Sukses

10 Cara Menebalkan Rambut Kepala secara Alami, Perhatikan Cara Keramas

Kamu bisa menebalkan rambut secara alami dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita.

Liputan6.com, Jakarta Cara menebalkan rambut kepala secara alami merupakan hal yang sering dicari semua orang. Kerontokan rambut kepala dapat disebabkan oleh faktor hormon, penyakit, gaya rambut bahkan stres. Untuk itu, perlu untuk melakukan perawatan rambut dengan cara yang aman, seperti menggunakan bahan alami.

Demi menangkal kerontokan rambut, seseorang akan memilih pengobatan medis. Akan tetapi, pengobatan medis pasti memiliki efek samping, seperti iritasi pada kulit kepala, dan pertumbuhan rambut di sekitar daerah yang berdekatan dengan kepala, seperti dahi atau wajah.

Risiko tersebut disebabkan oleh pemakaian obat dengan bahan minoxidil. Bahan pengobatan minoxidil biasanya digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sehingga terkadang, perawatan medis tidak cukup untuk dapat menghentikan kerontokan rambut, serta membuat rambut menjadi tebal dan lebat. Bahan alami dapat menjadi cara yang aman untuk menjadikan rambut tebal dan lebat.

Selain dengan bahan alami, ada cara lain yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan rambut tebal Anda. Berikut ada beberapa cara menebalkan rambut kepala secara alami yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menebalkan Rambut Kepala secara Alami

1. Keramas dengan cara yang benar

Cara menebalkan rambut kepala yang pertama adalah keramas dengan cara yang benar. Aktivitas yang padat seharian terkadang mengharuskan Anda untuk keramas setiap hari. Padahal, terlalu sering keramas kadang malah membuat rambut terasa kering dan kasar. Untuk mengatasinya, Anda perlu perawatan rambut yang aman digunakan setiap hari, seperti sampo dan kondisioner PANTENE Perawatan Rambut Rontok Baru. 

 

 

 

PANTENE Perawatan Rambut Rontok Baru memiliki kandungan Rice Oil Essence yang dikenal baik untuk merawat rambut. Selain itu, rangkaian Kombo Kebal dari Pantene ini memiliki Pro-V Multivitamin yang bekerja seperti multivitamin, yang membantu menutrisi helai rambut secara menyeluruh. Sehingga rambut jadi lebih kebal dan tebal dalam 14 hari.

2. Gunakan sisir sesuai jenis rambut

Cara menebalkan rambut kepala selanjutnya adalah menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Menyisir dengan sisir yang tepat sangat bermanfaat untuk meratakan minyak alami dari akar ke ujung rambut. Hal ini berpengaruh pada ketebalan rambut, mencegah kerusakan parah, mengeksfoliasi kulit kepala, membuang sisa rambut yang rontok, menambah kilau rambut, dan memperbaiki tekstur.

Hanya saja, cara ini efektif untuk pemakaian sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Gunakan sisir sikat dengan ujung lembut atau sisir berbahan kayu atau bambu alami. Hindari sisir plastik karena bisa menimbulkan gesekan dan menyebabkan rambut frizzy akibat listrik statis.

3. Pilih produk yang bisa mempertebal rambut

Cara menebalkan rambut kepala selanjutnya adalah memilih produk sampo atau kondisioner yang dapat menebalkan rambut. Ada produk sampo dan kondisioner yang dibuat khusus untuk menambah volume rambut. Sampo semacam ini umumnya dibuat dengan formulasi yang ringan sehingga bagian akar rambut bisa terangkat dan rambut terlihat mengembang. Agar efektif, gunakan sampo dan kondisioner dalam satu rangkaian yang sama.

4. Lakukan Trik Potong Rambut

Rambut panjang kurang cocok untuk rambut yang tipis karena bisa membuat rambut semakin lepek dan berat. Lakukan potong rambut setidaknya sependek bahu atau lebih pendek lagi dengan gaya yang membuat rambut terlihat bervolume; misalnya, wavy bob, pixie cut, atau blunt cut.  Pastikan Anda menyesuaikan gaya rambut dengan bentuk wajah Anda agar potongan rambut tampak sempurna dalam menunjang penampilan Anda.

5. Maksimalkan dengan produk yang membuat rambut tampak bervolume

Cara menebalkan rambut kepala selanjutnya adalah memaksimalkan dengan produk yang membuat rambut tampak bervolume. Sebagian orang mengklaim bahwa pemakaian produk rambut bisa menyebabkan rambut lebih lepek. Memang benar, produk rambut terserap ke dalam rambut, membuat bagian akar tak mampu mengembang. Nyatanya ada beragam produk yang diformulasi khusus untuk menambah volume dan menebalkan rambut. Dalam waktu singkat, rambut bisa tampak tebal mengembang.

Produk-produk yang mengandung volumizing ini  terdapat pada gel, serum, spray, mousse, dan leave-in hair treatment lainnya. Produk tersebut sangat efektif mengangkat rambut untuk acara-acara khusus tentunya.

3 dari 3 halaman

Cara Menebalkan Rambut Kepala dengan Bahan Alami

Selain cara menebalkan rambut secara alami, perlu juga perawatan rambut kepala dengan bahan alami yang ada di rumah. Berikut perawatan dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan rambut, seperti :

6. Minyak kelapa dan minyak zaitun

Gunakan minyak kelapa atau zaitun sebagai masker rambut . Caranya cukup mudah, tuangkan minyak secukupnya ke telapak tangan dan oleskan ke rambut secara merata. Berikan pijatan lembut agar nutrisi yang terdapat pada minyak kelapa atau zaitun dapat terserap dengan baik. Setelahnya, tutup rambut menggunakan bungkus kepala atau shower cap setidaknya selama 15 menit atau lebih.

7. Lidah buaya (aloe vera)

Memanfaatkan gel lidah buaya sebagai masker juga bisa dilakukan. Oleskan gel lidah buaya yang berwarna bening ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

8. Telur

Selain dikonsumsi, telur juga dapat digunakan sebagai masker rambut. Caranya, campurkan 1 butir telur mentah dengan minyak zaitun dan oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan selama 1 jam dan keramas hingga bersih.

9. Lemon

Peras buah lemon, ambil airnya dan oleskan air perasan lemon ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit, sebelum dicuci bersih.

10. Bawang merah

Meski memiliki bau yang tajam, bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai masker. Anda hanya perlu menghaluskan bawang merah secukupnya dan ambil air atau sarinya. Lalu, oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan sampo. Namun sebagian orang mungkin memiliki permukaan kulit kepala yang lebih sensitif, sehingga bila terasa tidak nyaman, atau perih segera bilas hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini