Sukses

Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap Latin Beserta Artinya

Doa setelah sholat 5 waktu memiliki keutamaan yang sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta Doa setelah sholat 5 waktu sudah sepatutnya dihafalkan oleh setiap muslim. Doa atau zikir yang biasanya dipelajari di sekolah dasar (SD) atau di Taman Pendidikan Al-Qura (TPA) ini berisikan permohonan seorang hamba kepada Sang Pencipta.

Doa setelah sholat 5 waktu memiliki keutamaan yang sangat besar. Hal ini terdapat dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengajarkan bacaan zikir setelah salat 5 waktu, yaitu:

"Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah salat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

Doa setelah sholat 5 waktu biasanya dibacakan setelah sholat berjemaah di masjid. Kamu tentunya harus melafalkannya setiap selesai sholat fardu ataupun sunah. Kamu bisa melafalkan doa ini setelah sholat 5 waktu, mulai dari sholat Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/4/2023) tentang doa setelah sholat 5 waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Memuji Allah SWT

Doa setelah sholat 5 waktu yang pertama yaitu membaca tahlil yang dilanjutkan dengan doa memuji Allah SWT. Dari Al Mughirah bin Syu’bah radhiallahu’anhu, ia berkata: “Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam setelah sholat beliau berdoa:

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Allahumma laa maani’a lima a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.”

Artinya:

“Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan (bagi pemiliknya). Dari Engkau-lah semua kekayaan dan kemuliaan)”. (HR. Bukhari, Muslim).

 

Doa Memohon Keberkahan

Doa setelah sholat 5 waktu berikutnya adalah doa memuji Allah SWT. Berikut zikir allahumma antassalam waminkassalam:

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam"

Artinya:

“Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan hanya dari-Mu lah keselamatan, kepada-Mu akan kembali lagi keselamatan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung keselamatan/kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

 

Doa Memohon Keselamatan

Doa setelah sholat 5 waktu berikutnya yaitu doa memohon keselamatan. Berikut doanya:

“Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.”

Artinya:

“Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.”

3 dari 5 halaman

Doa Selamat dari Api Neraka

Doa setelah sholat 5 waktu selanjutnya adalah doa selamat dari api neraka. Berikut doanya:

“Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wannajaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.”

Artinya:

“Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.”

 

Doa Agar Dijauhkan dari Kesesatan

Doa agar dijauhkan dari kesesatan merupakan doa setelah sholat 5 waktu berikutnya. Berikut doanya:

“Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idzhadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).”

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Ampunan Dosa untuk Orang Tua

Doa setelah sholat 5 waktu selanjutnya adalah doa memohon ampunan dosa untuk orang tua. Berikut doanya:

“Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.”

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.”

 

Doa Agar Amal dan Ibadah Diterima Allah SWT

Doa agar amal diterima Allah SWT adalah doa setelah sholat 5 waktu selanjutnya. Berikut doanya:

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima). (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).”

5 dari 5 halaman

Doa Memohon Agar Rajin Beribadah

Doa setelah sholat 5 waktu selanjutnya adalah doa memohon agar rajin beribadah. Berikut doanya:

“Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.”

Artinya:

“Ya Allah, tolonglah aku agar bisa berdzikir kepada-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah kepada-Mu dengan baik).” (HR. Abu Daud, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Doa Memohon Ampunan

Doa memohon ampunan adalah doa setelah sholat 5 waktu berikutnya. Berikut doanya:

"Rabbanaa walaa tahmil'alainaa ishran kama hamaltahul'alal ladziina min qablinaa."

Artinya:

"Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." (QS. Al A'raf: 23)

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa setelah sholat 5 waktu termasuk di dalamnya yaitu doa selamat dunia dan akhirat. Ada 3 doa selamat dunia dan akhirat yang termasuk ke dalam 10 doa setelah sholat yang perlu kamu kenali, yaitu sebagai berikut:

“Rabbanaa Taqabbal Minnaa Innaka Antas Samii’ul ‘Aliim, Wa Tub ‘Alainaa Innaka Antat Tawwabur Rahiim.”

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

 

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

 

“Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhamma-Din Wa’alaa Aalihiwa Shahbihiiwa Sallam, Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.”

Artinya:

“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.