Sukses

Tidak Bisa Mendengar Iringan Gambelan, Momen Pelatih Memandu Penari Disabilitas Ini Bikin Haru

Baru-baru ini muncul video yang diunggah oleh akun TikTok @balidewataterkini menampilkan seorang penari disabilitas yang dipandu oleh pelatihnya.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan keterbatasan fisik, mental, bahkan intelektual biasa disebut dengan disabilitas. Penyandang disabilitas biasanya tidak bisa melakukan beberapa hal secara sempurna layaknya orang normal. Kegiatan yang mereka lakukan pun harus dibantu dengan alat dan orang lain. Meskipun begitu, penyandang disabilitas tidak boleh diabaikan dan dianggap remeh.

Banyak penyandang disabilitas yang mampu menunjukkan bakatnya dengan baik. Di tengah keterbatasan mereka pantang menyerah untuk mencapai apa yang diinginkan. Baru-baru ini muncul video yang diunggah oleh akun TikTok @balidewataterkini menampilkan seorang penari disabilitas yang dipandu oleh pelatihnya. Penari tersebut dipandu karena ia tidak bisa mendengar iringan gambelan.  

Momen penari disabilitas dan pelatih tersebut menjadi perhatian warganet. Berbagai reaksi dari warganet yang mereka tuangkan melalui kolom komentar video tersebut. Banyak dari mereka yang terharu akan perjuangan penari disabilitas dan pelatih itu. Berikut Liputan6.com telah merangkum kisah penari disabilitas yang dipandu pelatihnya, Kamis (4/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penari Disabilitas Dipandu Oleh Sang Pelatih

Video yang diunggah oleh akun TikTok @balidewataterkini memperlihatkan sebuah acara yang bertajuk “Festival Pelajar Ajeg Bali”. Salah satu peserta dari acara tersebut adalah seorang penari perempuan penyandang disabilitas. Dalam video tersebut terdapat keterangan bahwa penari itu merupakan penari disabilitas yang tidak bisa mendengar musik gambelan.

Di tengah keterbatasannya yang tidak bisa mendengar, ia dianugerahi sosok pelatih yang sangat tekun dan sabar. Bagaimana tidak, ia tetap bisa menari meskipun tidak mendengar iringan gambelan berkat pelatihnya itu. Tepat di belakang penonton, sang pelatih memandu dirinya dengan melakukan gerakan tipis-tipis sesuai dengan iringan gambelan yang dimainkan.

Gambelan sendiri merupakan gong tabuh yang berasal dari Bali. Meskipun ia seorang laki-laki, tanpa rasa malu sang pelatih memandu anak didiknya itu dengan gerakan tarian yang sudah diajarkan. Sang pelatih juga sering menggunakan isyarat saat tarian sampai pada bagian berputar dan mennggerakkan kepala.

Di hadapan banyak penonton, ia menampilkan tarian dengan gemulai dan lincah tanpa ada kesalahan yang berarti. Ia tampil dengan percaya diri berkat didikan dari sang pelatih. Ekspresinya pun sesuai dengan gerakan yang ia tarikan. Bahkan ia tidak terlihat memiliki keterbatasan jika video tersebut tidak diberi keterangan.

3 dari 3 halaman

Reaksi Haru Warganet

Momen pelatih memandu penari disabilitas tersebut mencuri perhatian warganet. Sejak video itu diunggah di TikTok, banyak warganet yang memberikan reaksi positif hingga terharu. Berikut berbagai reaksi haru dari warganet.

“Pelatihnya keren dan sabaar bngt..penarinya jg keren bngt sukses buat keduanya,” tulis @verarosita915

“Aku lihat di tiktok saja terharu apa lagi klo langsung, pasti nangis haru,” kata @mowwieopenmain77

“Pelatihnya keren, mau menerima murid dengan segala kondisinya,” tulis @retno_juminten

“Sumpah ini keren smpe merinding. Krn ad proses yg panjang dan sulit sampai menghasilkan hasil yg luar biasa, salut,” kata @intan_minore12

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.