Sukses

International Global Network Ajak Anak Muda Indonesia Ikut Simulasi Sidang PBB, Berikut Informasi Selengkapnya

Ada empat simulasi sidang PBB yang digelar International Global Network pada tahun 2024. Yang pertama akan digelar pada Juli di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - International Global Network (IGN) akan menggelar empat Konferensi International Model United Nations (MUN) sepanjang tahun 2024. Konferensi-konferensi tersebut menawarkan kesempatan kepada anak muda dari seluruh dunia untuk mengembangkan kemampuan soft skill mereka, mendapatkan paparan global terkini, dan menjalin hubungan dengan peserta dari seluruh dunia, yang ditujukan untuk mempersiapkan bekal menghadapi masa depan yang penuh tantangan apalagi saat ini dunia industri dan pendidikan memiliki jarak yang cukup lebar untuk bisa berjalan selaras, di mana hal ini terhubung dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.

Empat konferensi dalam Kalender MUN IGN 2024 antara lain:

  1. Asia World Model United Nations VIII (Bali, Indonesia; 12-15 Juli 2024)
  2. Asia Youth International Model United Nations 14th (Kuala Lumpur, Malaysia; 2-5 Agustus 2024)
  3. Asia World Model United Nations IX (Seoul, Korea Selatan; 10-13 Oktober 2024)
  4. Asia Youth International Model United Nations 15th (Bangkok, Thailand; 1-4 November 2024)

"Konferensi internasional simulasi sidang PBB ini membuka gerbang pengetahuan secara global bagi para pemuda dari seluruh penjuru dunia untuk menyelami pengalaman belajar yang tak terlupakan. Di sini, para peserta akan memulai perjalanan transformatif, mengasah keterampilan yang esensial seperti riset, berbicara di depan umum, negosiasi, berpikir kritis, dan kerja sama tim. Nilai-nilai ini selaras dengan fokus Kurikulum Merdeka pada 'pengembangan soft skills dan karakter'," tutur Founder dan CEO IGN Muhammad Fahrizal, seperti dikutip dari pernyataan tertulisnya, Senin (29/4/2024).

Lebih dari sekadar debat, MUN menerapkan pembelajaran praktis yang selaras dengan filosofi Kurikulum Merdeka, menekankan pada pendekatan berpusat pada peserta, dan mendorong pembelajaran mandiri. Para peserta akan terlibat aktif dalam berbagai simulasi dan kegiatan yang dirancang untuk membantu mereka mengembangkan potensi diri secara maksimal.

"Keikutsertaan dalam konferensi simulasi sidang PBB membekali para peserta dengan keterampilan dan pengalaman yang sangat dicari oleh sekolah atau universitas untuk melanjutkan jenjang pendidikan atau berkarir di perusahaan atau organisasi ternama di seluruh dunia," kata Fahrizal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembicara Inspiratif

Demi membangun tradisi keunggulan, MUN menghadirkan pembicara inspiratif dan melahirkan para alumni yang telah mencapai kesuksesan gemilang dalam setiap konferensinya. Sejumlah tokoh yang telah menjadi pembicara dalam konferensi yang diadakan IGN antara lain:

  • Lebogang Seshoka, Sekretaris Pertama (Politik) Kedutaan Besar Afrika Selatan di Thailand (Pembicara AWMUN VI)
  • Adam Adli Abd Halim, Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia (Pembicara AYIMUN 13th)
  • David Malcomson, Duta Besar Afrika Selatan untuk Malaysia (Pembicara AYIMUN 13th)
  • Takahashi Katsuhiko, Duta Besar Jepang untuk Malaysia (Pembicara AYIMUN 13th)

Selain itu, alumni MUN IGN termasuk sosok-sosok berpengaruh seperti influencer Jerome Polin dan Gita Savitri Devi.

Sejak tahun 2016, IGN dengan bangga telah menggelar 61 konferensi internasional, mempunyai 21.000 alumni yang berasal dari 125 Negara, dan memiliki database yang luas hingga melampaui 946.000. Untuk itu, IGN mengundang anak muda dengan semangat belajar tinggi dari seluruh dunia untuk mendaftar konferensi MUN.

"Mari bersama-sama memperjuangkan dan memberi perhatian akan isu-isu global yang penting, mengembangkan keterampilan berharga, dan menjalin hubungan dengan komunitas internasional," ujar Fahrizal.

Informasi lebih lanjut, termasuk pendaftaran, dapat diakses melalui situs web resmi AYIMUN dan AWMUN https://modelunitednation.org/ dan akun Instagram @internationalmun @asiaworldmun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.