Sukses

9 Tips Packing untuk Mudik Lebih Aman, Nyaman, dan Efisien

Ada sejumlah tips packing mudik yang bisa Anda ikuti agar perjalanan mudik Anda semakin aman dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Mudik masih menjadi salah satu tradisi wajib menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ini karena mudik menjadi momen penting agar orang-orang yang sepanjang tahun di perantauan bisa pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga.

Perjalanan mudik selalu menjadi perjalanan yang panjang dan melelahkan. Oleh karena itu penting bagi kita yang hendak mudik untuk melakukan persiapan dengan baik, terutama dalam hal packing. Sebab packing ini akan sangat memengaruhi kenyamanan dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Packing mudik yang memuat banyak barang bawaan mungkin akan membuat perjalanan pulang kampung Anda bisa merepotkan. Namun sebaliknya, packing mudik yang memuat sedikit barang, mungkin malah tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda selama di kampung halaman.

Oleh karena itu, packing mudik harus dipersiapkan dengan baik agar, barang yang kita bawa tidak terlalu banyak dan sesuai dengan kebutuhan kita. Ada sejumlah tips packing mudik yang bisa Anda ikuti agar perjalanan mudik Anda semakin aman dan nyaman. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber,  berikut adalah tips packing mudik agar aman dan nyaman, Selasa (11/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Buat Daftar Barang yang Akan Dibawa

Tips packing mudik yang pertama adalah membuat daftar barang yang akan dibawa. Dalam membuat daftar barang, pastikan bahwa barang yang Anda masukkan dalam daftar adalah barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan.

Daftar barang bawaan nantinya juga bermanfaat untuk apakah setiap barang sudah dimasukkan ke dalam koper atau tas, sehingga mencegah terjadinya ketinggalan barang.

2. Jangan Lipat Pakaian

Jangan masukkan pakaian dalam kondisi terlipat, melainkan dengan kondisi tergulung. Cara ini terbukti bisa menghemat banyak ruangan dalam koper dan tas.

Selain itu, untuk hal-hal kecil seperti pakaian dalam dan kaos kaki, tak perlu kamu gulung. Cukup kamu selipkan mereka di antara baju atau celana sebelum digulung. Dengan begitu, akan lebih banyak lagi ruangan untuk menempati barang bawaan lainnya.

3. Sesuaikan Jumlah Pakaian dengan Lamanya Mudik

Tips packing mudik berikutnya adalah dengan menyesuaikan pakaian yang dibawa dengan lamanya mudik. Hal ini bertujuan untuk menghindari agar pakaian yang dibawa tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Oleh karena itu, hitung jumlah kebutuhan pakaian sesuai dengan lamanya masa mudik dari berangkat hingga pulang.

3 dari 4 halaman

4. Pisahkan Barang-Barang Kecil

Pisahkan barang-barang kecil dalam packing yang berbeda dengan packing pakaian. Sebab, barang-barang seperti  charger, sabun cuci muka, obat-obatan, dan lain-lain, biasanya akan dibutuhkan di sepanjang perjalanan. Jika barang-barang semacam itu dijadikan satu dengan pakaian di dalam koper, maka akan sangat merepotkan ketika barang-baang itu dibutuhkan.

5. Tata Tas dan Koper Berdasarkan Prioritas

Pakaian dan peralatan mandi akan dikeluarkan saat mencapai destinasi mudik, sedangkan kabel charger dan botol minum dibutuhkan selama perjalanan. Simpan barang prioritas selama perjalanan di tas ketimbang di koper agar mudah diambil. Dengan kata lain, barang yang akan sering digunakan di tas daripada di koper.

6. Siapkan Tas Lipat

Bawaan Anda ketika pulang mungkin akan bertambah ketika pulang. Sebab, pulang dari kampung pastinya tidak akan lengkap tanpa membawa oleh-oleh dari kampung halaman. Agar tidak memenuhi koper atau tas untuk menampung pakaian, membawa tas lipat adalah solusi packing mudik efisien menyimpan oleh-oleh.

4 dari 4 halaman

7. Utamakan Membawa Bawaan yang Multifungsi

Tips packing mudik berikutnya adalah membawa barang-barang multifungsi. Membawa barang-barang multifungsi membuat Anda tidak perlu membawa banyak barang, sehingga akan menghemat ruang muatan.

Terdapat banyak barang multifungsi yang bisa dijadikan pilihan untuk dibawa, misalnya saja smartphone. Satu smartphone dengan ukuran minimalis bisa dipakai untuk mengabadikan momen lewat fitur fotografinya. Artinya kamu tidak perlu bersusah-payah membawa kamera DSLR yang berat dan bongsor. Langkah ini juga dijamin menghemat ruang di dalam kopor dan membuatnya lebih ringan.

8. Sesuaikan Barang Bawaan dengan Moda Transportasi

Tips packing mudik berikutnya adalah dengan menyesuaikan barang bawaan dengan moda transportasi yang akan digunakan dalam perjalanan mudik. iJika menggunakan mobil pribadi berarti kamu bisa membawa barang yang banyak, itu pun jika mobil yang kamu tumpangi memiliki space yang luas.

Jika mobil pribadi yang kamu tumpangi terbatas dan membawa anggota keluarga yang lebih, maka kamu harus korbankan jumlah barang bawaan. Jika bepergian menggunakan pesawat terbang, pastikan kapasitas bawaan tidak melampaui batas beban maksimal karena kamu perlu membayar kelebihan beban.

9. Periksa Ukuran dan Berat Barang Bawaan

Mengetahui ketentuan berat dan ukuran barang bawaan dari maskapai atau moda transportasi yang akan kita gunakan sangat penting dalam mengatur packing mudik Lebaran yang efisien. Setiap maskapai atau moda transportasi memiliki aturan yang berbeda terkait berat dan ukuran barang bawaan yang diizinkan, dan melanggar aturan tersebut bisa berakibat pada biaya tambahan atau bahkan penolakan membawa barang tersebut.

Sebelum mulai packing, pastikan kita telah memeriksa ketentuan berat dan ukuran barang bawaan dari maskapai atau moda transportasi yang akan kita gunakan. Biasanya informasi ini dapat ditemukan pada website resmi maskapai atau moda transportasi tersebut, atau bisa pula dikonfirmasi langsung dengan pihak maskapai atau moda transportasi. Pastikan kita memahami batasan berat dan ukuran barang bawaan yang diizinkan, termasuk batasan untuk bagasi kabin atau bagasi terdaftar.

Ketika packing, pastikan kita mengukur atau menimbang barang bawaan kita untuk memastikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Jika barang bawaan kita melebihi batasan yang diizinkan, kita perlu menyesuaikan barang bawaan kita agar sesuai dengan ketentuan tersebut. Hal ini akan membantu kita menghindari biaya tambahan atau masalah saat proses check-in atau naik moda transportasi.

Selain itu, perlu diingat bahwa ketentuan berat dan ukuran barang bawaan bisa berbeda antara maskapai atau moda transportasi yang berbeda, atau bahkan bisa berbeda di setiap perjalanan. Oleh karena itu, pastikan kita selalu memeriksa ketentuan terbaru sebelum setiap perjalanan mudik Lebaran untuk menghindari masalah atau kerugian yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.