Sukses

BNIB adalah Brand New In Box, Kenali Artinya saat Belanja Online

BNIB adalah istilah yang penting diketahui.

Liputan6.com, Jakarta BNIB adalah istilah yang sering digunakan dalam mendeskripsikan produk tertentu. Biasanya, BNIB adalah kode yang ditaruh dalam deskripsi penjualan sepatu online. Jika kamu sedang mencari sepatu secara online, BNIB adalah istilah yang penting diketahui.

Mengetahui arti BNIB adalah langkah penting saat membeli produk, terutama secara online. Manfaat mengetahui arti BNIB adalah kamu dapat mengetahui kualitas suatu produk.

Selain itu, ada istilah lain yang juga perlu dipahami saat melihat deskripsi produk. Istilah lain yang mungkin mirip dengan BNIB adalah BNOB, BNWOB, BNWB, dan masih banyak lagi. Istilah semacam BNIB adalah istilah umum dalam deskripsi produk online.

Berikut arti BNIB dan istilah lainnya dalam belanja online, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(23/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu BNIB

BNIB adalah singkatan dari Brand New In Box. Melansir Cyberdefinitions BNIB menjelaskan suatu barang yang dijual yang belum pernah dipakai dan masih memiliki kemasan aslinya. BNIB artinya adalah barang baru dan masih segel. Barang yang memiliki label BNIB dipastikan orisinalitasnya.

BNIB adalah penanda sebuah barang memang benar-benar asli dan masih baru dibuktikan dengan ia berada di dalam boxnya. Biasanya, keterangan BNIB dapat ditemukan pada sisi bawah maupun samping pada box keterangan suatu produk. Keterangan BNIB juga sering dimasukkan dalam deskripsi produk dalam marketpkace tempat ia dipasarkan.

3 dari 6 halaman

Istilah lain yang mirip dengan BNIB

Berikut arti istilah lain yang mirip dengan BNIB:

BNOB

IStilah lain yang mirip dengan BNIB adalah BNOB. BNOB merupakan singkatan dari Brand New Open Box. BNOB artinya barang baru dengan boks yang sudah dibuka. BNOB berarti barang asli dengan kondisi baru namun sudah dibuka dari boksnya. Barang ini dibuka biasanya untuk pemeriksaan kelengkapan. Biasanya BNOB dicantumkan untuk memberi tahu bahwa barang sudah pernah dibuka dari dusnya, tapi belum pernah dipakai. Barang BNOB berarti sudah dibuka segel resminya.

BNWB

BNWB adalah singkatan dari Brand New With Replace Box. BNWB berarti barang baru dengan boks yang sudah diganti. Barang BNWB artinya barang yang dijual tanpa dus aslinya. Dus asli diganti dengan dus lain atau dus pengganti dengan merek yang sama. Biasanya BNWB merupakan barang hasil sampel atau bocoran yang dijual kembali.

BNWOB

BNWOB merupakan singkatan dari Brand New Without Box. BNWOB berarti barang baru tanpa boks. Produk dengan deskripsi BNWOT adalah produk yang dijual tanpa boks atau dus. Biasanya produk BNWOB merupakan sisa dari pabrikan. Harga BNWOB terbilang lebih muran dari produk BNIB atau BNOB.

4 dari 6 halaman

Istilah lain yang mirip dengan BNIB

Berikut arti istilah lain yang mirip dengan BNIB:

BNWOT

BNWOT merupakan singkatan dari Brand New Without Tag. BNWOT berarti barang baru tanpa mencantumkan tag atau merek. BNWOT menunjukkan bahwa item adalah barang baru tetapi labelnya telah dihapus. BNWOT berarti sebuah barang baru tanpa label merek atau tanpa label harga.

BNWT

Istilah lain yang mirip dengan BNIB adalah BNWT. BNWT adalah singkatan dari Brand New With Tag. BNWT berartti barang baru dengan merek atau tag. BNWT artinya adalah barang yang masih baru lengkap dengan label merek ataupun harga.

5 dari 6 halaman

Arti singkatan lain dalam jual beli online

Berikut arti singkatan lain dalam jual beli online:

COD: Cash on Delivery, artinya bayar di tempat.

PM: Private message (biasanya inbox).

IDR: Indonesian rupiah.

TRF / TF /XFR: Transfer pembayaran.

ONS: One night service (layanan cepat 1 hari).

CSO: Customer service ofiicer / yang melayani pesanan.

CLBK: Chat Lama Beli Kagak.

PO: Pre Order artinya barang dibuat setelah dilakukan pemesanan & pembayaran berupa DP.

DP: Down Payment artinya uang muka.

BT: barter bisa berarti tukar tambah.

TT: tukar tambah.

PL: Preloved atau menjual barang second, barang bekas.

6 dari 6 halaman

Arti singkatan lain dalam jual beli online

Berikut arti singkatan lain dalam jual beli online:

SCDD: Siapa Cepat Dia Dapat.

TS: Thread starter. Sering digunakan oleh orang yang pertama kali membuat promosi penjualan barang yang dipasang di iklan jual beli online.

TOP: Term of Payment atau jatuh tempo pembayaran.

Japri: Jaringan Pribadi artinya Pembeli atau penjual minta dihubungi secara pribadi via chat atau SMS.

WApri: WhatsApp Pribadi artinya pembeli atau penjual minta dihubungi secara Pribadi via WhatsApp.

Hit & Run: Barang sudah dipesan tetapi tidak ada konfirmasi pembayaran. Pembeli kabur setelah memesan barang.

Stock Opname: Cek stok barang secara keseluruhan.

Restock: Barang sedang distok ulang.

Ready Stok: Barang tersedia dan siap dikirim.

Pick up: Barang dijemput kurir ekspedisi.

Return: Tukar barang yang sudah dibeli dengan barang lainnya.

Refund: Transaksi dibatalkan, barang dikembalikan kepada penjual dan uang dikembalikan kepada pembeli.

Reject: Barang tidak dalam kondisi baik, ada cacat. Sering dijual murah.

Trusted: Penjual yang terpercaya, bukan penipu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.