Sukses

6 Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Penyebab ketiak gatal bisa dipengaruhi oleh masalah yang ringan hingga kondisi yang perlu ditangani dengan serius.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ketiak gatal bisa dipengaruhi oleh masalah yang ringan hingga kondisi yang perlu ditangani dengan serius. Ketiak gatal sering kali disebabkan oleh kurang bersihnya ketiak. Hal ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya.

Sebagai salah satu area tubuh yang paling lembap dan hangat, ketiak memang cukup rentan mengalami gatal. Namun, yang perlu kamu perhatikan tentu penyebabnya. Jika memang penyebab ketiak gatal adalah karena kebersihan tentunya kamu tak perlu cemas, dan tinggal menjaga kebersihan.

Namun, penyebab ketiak gatal juga dapat dipengaruhi oleh masalah kesehatan yang cukup serius. Jika kamu sering mengalami ketiak gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri, dan kondisi serius lainnya, kamu perlu melakukan penanganan yang tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020) tentang penyebab ketiak gatal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Ketiak Gatal

Infeksi Jamur

Salah satu penyebab ketiak gatal adalah infeksi jamur atau candidiasis. Bahkan, kondisi ini biasanya juga disertai gejala ruam kemerahan dan pembengkakan. Penyebab ketiak gatal karena infeksi jamur ini akan lebih mudah terjadi para orang yang kurang menjaga kebersihan, sering kali menggunakan pakaian yang ketat, hingga sering beraktivitas saat cuaca panas.

Eksim

Penyebab ketiak gatal yang juga sering terjadi adalah eksim atau dermatitis atopik. Hal ini karena eksim memang cukup sering ditemukan pada lipatan kulit seperti ketiak. Tidak hanya mengalami gatal, kamu juga akan merasakan gejala lainnya, seperti kulit ketiak kering atau berkerak dan kemerahan.

Psoriasis

Psoriasis juga bisa menjadi penyebab ketiak gatal. Penyakit autoimun ini memang bisa menimbulkan keluhan pada kulit. Kondisi ini biasanya juga menimbulkan gejala penebalan kulit berwarna kemerahan dengan sisik berwarna putih bersih yang mudah mengelupas.

3 dari 4 halaman

Penyebab Ketiak Gatal

Dermatitis Kontak

Penyebab ketiak gatal selanjutnya adalah dermatitis kontak. Hal ini biasanya ditimbulkan oleh kontak kulit dengan bahan tertentu. Hal ini dapat terjadi karena penggunaan losion, deodoran, minyak wangi, bahan tertentu dari pakaian yang dikenakan, hingga penggunaan deterjen yang dipakai untuk mencuci baju. Selain gatal, kamu juga bisa mengalami gejala lainnya, seperti kemerahan, melepuh, kering, dan pecah-pecah.

Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik merupakan kondisi yang dipicu oleh produksi minyak kulit yang berlebih. Penyebab ketiak gatal satu ini biasanya timbul gara-gara beberapa faktor, seperti udara kering dan dingin, gangguan kesehatan dan penggunaan obat tertentu, serta stres. Hal ini juga menyebabkan kulit ketiak bersisik, muncuk serpihan berwarna putih atau kuning, hingga kemerahan.

Intertrigo

Intertrigo merupakan salah satu penyebab ketiak gatal yang ditandai dengan adanya ruam. Kondisi ini memang sering kali terjadi pada lipatan tubuh, dan disebabkan oleh peradangan, baik karena infeksi maupun iritasi.

Intertrigo pada ketiak dapat menyebabkan ketiak gatal, kemerahan, dan perih. Orang yang obesitas, menderita diabetes, dan merokok, lebih berisiko untuk terkena intertrigo.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ketiak Gatal

Kebanyakan orang ingin langsung mengatasi rasa gatal dengan cara menggaruk bagian kulit yang gatal tersebut. Namun, hal ini ternyata tidak baik. Ketiak gatal sebaiknya tidak digaruk karena bisa memicu terjadinya infeksi.

Berikut beberapa cara mengatasi ketiak gatal:

- Mandi air hangat.

- Tepuk atau cubit area yang gatal secara lembut dan perlahan untuk mengurangi rasa gatal yang tak terhankan.

- Hindari mencukur area ketiak selama ada keluhan ketiak gatal, kecuali bila disarankan oleh dokter.

- Tempelkan es batu yang diselimuti kain atau handuk kecil pada ketiak. Sensasi dingin dari es batu dapat mengurangi rasa gatal.

-Pakai salep gatal yang diresepkan dokter jika ada, seperti salep hidrokortison, lotion calamine, atau salep antijamur,

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara tersebut namun ketiak masih gatal, segera periksa ke dokter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini