Sukses

Router Adalah Perangkat Keras Penghubung Jaringan, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Router adalah salah satu perangkat keras pada komputer maupun laptop. Masyarakat sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Router adalah perangkat keras yang bertugas menghubungkan jaringan. 

Secara bahasa, router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai perutean atau penghalaan.

Dalam bidang teknologi, router memiliki fungsi dan cara kerja. Fungsi utama router adalah mengarahkan atau membuat rute agar jaringan sampai pada tujuan. Contohnya jaringan internet yang ada di rumah dengan WiFi.

Untuk lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai definisi router beserta fungsi dan cara kerjanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Router Adalah

Dikutip dari buku Keamanan Informasi (2020) karya Miftahul Huda, dijelaskan bahwa router adalah perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah alat untuk mengirimkan paket data menuju tujuannya.

Router ini bekerja pada lapisan ketiga (network layer) pada model OSI Layer. Walaupun sama-sama berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan, router berbeda dengan switch. Switch adalah suatu perangkat dalam jaringan yang menghubungkan antar komputer atau perangkat dalam suatu jaringan komputer lokal (LAN). Diibaratkan suatu jalan, router adalah penghubung antar jalan atau jalan raya, sedang switch adalah jalan perumahan yang menghubungkan rumah-rumah yang masing-masing memiliki alamat yang berbeda-beda.

Router adalah satu satu perangkat yang sangat penting dalam jaringannkomputer. Internet adalah jaringan komputer yang banyak menghubungkan berbagai jenis router. Contohnya adalah router yang digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP yang disebut dengan IP Router, kemudian router yang berbasis teknologi AppleTalk, dan berbagai jenis router lainnya.

3 dari 6 halaman

Fungsi Router

Fungsi utama dari setiap router adalah menghubungkan dua jaringan atau lebih agar dapat mendistribusikan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Teknologi router semakin canggih, penggunaannya tidak hanya dengan menggunakan sambungan kabel LAN, tetapi juga dengan teknologi wireless.

Selain itu, fungsi router adalah menghubungkan beberapa jaringan dan memberikan fasilitas transmisi antar jaringan tersebut. Tak hanya sebagai penghubung, fungsi router adalah untuk mentransmisikan informasi. Mentransmisikan informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain di mana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan atau Bridge.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Router

Mengutip dari Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK/MAK Kelas XI (2021) karya Liswati dan Muh Sahal, dijelaskan bahwa router dibedakan dalam beberapa jenis, yakni:

a. Static Router (Router Statis)

Router statis adalah suatu router yang mampu untuk melakukan proses routing (penghalaan) suatu jaringan, dalam prosesnya dilakukan secara manual. Sedangkan konfigurasi dilakukan secara manual pula oleh seorang administator jaringan yang memiliki tabel routing statis yang dikonfigurasi secara manual oleh para administrator jaringan. Pengaturan dengan menggunakan routing statis ini adalah pengaturan paling sederhana yang dapat dilakukan dalam jaringan.

Next hop dalam routing statis paling cocok digunakan untuk jaringan multi-access network atau point to multipoint sedangkan untuk jaringan point to point, cocok dengan menggunakan exit interface dalam mengkonfigurasi static route.

b. Dynamic Router (Router Dinamis)

Router dinamis adalahsebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing secara otomatis dan dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lain. Protokol routing mengatur router-router sehingga dapat berkomunikasi satu dengan yang lain dan saling memberikan informasi satu dengan yang lain.

Apabila jaringan memiliki lebih dari satu kemungkinan rute untuk tujuan yang sama maka perlu digunakan dynamic routing, Protokol routing mengatasi situasi routing yang kompleks secara cepat dan akurat. Protokol routing didesain tidak hanya untuk mengubah ke rute backup bila rute utama tidak berhasil, namun juga didesain untuk menentukan rute mana yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

5 dari 6 halaman

Struktur Router

Melansir dari Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK/MAK Kelas XI (2021) karya Liswati dan Muh Sahal, dijelaskan bahwa router secara fisik terdiri dari:

a. Konektor power

Perangkat ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung secara fisik antara jaringan dengan router.

b. Konektor power

Konektor ini berfungsi sebagai penghubung adapter power untuk memberikan tenaga pada router.

c. Tombol atau lubang reset (hard reset)

Tombol reset adalah bagian yang digunakan untuk mereset router ke mode default bentuk fisiknya sangat kecil dan umumnya terletak berdekatan dengan konektor power.

d. Lampu indikator NIC

Lampu indikator NIC adalah beberapa lampu yang digunakan untuk mengetahui port (ethernet) mana yang sedang digunakan. Lampu indikator ini akan menyala jika sebuah port sedang terhubung dengan perangkat lain dengan catatan antara router dan perangkat lain keduanya sedang aktif.

6 dari 6 halaman

Cara Kerja Router

Rumah pada umumnya memiliki berbagai perangkat yang terhubung ke internet, seperti komputer pribadi, tablet, ponsel cerdas, printer, dan TV pintar. Dengan router, perangkat ini membentuk jaringan. Router mengarahkan lalu lintas internet masuk dan keluar di jaringan itu dengan cara paling cepat dan paling efisien.

Informasi yang berjalan di jaringan rumah Anda dapat berupa email, film, atau umpan langsung dari kamera, yang masing-masing memerlukan jumlah bandwidth yang berbeda-beda. Di saat Anda menambahkan lebih banyak perangkat, berarti Anda meminta router untuk melakukan lebih banyak pekerjaan.

Sederhananya, router akan menghubungkan berbagai perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.