Sukses

Fleksibel adalah Wujud Kelenturan dan Mudah Menyesuikan Diri, Simak Contohnya

Fleksibel adalah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan kelenturan dan keluwesan.

Liputan6.com, Jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan fleksibel adalah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan kelenturan (sesuatu yang mudah dibengkokan). Kemudian fleksibel adalah sesuatu yang terjadi secara luwes (mudah dan cepat menyesuaikan diri).

Contoh pertama penerapan istilah fleksibel adalah berhubungan dengan bentuk suatu benda atau makhluk hidup. Manusia bertubuh fleksibel memiliki arti tubuh yang lentur, seperti penari balet. Contoh kedua, wanita itu fleksibel sekali dalam mengatur kehidupannya.

Arti dari istilah fleksibel adalah berhubungan dengan kebiasaan keluwesan seorang wanita membagi waktu antara pekerjaan, hobi, kesenangan, dan waktu untuk keluarga. Sementara contoh fleksibel yang berhubungan dengan harga adalah strategi harga dalam suatu keadaan.

“Fleksibel adalah kemampuan tubuh untuk mengulur diri seluas-luasnya berhubungan erat dengan kemampuan gerak kelompok otot besar dan kapasitas kinerjanya yang ditunjang oleh luasnya gerakan pada sendi,” dijelaskan Nala (2011).

Istilah fleksibel adalah bagi makhluk hidup berhubungan dengan caranya beradaptasi di tempat baru. Berikut Liputan6.com ulas tentang arti istilah fleksibel lebih dalam dari berbagai sumber, Senin (1/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Contoh Penerapan Istilah Fleksibel bagi Makhluk Hidup

1. Pada Hewan Secara Umum

Adaptasi atau fleksibilitas pada hewan ini dapat dilihat dari mulut serangga yang tidak sama serta bentuk kaki burung yang berbeda. Adapun contoh adaptasi atau fleksibilitas pada hewan ialah cara ikan saat menyeimbangkan kadar garam di dalam tubuhnya.

2. Pada Manusia Secara Umum

Pada manusia yaitu kulit manusia akan menghitam jika berada di tempat panas, rambut-rambut halus yang berada di kulit manusia akan berdiri jika suhu udara rendah, serta rambut manusia akan beruban jika sudah lansia.

Sementara itu, contoh adaptasi atau fleksibilitas yaitu jumlah sel darah merah orang yang hidup di daerah pantai lebih sedikit dibandingkan orang yang tinggal di daerah pegunungan.

Hal ini disebabkan karena tekanan parsial oksigen di daerah pantai lebih besar dibandingkan daerah pegunungan. Jika tekanan parsial oksigen rendah, maka dibutuhkan lebih banyak sel darah merah untuk mengikat oksigen.

Contoh adaptasi atau fleksibilitas lainnya adalah ukuran jantung para atlet rata-rata lebih besar daripada ukuran jantung orang kebanyakan. Selain itu, pada saat udara dingin, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan urine juga merupakan contoh adaptasi fisiologi.

3. Pada Tumbuhan Secara Umum

Lingkungan serta tanah yang ditumbuhi oleh suatu tanaman dapat memengaruhi proses adaptasi atau fleksibilitas. Seperti halnya kaktus yang melakukan penyesuaian bentuk tubuh dengan mengubah daun lebih ramping dan menyimpan banyak air pada batangnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penguapan yang terjadi akibat kondisi lingkungan dengan suhu ekstrem.

3 dari 4 halaman

Contoh Penerapan Istilah Fleksibel yang Berhubungan dengan Kelenturan

Gerakan-gerakan tarian balet merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, membutuhkan kelenturan tubuh atau fleksibilitas tubuh. Untuk mendapatkannya, diperlukan latihan dan ketekunan untuk mencapai gerakan-gerakan yang memenuhi syarat. Latihan pun harus dilakukan secara intensif.

Brittany Cavaco merupakan seorang penari balet begitu menjiwai dan sangat mencintai apa yang dilakukan tersebut. Kecintaan perempuan cantik asal negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat ini terhadap balet sangatlah besar.

Brittany yang juga seorang model bahkan tidak ragu memperlihatkannya dengan cara yang cukup unik, yaitu dengan melakukan pose gerakan tarian balet yang mengandalkan fleksibilitas tubuhnya di tempat-tempat tidak biasa.

4 dari 4 halaman

Contoh Penerapan Istilah Fleksibel yang Berhubungan dengan Lingkungan

Tempat kerja merupakan salah satu tempat yang bisa membuktikan sifat fleksibilitas sesungguhnya. Hal-hal yang bisa membuat seorang karyawan baru menjadi fleksibel atau memiliki sebutan mudah beradaptasi berhubungan dengan sikap dan cara berpikir.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Bersikaplah Sopan

Biasakan bersikap sopan kepada siapapun, baik itu teman hingga rekan kerja di kantor baru. Hal ini harus dilakukan agar memperlancar adaptasi Anda kepada lingkungan kantor yang baru.

Selain itu, ini berguna untuk disaat membutuhkan bantuan pekerjaan. Maka akan mudah mendapatkan rekan kerja dan beradaptasi dengan baik di kantor baru.

2. Berbaur Ketika Istirahat

Untuk membuat kesan yang positif, hal yang harus dilakukan yaitu cobalah berbaur dengan rekan kerja yang baru. Coba untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dan senyum ketika disapa.

Ketika makan siang tiba, inilah saat yang tepat untuk melakukan pendekatan dengan rekan kerja. Cobalah ajak makan siang bersama dan gunakan waktu ini untuk mengobrol dengan mereka.

3. Jangan Malu Bertanya

Menjadi karyawan baru, diharapkan memiliki inisiatif yang tinggi. Maka dari itu akan mendapati kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan, jangan pernah malu bertanya kepada atasan. Atasan pasti akan memakluminya dan memberikan penjelasan.

Ketika atasan sedang memberikan penjelasan, jangan lupa catat apa saja yang penting lalu setelah itu kerjakan langsung pekerjaan dan jangan pernah menunda-nunda. Tunjukkan bahwa tipe pekerja yang cepat menangkap sesuatu yang baru.

4. Ubah Cara Berpikir

Paling penting dilakukan ketika bekerja di kantor baru yaitu ubahlah cara atau pola berpikir. Sebagai karyawan baru, tentunya diperlukan menyesuaikan diri dengan rekan kerja yang baru.

Maka, jangan pernah berpikir bahwa rekan kerja yang baru harus atau bisa memahami sifat dan karakter. Jadi, harus belajar bagaimana menempatkan diri di antara rekan kerja yang baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.