Sukses

9 Ciri Wanita Sholehah Menurut Islam dalam Al-Quran dan Hadis

Wanita sholehah bisa dikenali dari sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Wanita sholehah tentunya menjadi tujuan dari setiap muslimah. Menjadi wanita sholehah atau wanita yang taat dan sungguh-sungguh menjalankan ibadah tentunya menjadikan kamu istimewa di sisi Allah SWT.

Dalam Al-Quran terdapat banyak ayang yang membahas betapa istimewanya wanita dalam Islam. Hal ini terbukti dengan diceritakannya kisah-kisah para wanita sholehah seperti Maryam dan istri-istri Rasulullah SAW dalam berbagai surat Al-Quran.

Wanita sholehah bisa dikenali dari sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dari amalan atau ibadah yang dilakukannya kepada Allah SWT hingga dari sikapnya dalam kepada sesama manusia dalam berkegiatan setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/5/2023) tentang wanita sholehah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Taat Menjalankan Perintah Allah SWT

Ciri wanita sholehah yang pertama tentunya adalah seorang muslimah yang taat menjalankan perintah Allah SWT. Seorang muslimah dianggap sebagai wanita sholehah saat ia mengerjakan apa yang diperintahkan Allah SWT dan selalu menghindari larangan-Nya. Hal ini terdapat dalam firman Allah SWT, yang artinya:

“Wanita yang sholehah adalah yang taat kepada Allah dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka) wanita-wanita yang kamu khawatirkan musyuznya,”(QS. An Nisa: 34).

2. Jujur

Ciri wanita sholehah berikutnya adalah memiliki sifat jujur. Wanita sholehah akan mengatakan ucapan yang jujur dan benar apa adanya setiap berbicara. Seperti firman Allah SWT, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. Al Ahzab: 70-71).

3. Sabar

Sabar adalah salah sati ciri wanita sholehah yang perlu kamu pahami. Wanita sholehah tidak akan mudah menyerah dan putus asa dalam menghadapi ujian, dan tetap bersabar. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al Baqarah: 153).

4. Khusyuk dalam Beribadah

Khusyuk dalam beribadah merupakan ciri wanita sholehah lainnya yang patut diperhatikan. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya,” (QS. Al-Mu’minuun: 1-2).

3 dari 4 halaman

5. Selalu Mengingat Allah SWT

Ciri wanita sholehah selanjutnya adalah selalu mengingat Allah SWT. Wanita sholehah sudah tentu akan selalu mengingat Allah SWT dalam keadaan susah maupun senang. Seorang wanita sholehah meyakini bahwa hanya Allah SWT yang akan memberikan pertolongan kepadanya. Allah SWT berfirman:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram,” (QS. Ar-Ra’du: 28).

6. Bila Dilihat Suaminya Terlihat Menyenangkan

Ciri wanita sholehah bila dilihat oleh suaminya terlihat menyenangkan. Pemahaman ini tentunya berbeda pada setiap suami, karena setiap orang memiliki kriteria tersendiri terhadap pasangannya. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi yang baik antara suami dan istri tentang bagaimana kriteria istri yang menyenangkan bagi suami.

Tentunya hal ini juga perlu diimbangi dengan suami yang juga bisa dilihat menyenangkan bagi istrinya. Hal ini termasuk dalam sikap atau perbuatan, perkataan, penampilan, daln lain sebagainya.

7. Menaati Perintah Suami

Ciri wanita sholehah atau istri sholehah selanjutnya adalah taat kepada perintah suami. Perintah di sini maksudnya tentu saja perintah-perintah yang baik, perintah yang tidak menuju kemaksiaatan atau mengingkari Allah SWT.

8. Menjaga Harta

Ciri wanita sholehah atau istri sholehah berikutnya yaitu dapat menjaga harta keluarga ketika suaminya jauh. Jadi ketika ditiggal pergi suami untuk bekerja, seorang istri yang sholihah tidak akan boros dan senantiasa menjaga harta keluarga kecilnya.

9. Menjaga Kehormatan

Ciri wanita sholehah atau istri sholehah selanjutnya yaitu selalu menjaga kehormatannya di manapun dia berada.

4 dari 4 halaman

Hadis dan Ayat Al-Quran Tentang Wanita dalam Islam

Ada berbagai macam hadis dan ayat Al-Quran yang menceritakan tentang keistimewaan wanita dalam Islam. Berikut beberapa di antaranya:

1. Wanita Sholehah adalah Perhiasan Dunia

Wanita sholehah ibaratkan perhiasan di dunia. Hal ini bukan hanya berkaitan dengan fisik saja, namun juga berhubungan dengan hati dan pikiran seorang wanita. Rasulullah SAW bersabda,

“Dunia adalah perhiasan, sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah istri yang shalihah.” (HR. Muslim dari Abdullah bin Amr)

2. Wanita adalah Karunia Allah SWT

Wanita sholehah adalah karunia Allah SWT, yang mana bersama pria akan mendapatkan ketenangan lahir dan batin. Hal ini tercantum dalam Surat An-Nahl ayat 72, yang artinya:

“Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.