Sukses

Penyebab Radang Tenggorokan, Gejala, dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab radang tenggorokan biasanya dipengaruhi oleh beragam kondisi dan penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab radang tenggorokan biasanya dipengaruhi oleh beragam kondisi dan penyakit. namun, kebanyakan radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh seseorang yang sedang menurun.  

Radang tenggorokan ini biasanya menyebabkan penderita merasa tidak nyaman, nyeri, serta gatal pada tenggorokan.  Hal ini tentunya dapat mengganggu kamu dalam beraktivitas. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami sebagai pengobatan awal.

Penyebab radang tenggorokan harus dikenali terlebih dahulu, sebelum mengambil tindakan penanganan. Selain menggunakan bahan alami dalam penanganan radang tenggorokan, kamu juga harus istirahat yang cukup, serta mengonsumsi air yang banyak untuk mencegah dehidrasi.

berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, senin (8/11/2021) tentang penyebab radang tenggorokan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab randang tenggorokan bisa dipengaruhi oleh beragam faktor. Berikut beberapa penyebab radang tenggorokan yang perlu kamu ketahui:

- Virus. Penyebab radang tenggorokan yang sangat umum adalah virus. Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. jenis virus yang bisa menyebabkan radang tenggorokan seperti rhinovirus, influenza, mononucleosis, ebv, coronavirus, dan banyak lagi.

- Bakteri. Sejumlah infeksi bakteri juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan, yang paling umum adalah streptococcus pyogenes (streptococcus grup a). Radang tenggorokan jenis ini menyebabkan hampir 40 persen kasus sakit tenggorokan pada anak-anak. tonsilitis, dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

- Alergi. Ketika sistem kekebalan bereaksi terhadap pemicu alergi seperti serbuk sari, rumput, dan bulu hewan peliharaan, ia melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan. Lendir berlebih di hidung bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan. ini disebut tetesan postnasal dan dapat mengiritasi tenggorokan. Inilah yang menjadi penyebab radang tenggorokan akibat alergi.

3 dari 6 halaman

Penyebab Radang Tenggorokan Karena Kondisi Tubuh

- GERD. Penyakit gastroesophageal reflux (gerd) adalah suatu kondisi di mana asam dari perut kembali ke kerongkongan. Asam membakar kerongkongan dan tenggorokan, menyebabkan gejala seperti mulas dan refluks asam. Asam yang sampai ke tenggorokan bisa mengiritasi tenggorokan dan menjadi penyebab radang tenggorokan.

- Cedera dan ketegangan otot. Cedera apa pun, seperti benturan atau luka di leher, bisa menyebabkan sakit di tenggorokan. makanan yang tersangkut di tenggorokan juga bisa membuatnya iritasi. ketegangan otot juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. sakit tenggorokan bisa terjadi setelah berteriak, berbicara dengan keras, atau bernyanyi dalam jangka waktu yang lama.

- Tumor. Tumor kanker tenggorokan, lidah atau kotak suara (laring) dapat menyebabkan sakit tenggorokan. tumor tenggorokan, kotak suara, atau lidah adalah penyebab sakit tenggorokan yang kurang umum. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh tumor atau kanker biasanya tidak akan hilang setelah beberapa hari. tanda atau gejala lain mungkin termasuk suara serak, kesulitan menelan, pernapasan berisik, benjolan di leher, dan darah di air liur atau dahak.

4 dari 6 halaman

Penyebab Radang Tenggorokan Karena Faktor Eksternal

- Udara kering. Udara dalam ruangan yang kering bisa membuat tenggorokan terasa kasar dan gatal. bernapas melalui mulut -seringkali karena hidung tersumbat kronis- juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan yang kering. Udara kering dapat menyedot kelembapan dari mulut dan tenggorokan, serta membuatnya terasa kering dan gatal.

- Iritan. Banyak bahan kimia dan zat lain di lingkungan yang mengiritasi tenggorokan, termasuk rokok dan asap tembakau lainnya, polusi udara, dan produk pembersih dan bahan kimia lainnya. mengunyah tembakau, minum alkohol, dan makan makanan pedas juga bisa mengiritasi tenggorokan

5 dari 6 halaman

Gejala Radang Tenggorokan

Tidak hanya mengalami rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan, gejala radang tenggorokan juga menimbulkan beberapa kondisi lainnya. Gejala radang tenggorokan dapat menimbulkan gejala yang mengganggu, seperti:

- Sakit tenggorokan

- Nyeri menelan

- Demam

- Tenggorokan kering

- Pembesaran amandel

- Bercak kemerahan di langit-langit mulut

- Pembesaran kelenjar getah bening di leher, biasanya dikeluhkan sebagai tonjolan di sekitar leher

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

Berkumur dengan air garam

Cara mengatasi radang tenggorokan yang pertama bisa dengan kumur air garam. Larutan air garam yang hangat ini akan mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut.

Hal ini jika diterapkan beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan saat menelan. Salah satu penelitian bahkan telah membuktikan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan.

Kamu cukup mencampur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. obat sakit tenggorokan alami ini sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Minum air putih

Jika mengalami radang tenggorokan, kamu perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. ketika kamu kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Kamu harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin berwarna kuning terang atau jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembap dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya.

Minum setidaknya dua liter air putih per hari sebagai cara mengobati radang tenggorokan. Selain itu, pastikan kamu tidak dehidrasi, karena hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya akan memperberat radang yang terjadi.

Minum air hangat yang dicampurkan madu

Tidak hanya garam, air hangat yang dicampurkan dengan madu juga sangat efektif digunakan sebagai cara mengobati radang tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi saat malam hari.

Cara meracik ramuan ini sama seperti membuat air garam. Namun, saat menggunakan madu sebagai bahan campuran, pastikan untuk menggunakan madu alami yang dimana tidak menggunakan pemanis buatan di dalamnya.

Minum air lemon dengan madu

Cara mengobati radang tenggorokan berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi kombinasi lemon dan madu.

Kedua bahan ini bisa membantu meredakan radang tenggorokan dikarenakan adanya sifat asam dari lemon yang dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, madu juga bermanfaat dalam melapisi tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri.

Minum teh

Minum teh saat sedang radang tenggorokan juga bisa membantu mengurangi atau meredakan rasa nyerinya. Terdapat beberapa teh herbal yang bisa digunakan. Misalnya saja teh hijau dan peppermint yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Untuk alternatifnya, kamu bisa memilih teh chamomile yang juga memiliki sifat sebagai pelumas pada tenggorokan, sehingga dapat mengurangi serak atau kesulitan menelan. Cara mengobati radang tenggorokan ini bisa kamu terapkan secara rutin.

Kumur air kunyit

Kunyit merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Termasuk sebagai cara mengobati radang tenggorokan.

Cara menggunakannya mudah saja, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

Air perasan lemon

Sebagai salah satu cara mengobati radang tenggorokan secara alami, kamu cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk segera mendapatkan hasilnya.

Properti astringent yang terdapat dalam air perasan lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.