Sukses

12 Obat Asam Lambung Alami, Bantu Netralisir Derajat Keasamannya

Obat asam lambung alami ini tidak memicu efek samping apapun, aman dan ampuh.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami masalah asam lambung naik tidak boleh disepelekan. Asam lambung yang naik perlu dinetralisir segera, karena berisiko menyebabkan luka. Untuk bisa menetralisir derajat keasamannya, obat asam lambung alami ini bisa dijadikan solusi.

Obat asam lambung alami yang dimaksud terdiri dari penerapan pola hidup lebih sehat. Mulai dari menghindari makan berlebihan, menjaga berat badan, konsumsi buah, sayuran hijau, dan mencukupi asupan cairan tubuh agar pH lambung bisa tetap terjaga.

Asam lambung merupakan senyawa disinfektan yang terdiri dari asam klorida, natrium klodira, dan kalium klorida. Apabila senyawa ini menumpuk di lambung maka sensasi terbakar di dada, radang tenggorokan, sering sendawa, dan bau mulut akan menjadi sinyalnya.

Ketika sinyal asam lambung naik muncul, obat asam lambung alami bisa langsung diandalkan, tidak memicu efek samping apapun. Berikut Liputan6.com ulas obat asam lambung alami dari berbagai sumber, Senin (1/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Obat Asam Lambung Alami

Permen Karet

Obat asam lambung alami yang pertama adalah permen karet. Permen karet modern terbuat dari karet dari campuran getah atau damar dan chicle. Sebuah penelitian di Journal of Dental Research menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan untuk menetralisir asam lambung tinggi.

Penelitian tersebut semakin diperkuat dengan adanya penelitian lain yang dilakukan Rebecca Moazzez dari Kings College di London, Inggris, yang menyatakan bahwa mengunyah permen karet selam 30 menit setelah mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat mengurangi peluang asam lambung naik ke kerongkongan.

Obat asam lambung alami ini disinyalir dapat meningkatkan produksi air liur yang akan membuat lebih sering menelan dan membantu menetralisir pH lambung yang sangat asam. Jenis permen karet yang dianjurkan adalah permen karet bikarbonat rendah gula yang bisa ditemukan di apotek. Bikabornat sendiri bekerja dengan cara menetralkan asam naik ke kerongkongan.

Oatmeal

Selain permen karet, makanan enak lain yang bisa dijadikan obat asam lambung alami adalah oatmeal. Oatmeal mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolestrol, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Diketahui bahwa asam lambung bisa meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis. Oleh sebab itu, obat asam lambung alami seperti oatmeal sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan ini dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita asam lambung.

3 dari 7 halaman

Obat Asam Lambung Alami

Menurunkan Berat Badan

Obat asam lambung alami yang ketiga adalah menurunkan berat badan. Memiliki berat badan di atas rata-rata merupakan salah satu faktor asam lambung naik. Maka dari itu menurunkan berat badan menjadi ideal sangat dianjurkan untuk pemulihan.

Mulai hindari makanan berlemak, karena selain meningkatkan berat badan, konsumsinya tidak baik untuk lambung. Makanan dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah untuk menekan asam lambung.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat diandalkan untuk obat asam lambung alami. Ada kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya yang berguna memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

Obat asam lambung alami ini pun mengandung saponin yang mempunyai kemampuan antiseptic. Sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

4 dari 7 halaman

Obat Asam Lambung Alami

Jahe

Nikmatnya konsumsi rempah-rempah seperti jahe ini memang tidak ada tandingannya. Siapa yang menyangka ternyata jahe cocok untuk obat asam lambung alami.

Rempahan Indonesia satu ini baik untuk penderita asam lambung. Antiradang yang terkandung di dalam jahe mampu untuk mengatasi pencernaan. Jadi bagi penderita maag dan GERD bisa mengonsumsinya untuk pemulihan.

Pisang

Pisang adalah buah berwarna kuning yang dagingnya tebal dan mengenyangkan. Buah pisang merupakan salah satu buah yang baik untuk obat asam lambung alami.

Obat asam lambung alami ini memiliki pH sekitar 5,6 yang membuatnya, dapat membantu menetralisir derajat keasaman lambung berlebihan. Mengonsumsinya juga bikin kenyang lebih lama.

5 dari 7 halaman

Obat Asam Lambung Alami

Hindari Makan Berlebihan

Obat asam lambung alami selanjutnya adalah menghindari kebiasaan makan berlebihan. Ketika proses makan, kerongkongan akan terbuka hingga ke perut. Ada otot berbentuk cincin yang bertugas sebagai katup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Bagi penderita asam lambung, otot ini akan melemah ketika proses makan terjadi. Maka dari itu sebaiknya hindari makan dalam jumlah yang banyak. Melakukannya justru akan memperburuk keadaan asam lambung yang naik.

Penderita yang sudah memiliki riwayat asam lambung juga perlu memperhatikan posisi tubuhnya setelah makan. Beri jeda beberapa saat agar makanan yang masuk, tidak keluar kembali melalui tenggorokan, hindari tidur setelah makan.

Apel

Mengonsumsi buah apel dapat meredakan masalah asam lambung. Obat asam lambung alami ini dikenal memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan kalium. Ketiganya dipercaya dapat menetralisir derjat keasaman lambung yang berlebihan.

Untuk merasakan manfaat obat asam lambung alami ini, sebaiknya pilih buah apel merah dengan rasa yang manis. Bagi penderita asam lambung, sebaiknya mengonsumsi buah apel setelah makan atau sebelum tidur. Pastikan konsumsi dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

6 dari 7 halaman

Obat Asam Lambung Alami

Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang menyegarkan karena kandungan airnya sangat banyak. Mengonsumsinya dapat membantu menghidrasi tubuh secara alami, sekaligus melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, buah merah dan menyegarkan ini cocok dijadikan obat asam lambung alami. Kandungan air yang melimpah di dalamnya dapat membantu menetralkan keasaman di dalam lambung. Pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsi karena berisiko bikin diare.

Melon

Selain semangka, ada buah melon yang bisa dijadikan pilihan untuk obat asam lambung alami. Buah hijau yang kaya air ini memiliki kandungan basa yang cukup tinggi.

Sifat basa buah melon berasal dari kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium yang terkandung dalam buah melon adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam obat untuk sakit maag.

7 dari 7 halaman

Obat Asam Lambung Alami

Air Putih

Obat asam lambung alami yang paling mudah ditemukan adalah air putih. Mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh mampu menyeimbangkan kadar pH. Selain konsumsi semangka dan melon, air putih lebih dianjurkan.

Mencukupi jumlah air putih di dalam tubuh akan membuat pH lambung lebih seimbang dan bisa membantu usus bekerja lebih cepat. Sistem pencernaan juga menjadi lebih lancar dan terhindar dari masalah sembelit.

Minum air putih jauh lebih baik dibandingkan susu untuk mencegah potensi naiknya asam lambung. Selain itu, air putih dapat membantu proses hidrasi dan proses pencernaan.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah obat asam lambung alami yang terakhir. Bahan makanan ini dikenal mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga derajat keasaman lambung.

Sayuran hijau kaya serat dan tidak mengandung lemak serta gula. Hal ini yang membuat sayuran hijau cocok untuk obat asam lambung alami. Mengonsumsinya juga dapat melancarkan sistem pencernaan secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini