengan status confirmed atau terbayar penuh atau tidak ada tunggakan pembayaran.

3. Untuk proses validasi, web check-in memerlukan kode booking (6 digit) dan nama terakhir penumpang. Silahkan periksa kembali nama penumpang yang tertulis di tiket Anda.

4. Penumpang diharuskan berada di ruang tunggu 40 menit sebelum waktu keberangkatan (seperti yang tertera pada boarding pass).

5. Web check-in dan mobile check-in tidak berlaku untuk penerbangan internasional, website check-in dan mobile check-in hanya berlaku untuk penerbangan domestik.

3 dari 5 halaman

Cara Check In Online Citilink Melalui Website

Berikut ini cara check in online Citilink melalui laman websitenya, yaitu:

1. Siapkan tiket pesawat Citilink sesuai nama penumpang dan kode pemesanan yang berisi enam digit kode.

2. Masuk ke laman https://book.citilink.co.id/searchwebcheckin.aspx

3. Setelah masuk laman itu masukkan enam digit kode pemesanan dan nama belakang penumpang yang tertera pada tiket di kolom yang tersedia, lalu klik dan pilih "Find booking,"

4. Selanjutnya ada kolom "check in", centang kolom tersebut lalu pilih "continue".

5. Centang juga kolom konfirmasi yang menyatakan bahwa anda telah membaca dan memahami informasi keamanan yang diberikan. Sebagai catatan ada baiknya baca dan pahami dulu informasi tersebut.

6. Setelah itu klik "continue".

7. Selanjutnya ada pilihan "check in now," dan klik tombol tersebut.

8. Akan ada halaman selanjutnya yang memuat boarding pass dengan nomor tempat duduk yang telah dipilih acak oleh sistem. Boarding pass ini wajib dicetak pada hari keberangkatan.

4 dari 5 halaman

Cara Check In Online Citilink Melalui Aplikasi

Sama mudahnya dengan metode sebelumnya, cara check in online Citilink melalui aplikasi hanya perlu mengunduh aplikasi Citilink pada PlayStore atau iOS. Cara ini lebih praktis karena penumpang tak perlu repot mengetikkan alamat website, cukup dengan membuka aplikasi saja. Berikut cara check in online Citilink melalui aplikasi, antara lain:

1. Buka aplikasi Citilink.

2. Masukkan nomor konfirmasi atau kode booking.

3. Selanjutnya masukkan nama belakang dan alamat e-mail.

4. Lalu klik "Find My Booking".

5. Baca kembali seluruh ketentuan, kemudia klik "Next" untuk melanjutkan.

6. Pastikan nama penumpang yang tertera sudah sesuai dan klik tanda centang, setelah itu klik "Selesai".

7. Proses check in Anda telah berhasil. Selanjutnya klik untuk mengakses E-Boarding Pass Anda.

8. Pilih nama penumpang, klik tanda panah untuk menampilkan E-Boarding Pass.

9. Scan E-Boarding Pass pada alat yang telah disediakan saat boarding atau bisa juga dengan mencetaknya.

5 dari 5 halaman

Cara Check In Online Citilink Melalui Traveloka

Tak hanya melalui web dan aplikasi, ternyata cara check in online Citilink juga bisa dilakukan di Traveloka. Berikut cara check in online Citilink melalui Traveloka, yaitu:

1. Kunjungui laman resmi Traveloka atau masuk ke aplikasi Traveloka yang ada di handphone Anda. Jika belum memiliki akun, daftar sekarang dengan email yang digunakan pada saat memesan.

2. Buka e-tiket Anda melalui menu Pesanan atau Check-in Online pada halaman utama, buka e-tiket dan klik Check-in Online.

3. Isi data check-in Anda. Jika sudah selesai, klik Check-in.

4. Terima konfirmasi check-in. Jika check-in berhasil, boarding pass Citilink Anda dapat dilihat melalui e-tiket. Boarding pass juga akan dikirimkan ke email Anda.

5. Terakhir, melalui e-tiket, Anda bisa melihat, mengunduh, atau mengirim boarding pass Citilink ke penumpang lain dalam pesanan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.