Sukses

4 Doa Sakit Perut Lambung hingga Nyeri Haid, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Membaca doa sakit perut untuk memohon kesembuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Sakit perut adalah kondisi ketika seseorang mengalami rasa tidak nyaman di area sekitar perut. Baik itu karena nyeri, mulas, begah, dan masih banyak lagi. Umat muslim meyakini dengan membaca doa sakit perut, kesembuhan bisa didapatkan dari Allah SWT.

“Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru.’” (HR. Muslim)

Ada empat doa sakit perut yang Liputan6.com rangkum dari berbagai hadis. Mulai dari doa sakit perut yang umum karena masalah lambung, doa sakit perut saat haid, doa sakit perut diare atau mencret, doa sakit perut anak atau bayi, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa sakit perut lengkap teks Arab, latin, dan artinya, Selasa (11/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sakit Perut

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H, hal 113).

 

Doa sakit perut ini dapat dibaca ketika seseorang mengalami sakit perut akibat maag hingga nyeri haid. Doa ini menggambarkan harapan seseorang kepada Allah sebagai penyembuh yang mampu menghilangkan penyakit dan memberikan kesembuhan tanpa meninggalkan rasa nyeri.

3 dari 5 halaman

2. Sakit Perut Diare

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الْأَبْدَانِ وَشِفَاءِهَا وَنُورِ الْأَبْصَارِ وَضِيَاءِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan.”

 

Dalam buku berjudul 101 Doa Anak Saleh oleh Tim Darul Ilmi, ini doa sakit perut karena diare yang bisa dibaca untuk memohon kesembuhan dari-Nya.

Doa ini mengandung makna sebagai permohonan kepada Allah untuk memberikan rahmat kepada Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati dan badan, serta sebagai cahaya dan sinar bagi hati umatnya.

Selain itu, doa ini juga mencakup doa untuk keluarga dan sahabat Nabi Muhammad, serta permohonan kepada Allah untuk memberikan berkah dan keberlimpahan kepada mereka.

4 dari 5 halaman

3. Sakit Perut Nyeri

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim)

 

Doa sakit perut ini umumnya dibaca sebanyak 7 kali yang di awali dengan bismillah sebanyak 3 kali sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini.

Dari Utsman bin Abil ‘Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya:

“Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru.’” (HR. Muslim)

5 dari 5 halaman

4. Doa Sakit Perut Lainnya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ. الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ. مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ  وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm. Al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn. Ar-raḥmānir-raḥīm. Māliki yaumid-dīn. Iyyāka na‘budu wa iyyāka nasta‘īn. Ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm. Ṣirāṭal-lażīna an‘amta ‘alaihim, gairil-magḍūbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyanyang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan. Tunjukanlah kepada kami jalan yang lurus. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

 

Doa sakit perut selanjutnya adalah membaca surat al-Fatihah. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi mengatakan surat al-Fatihah adakah as-Syifa atau penawar segala racun dan bisa menyembuhkan segala penyakit termasuk sakit perut.

Dari sahabat Abu Sa'id Al Khudri RA, Nabi SAW bersabda: "Bahwa ada sekelompok sahabat berada dalam perjalanan safar, lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung enggan untuk menjamu. Penduduk kampung itu lantas berkata kepada para sahabat yang mampir, "Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersengat binatang dan terserang demam".

Di antara para sahabat lantas berkata, "Iya ada." Lalu iapun mendatangi pembesar kampung dan meruqyahnya dengan membaca Surah Al-Fatihah. Maka pembesar kampung itupun sembuh. Lalu yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya." (HR. Bukhari dan Muslim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.