Sukses

8 Tips Kembali Produktif usai Libur Panjang, Ingat Kembali Tujuan Hidup

Berikut adalah sejumlah tips kembali produktif usai libur panjang.

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang lebaran telah usai. Artinya sebentar lagi sebagian besar dari kita akan kembali pada rutinitas seperti semula. Yang masih sekolah dan kuliah akan kembali dengan rutinitas belajarnya, sedangkan yang sudah bekerja akan kembali menghadapi tanggung jawabnya sebagai karyawan atau pekerja.

Menyadari kenyataan bahwa libur panjang telah berakhir dan kita akan kembali menghadapi rutinitas tersebut, rasanya seperti ingin libur lebih lama lagi. Kalaupun memang harus segera bekerja, rasanya kita tidak bisa langsung bekerja dengan penuh semangat.

Sangat wajar jika kita merasa seperti itu, apalagi kita sudah terbiasa dengan irama kehidupan yang santai selama libur panjang. Akan tetapi, kita tidak bisa terus seperti itu. Kita harus kembali produktif agar tetap dapat melanjutkan hidup dengan baik.

Bagi kita yang merasa bahwa hari pertama masuk kerja adalah hal yang begitu berat, ada sejumlah tips yang bisa kita terapkan agar dapat tetap bekerja dengan baik dan lebih produktif meski baru saja menikmati libur panjang.

Bagi kamu yang merasa malas menghadapi hari pertama kerja, berikut sejumlah tips untuk menjadi lebih produktif setelah libur panjang, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pikirkan Hal-hal Menyenangkan tentang Pekerjaan

Tips pertama agar semangat di hari pertama kerja setelah libur panjang adalah memikirkan hal-hal menyenangkan tentang pekerjaan. Mungkin pekerjaan kita adalah pekerjaan yang sangat menguras tenaga dan pikiran, namun bukan berarti tidak ada hal yang menyenangkan di dalamnya, kan?

Pikirkan saja tentang hasil yang bisa kita dapatkan jika memulai pekerjaan lebih cepat. Memulai pekerjaan dengan lebih cepat tentu sangat memengaruhi datangnya hasil yang lebih cepat, apa pun itu hasilnya, entah target omzet yang terpenuhi, mendapatkan klien baru yang sangat prosepektif, maupun bonus besar jika mencapai target.

Bayangkan juga betapa banyak orang yang akan merasa tertolong dan terbantu jika Anda melakukan pekerjaan dengan baik. Tentu hal itu menjadi salah satu hal yang menyenangkan dari apa yang kita kerjakan.

2. Buat Jadwal Kerja Hari Pertama

Setelah membayangkan hal-hal yang menyenangkan tetang pekerjaan, tipis berikutnya untuk menjadi produktif usai libur panjang adalah dengan membuat jadwal kerja di hari pertama. Tentu saja kita tidak perlu membuat jadwal yang detail. Setidaknya, kita bisa membuat daftar sederhana tentang apa saja yang akan kita lakukan di hari pertama kerja.

Daftar ini akan membantu kita untuk melaksanakan pekerjaan dengan lebih fokus dan efektif, sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma. Membuat jadwal kerja di hari pertama juga akan membantu mengorganisir pekerjaan dan menetukan skala prioritas dari rentetan daftar tugas yang akan kamu kerjakan.

Dengan menyusun rencana berdasarkan skala prioritas maka kamu akan lebih mudah memahami apa saja tugas yang perlu kamu kerjakan terlebih dahulu. Buatlah jadwal sederhana namun sesuai dengan skala prioritas untuk hari pertama dan minggu-minggu awal bekerja. Ini akan membuatmu tidak merasa kewalahan di awal-awal kembali bekerja.

3 dari 5 halaman

3. Merapikan Meja Kerja

Tips berikutnya untuk menjadi produktif setelah libur panjang adalah dengan merapikan meja kerja. Dengan merapikan meja kerja, kita akan mendapatkan suasana baru yang bisa membuatmu tetap semangat untuk kembali produktif bekerja setelah liburan panjang.

Jika tempat di sekitarmu bekerja kotor dan berantakan tentunya akan mengganggumu dan akan membuatmu malas untuk kembali bekerja. Agar tidak mengganggumu rapikan dan bersihkan tempat kerjamu. Selain itu tempat kerja yang bersih dan rapi akan meningkatkan moodmu dalam mengerjakan pekerjaanmu.

4. Datang ke Kantor dengan Penampilan Baru

Cobalah untuk datang ke kantor dengan penampilan baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya dengan menggunakan pakaian yang lain, atau dengan menata rambut dengan gaya yang berbeda. Mencoba penampilan baru ketika datang ke kantor tentunya akan membantu mengubah suasana yang dapat memperbaiki mood dan motivasi bekerja.

Mencoba penampilan baru juga akan memberikan kesan yang berbeda di mata rekan kerja. Bukan tidak mungkin kita akan menerima pujian, yang akan meningkatkan mood kita dalam bekerja.

4 dari 5 halaman

5. Ingat Tujuan Hidup

Tips berikutnya agar dapat segera kembali produktif setelah libur panjang adalah mengingat kembali tujuan hidup. Apakah kamu memiliki barang yang ingin segera dibeli? Apakah kamu sedang mengumpulkan uang untuk menikahi seseorang yang kamu cintai?

Banyangkan saja, bagaimana itu bisa terwujud jika kita bisa segera kembali produktif usai libur panjang. tujuan-tujuan semacam itu tentu tidak akan terwujud jika kita tidak bekerja dan mengumpulkan uang. Dengan mengingat kembali tujuan hidup kita, kita akan lebih termotivasi dalam menghadapi hari pertama kerja.

6. Kembali ke Rutinitas sebelum Libur Panjang

Libur panjang tentu membuat pola hidup kita telah banyak berubah. yang tadinya terbiasa bangun pagi, pada saat libur panjang menjadi lebih santai hingga membuat kita untuk tidak ragu untuk bangun siang.

Nah, sebelum menghadapi hari pertama kerja, cobalah untuk memperbaiki rutinitas, seperti sebelum libur panjang. Sehingga ketika hari pertama kerja, kita tidak kaget dengan padatnya kegiatan secara mendadak.

5 dari 5 halaman

7. Mulai Pekerjaan yang Paling Mudah

Agar tidak terlalu kaget dengan banyaknya tugas, mulailah dengan pekerjaan yang paling mudah. Dengan melakukan pekerjaan yang paling mudah, kita tidak merasa langsung terbebani dengan pekerjaan. Ini bisa menjadi pemanasan, sebelum menghadapi rutinitas yang lebih padat.

8. Interaksi dengan Rekan Kerja

Melakukan interaksi dengan teman kantor juga bisa membatu kita untuk kembali produktif usai libur panjang. Mengingat kita baru saja kembali dari libur panjang lebaran,  halal bihalal ini bisa menjadi tempat untuk saling bersosialisasi kembali, transisi dari liburan menuju aktivitas semula.

Demikian adalah sejumlah tipis kembali produktif usai libur panjang. Semoga beberapa tips ini dapat membantu kita yang akan segera masuk kerja di hari pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.