Sukses

7 Wisata Bedugul Bali Paling Populer, Menyejukkan Ala Pegunungan

Bedugul menjadi salah satu destinasi favorit di Pulau Dewata.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bedugul menjadi salah satu destinasi favorit di Pulau Dewata. Bedugul merupakan kawasan dataran tinggi di Bali dengan pesonanya yang menawan. Berada kurang lebih 51 km dari pusat kota Denpasar, wisata Bedugul menawarkan kesejukan dan ketenangan di Bali.

Wisata Bedugul merupakan wisata di Bali utara yang memesona. Di wisata Bedugul terdapat tiga danau kawah yang menjadi daya tarik di kawasan ini. Wisata Bedugul yang berada di dataran tinggi memberi kesejukan berbaur dengan budaya khas Bali yang eksotis.

Wisata Bedugul bisa menjadi pilihan destinasi liburanmu di Bali. Kamu juga bisa memilih rute destinasi yang searah dengan wisata Bedugul ini. Berikut pilihan 7 wisata Bedugul Bali yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(14/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul atau yang juga disebut Kebun Raya "Eka Karya" Bali merupakan salah satu kebun raya terbesar yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bedugul berada di ketinggian 1.250–1.450 m. Kini Kebun Raya ini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia.

Kebun Raya Bedugul terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung berapi. Kebun Raya ini berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Di sini terdapat beragam koleksi botani seperti anggrek, tumbuhan paku, begonia, kaktus dan koleksi tanaman yang digunakan untuk Upacara Adat Hindu Bali.

Kebun Raya Bali mengoleksi Tanaman Upacara Adat Hindu Bali mulai dari tahun 1991 dan terletak di dekat Pura Batumeringgit. Koleksi Tanaman Upacara Adat Bali terdiri dari 580 tanaman yang berasal dari 42 suku, 81 marga dan 130 jenis. Jenis tanaman ini seperti pohon dadap, sirih, pisang, dan paku sayur.

3 dari 8 halaman

Danau Beratan

Wisata Bedugul yang paling terkenal adalah Danau Beratan. Danau ini berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar di Bali dan berada di ketinggian kurang lebih 1239 mdpl. Danau ini merupakan kawah hasil letusan gunung purba.

Dari danau ini kamu bisa merasakan sejuknya dataran tinggi dan kilau cahaya matahari yang memantul dari danau. Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Beratan di antaranya seperti bersantai di pinggir danau, naik perahu, dan menikmati kuliner khas Bali.

4 dari 8 halaman

Danau Buyan

Tak jauh dari Danau Beratan, kamu juga bisa menemukan danau kawah lain yang bernama Danau Buyan. Danau ini berlokasi di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau Buyan merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Danau Buyan diapit oleh dua danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di timur.

Dari ketiga danau kembar, Danau Buyan merupakan danau yang paling luas. Di antara danau Buyan dan Tamblingan yang terpisahkan oleh hutan sepanjang kurang lebih satu kilometer, terdapat sebuah kolam yang terhubung langsung dengan danau Buyan melalui sebuah kanal sempit. Oleh masyarakat kolam ini dinamakan Telaga Aya.

5 dari 8 halaman

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terakhir di kawasan wisata Bedugul adalah Danau Tamblingan. Danau ini merupakan danau terkecil di antara dua danau lainnya. Danau ini terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kawasan danau ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Danau ini tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Di sekitar danau ini juga terdapat sejumlah pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali.

6 dari 8 halaman

Pura Ulun danu

Berkunjung ke Bedugul wajib untuk singgah ke Pura Ulun danu. Pura Ulun Danu Bratan atau Bratan Pura merupakan sebuah kompleks candi besar di Bali. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan. Di kompleks ini kamu juga bisa menemukan situs-situs bersejarah dari masa Kerajaan Mengwi yang berbentuk artefak serta sarkofagus.

Pura Ulun danu sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan untuk dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Hingga sekarang Pura Ulun Danu masih digunakan sebagai tempat untuk upacara persembahan bagi Dewi Danu. Pura Ulun Danu yang berlokasi di pinggir Danau Bratan terkadang akan tergenang oleh air. Ini yang menjadi daya tarik dari pura ini.

7 dari 8 halaman

Pasar Candi Kuning

Pergi ke Bedugul tak lengkap jika tidak mampir ke Pasar Candi Kuning. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang berada di Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Di pasar ini kamu bisa menemukan buah dan sayuran segar yang baru saja dipanen dari perkebunan. Buah-buahan yang sering ditemukan di pasar ini adalah stroberi, markisa, dan jambu air.

Pasar Candi Kuning merupakan tempat singgah wisatawan untuk berbelanja, kulineran, atau sekadar melihat-lihat aktivitas warga Bedugul. Di pasar ini juga banyak yang menjual cenderamata, pakaian, dan pernak pernik khas Bali yang cocok dijadikan oleh-oleh.

8 dari 8 halaman

Kebun stroberi

Wisata Bedugul yang tak kalah menarik adalah kebun stroberi Bedugul. Tak cuma di pasar, kamu bisa menemukan stroberi segar di Bedugul. Kamu bahkan bisa memetik dan memakan langsung buah-buah stroberi dari kebunnya.

Kebun stroberi Bedugul yang berada di kawasan dataran tinggi memiliki udara yang sejuk dan sangat asri. Stroberi sendiri merupakan salah satu oleh-oleh khas Bedugul yang banyak dicari wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini