Sukses

6 Manfaat Creambath untuk Rambut, Bisa Dilakukan di Rumah

Ada beberapa manfaat creambath untuk rambut yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat creambath untuk rambut penting untuk kamu ketahui. Creambath mempunyai banyak manfaat untuk rambut apabila dilakukan secara rutin. Creambath merupakan salah satu jenis perawatan rambut yang cukup populer. Creambath ini bisa kamu lakukan di salon kecantikan ataupun di rumah.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk rambut, melakukan perawatan rambut satu ini juga ramah kantong. Rambut membutuhkan perawatan lain selain keramas, salah satu yang bisa dilakukan adalah creambath. Manfaat creambath unuk rambut perlu untuk kamu ketahui agar bisa menjadikan perawatan rambut satu ini menjadi perawatan rutin kamu.

Perawatan creambath umumnya dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut dan menyelesaikan masalah rambut tertentu. Ada banyak manfaat creambath yang tentunya dapat mmbuat rambut lebih sehat.

Fokus perawatan creambath adalah agar rambut yang tumbuh akan lebih sehat. Rambut yang tumbuh sehat akan menggantikan rambut yang bermasalah atau pun rusak. Rutin melakukan creambath tentunya akan membuat kamu merasakan manfaat creambath untuk rambut tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat creambath untuk rambut yang perlu untuk diketahui, Kamis (5/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Creambath

Menyimpan banyak manfaat untuk rambut, tak heran jika creambath merupakan salah satu jenis perawatan rambut yang sudah populer sejak dulu. Manfaat creambath untuk rambut cukup banyak dan manfaat ini dapat kamu rasakan jika melakukan perawatan ini secara rutin.

Creambath adalah perawatan menggunakan krim rambut yang berasal dari bahan alami seperti buah, madu, teh hijau, dan bahan alami lainnya. Pada proses creambath, krim tidak hanya akan dibalurkan di rambut saja, tetepi juga akan dilakukan pemijatan kulit kepala. Menggunakan bahan alami sebagai bahan dasar perawatan, tak heran jika manfaat creambath untuk rambut ini cukup banyak.

Pemijatan saat creambath berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di kepala kamu serta memberikan efek rileks dan menenangkan. Setelah dipijat, rambut kamu kemudian diuapi (baik dengan mesin maupun membungkus rambut dengan handuk hangat) untuk membuka pori-pori kulit kepala, agar nutrisi dari krim bisa terserap secara sempurna ke dalam kulit kepala.

Setelah pemijatan selesai, rambut juga biasanya akan diuap agar krim yang dibalurkan pada rambut semakin diserap oleh rambut. Terakhir, baru akan dilakukan pencucian rambut sebagai salah satu rangkaian perawatan creambath.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Creambath untuk Rambut

Berikut ini manfaat creambath untuk rambut yang perlu kamu ketahui :

1. Mencegah Rambut Rusak

Manfaat creambath untuk rambut yang pertama adalah dapat mencegah rambut rusak. Creambath tidah hanya dapat mengatasi masalah rambut, tetapi juga dapat dipilih sebagai langkah pencegahan rambut rusak. Terdapat beberapa perawatan creambath yang berfokus pada memberikan nutrisi untuk kesehatan rambut. Selain itu, creambath juga bertujuan untuk menutrisi rambut agar rambut yang tumbuh lebih sehat dan kuat. Rutin melakukan creambath tentunya akan membuat rambut kamu lebih bernutrisi dan tentunya terlihat lebih sehat.

2. Menyuburkan Rambut

Manfaat creambath untuk rambut berikutnya yakni dapat membantu menyuburkan dan menebalkan rambut. Kamu tentunya menginginkan rambut yang sehat dan subur juga rambut yang terawat. Perawatan rambut satu ini bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin rambut subur, tebal, dan terawat.

Creambath akan menutrisi rambut dan akan merangsang pertumbuhan rambut. Lalu, perawatan ini juga akan mecegah rambut dari kerontokan yang bisa menjadi penyebab rambut menjadi lebih tipis. Maka dari itu, rambut pun akan terjaga pertumbuhannya dan rambut dapat terlihat lebih tebal.

3. Mengatasi Masalah Rambut Tertentu

Manfaat creambath untuk rambut selanjutnya yakni dapat mengatasi masalah rambut tertentu. Setiap orang tentunya mempunyai masalah rambut yang berbeda-beda, mulai dari rambut kering, rambut bercabang, rambut kasar, hingga rambut rontok. Pemilihan perawatan creambath yang tepat harus disesuaikan dengan masalah rambut yang dialami. Setiap bahan alami krim untuk creambath tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Contohnya seperti creambath lidah buaya yang berguna untuk melembabkan rambut dan membersihkan rambut dari berbagai kotoran. Kamu bisa konsultasikan kepada terapis sebelum melakukan creambath.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Creambath untuk Rambut

4. Menjaga Warna Rambut

Manfaat creambath untuk rambut berikutnya ini yakni dapat membantu menjaga warna rambut kamu. Warna rambut yang berubah bisa menjadi salah satu tanda rambut rusak. Rambut yang kurang nutrisi bisa terlihat kusam atau rambut yang terkena paparan matahari akan menjadi kering dan berubah warnanya.  Creambath dengan bahan dasar lidah buaya, kemiri, maupun alpukat umumnya memilihi klaim dapat membuat rambut lebih hitam. Hitam sendiri merupakan warna rambut yang identik dengan rambut orang Indonesia.

Selain menjaga warna asli rambut, creambath juga bisa menjadi salah satu perawatan untuk kamu yang mewarnai rambut agar warnanya dapat bertahan dan rambut juga tidak rusak.

5. Memperkuat Helaian Rambut

Manfaat creambath untuk rambut berikutnya yakni dapat membantu memperkuat helaian rambut.  Hal ini karena krim creambath mengandung berbagai nutrisi yang dapat membuat rambut lebih sehat dan kuat. Saat helaian rambut kuat, kamu pun dapat terhindar dari masalah rambut rontok. 

Setiap orang mempunyai permasalahan rambut tertentu, rambut yang mudah patah dan rapuh tentunya menjadi salah satu permasalahan yang bisa dicegah dengan melakukan creambath. Creambath dapat membantu memperkuat setiap helaian rambut kamu.

6. Relaksasi

Manfaat creambath untuk rambut berikutnya yakni relaksasi dan mencegah setres. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, creambath tidak hanya fokus pada rambut saja namun juga pemijatan di kulit kepala. Pemijatan pada creambath tidak hanya bertujuan agar krim dapat menutrisi rambut dengan lebih maksimal, tetapi juga bisa untuk relaksasi. Stres dapat menyebabkan otot-otot di sekitar kepala dan bagian tubuh lain menjadi kaku. Pijatan pada kepala akan membuat otot lebih rileks sehingga stres pun dapat dicegah. 

5 dari 6 halaman

Cara Melakukan Creambath di Rumah

Selain dapat dilakukan di salon kecantikan, kamu juga bisa melakukan creambath di rumah. Kamu hanya perlu memahami tipsnya dengan mengintipnya di internet. Manfaat creambath untuk rambut dapat kamu rasakan apabila kamu rutin melakukannya dan memperhatikan hal kecil saat melakukan creambath.

1. Keramas menggunakan sampo seperti biasa, setelah selesai, basuh rambut dengan handuk agar tidak terlalu basah.

2. Balurkan krim creambath ke seluruh rambuh hingga kulit kepala.

3. Selanjutnya, mulai pijat seluruh area kulit kepala selama beberapa menit agar nutrisi krim dapat menyerap ke dalam kulit kepala dan rambut secara sempurna. 

4. Jepit rambut, lalu tutupi rambut menggunakan handuk yang sudah dibahasi dengan air panas.

5. Tutup juga dengan shower cap agar handuk tidak jatuh. Diamkan selama 10 menit, baru kemudian bilas menggunakan air biasa atau air hangat bila perlu.

6. Pastikan kamu sudah membilas rambut kamu dengan bersih dan tidak ada krim yang tersisa di rambut.

 

6 dari 6 halaman

Tips Aman Creambath

Sebelum melakukan creambath di salon kecantikan ataupun di rumah tentunya harus memerhatikan tips aman melakukannya. Pilihan creambath di rumah atau di salon bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan kamu. Jika kamu tidak menyanggupi melakukan creambath di rumah, kamu bisa datang ke salon kecantikan.

1. Pilihlah produk creambath yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Jika memiliki masalah rambut rontok, ginseng bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk rambut kering, lidah buaya bisa menjadi pilihan.

2. Jika memilih creambath di rumah, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa produk yang kamu pilih aman, ditandai dengan adanya izin dari BPOM.

3. Creambath tidak boleh dilakukan setiap hari karena dapat merusak rambut. Creambath hanya perlu dilakukan sebanyak 1 kali dalam dua minggu.

4. Setelah selesai creambath, pastikan tidak ada krim yang tersisa di rambut karena dapat merusak rambut atau menyebabkan ketombe.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.