Sukses

Contoh Ikhfa Haqiqi dan Cara Bacanya yang Benar, Pahami Pengertiannya

Contoh ikhfa haqiqi bisa kamu temukan dalam setiap surat di dalam Al-Qur'an.

Liputan6.com, Jakarta Contoh ikhfa haqiqi perlu dikenali oleh setiap umat Islam dalam belajar Al-Qur'an. Ikhfa haqiqi merupakan salah satu ilmu tajwid yang perlu diperhatikan saat membaca Al-Qur'an. Tajwid adalah ilmu untuk mengetahui kaidah dan cara membaca huruf Al-Qur'an yang baik dan benar.

Mempelajari macam tajwid hukumnya fardu kifayah, sementara membaca Al-Qur'an sesuai tajwid hukumnya fardu ain. Ikhfa haqiqi merupakan ilmu tajwid yang termasuk ke dalam hukum nun mati dan tanwin.

Contoh ikhfa haqiqi bisa kamu temukan dalam setiap surat di dalam Al-Qur'an. Kamu tidak akan sulit menemukannya. Selain ikhfa haqiqi, macam tajwid lainnya yang termasuk hukum nun mati dan tanwin yaitu izhar, idgham bigunnah, idgham bilagunnah, serta Iqlab.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/4/2023) tentang contoh ikhfa haqiqi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Ikhfa Haqiqi dan Cara Bacanya yang Benar

Melansir laman Dream, berikut contoh ikhfa haqiqi:

1. Contoh Ikhfa Haqiqi Nun Mati Bertemu Dal:

 وَ مِنْ دُوْنِهِمَا جَنَّتٰنِ

Cara bacanya yaitu: Waminng duunihimaa jannataan

 

2. Contoh Ikhfa Haqiqi Nun Mati Bertemu Tsa’:

 مَا ءً ثَجَّا جًا

Cara bacanya yaitu: Maa-anng tsajjaajaa

 

3. Contoh Ikhfa Haqiqi Nun Mati Bertemu Kaf:

 اِنْ كُنْتُمْ

Cara bacanya yaitu: Ing kunngtum

 

4. Contoh Ikhfa Haqiqi Nun Mati Bertemu Jim:

عَيْنٌ جَارِيَةٌ

Cara bacanya yaitu: aynunn-jaariyah

3 dari 5 halaman

Mengenal Ikhfa Haqiqi

Kamu telah melihat beberapa contoh ikhfa haqiqi dari bacaan di atas. Untuk memahaminya, kamu tentunya perlu memahami apa itu ikhfa terlebih dahulu. Ikhfa artinya menutupi atau menyamarkan. Secara istilah, pengertian ikhfa adalah menyamarkan nun sukun ataupun tanwin karena adanya timbul suara dengung apabila bertemu dengan huruf ikhfa.

Huruf ikhfa berjumlah 15 yaitu Ta', Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha', Zha, Fa', Qof, Kaf. Nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf ikhfa tersebut menjadi hukum bacaan ikhfa.

Ikhfa dalam hukum nun mati dan tanwin ini dikenal juga dengan sebutan ikhfa haqiqi. Jika bertemu dengan huruf-huruf tersebut maka nun mati atau tanwin tersebut harus dibaca samar atau antara bacaan Izhar dan bacaan Idgham.

Jadi, contoh ikhfa haqiqi bisa kamu temui apabila ada nun matai atau tanwin bertemu atau diikuti dengan 15 huruf yang telah disebutkan sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Ikhfa Selain Ikhfa Haqiqi

Selain contoh ikhfa haqiqi, kamu juga perlu mengenali macam-macam ikhfa lainnya. Hukum bacaan ikhfa sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yang sebenarnya masih turunan dari ikhfa haqiqi sendiri. Berikut macam-macam ikhfa selain ikhfa haqiqi:

1. Ikhfa Kubra atau Ikhfa Aqrab

Pengertian ikhfa Kubra adalah nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih dekat pengeluarannya pada huruf hijaiyahnya, dengan makhraj huruf nun. Huruf-hurufnya antara lain ( ت, د, ط ) (Ta', Dal, Tha'). Suara yang dihasilkan dari ikhfa kubra ini nantinya mendekati bunyi N dan suara berdengung lalu ditahan dua ketukan.

2. Ikhfa Sughra atau Ikhfa Ab’ad

Pengertian ikhfa sugra atau ikhfa ab’ad adalah nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih jauh pengeluaran huruf hijaiyahnya dari huruf nun. Huruf-huruf dari ikhfa sugra ini adalah ( ق, ك ) ( qof dan kaf ). Ikhfa Sughra ini dibaca dengan berdengung tetapi dengan ukuran pendek. Bacaan ikhfa sughra sendiri biasanya akan mengarah kepada bunyi “ng”.

3. Ikhfa Wusta atau Ikhfa Ausat

Pengertian ikhfa wusta adalah jika nun sukun atau tanwin ini bertemu dengan huruf ikhfa yang tidak jauh serta tak dekat dengan huruf nun. Bacaan ikhfa wusta atau ikhfa ausat ini akan mengarah kepada “n-ng” sedangkan huruf fa akan mengarah kepada bunyi “m-f”. Huruf-huruf dari ikhfa wusta yaitu ( ث , ج , ذ , س , ش , ص , ض , ز , ظ , ف ). Ta', Jim, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Zha, Fa').

5 dari 5 halaman

Mengenal Ikhfa Syafawi

Contoh ikhfa haqiqi tentunya belum lengkap tanpa membahas jenis ikhfa lainnya, yaitu ikhfa syafawi. Berbeda dengan macam-macam ikhfa sebelumnya, ikhfa syafawi merupakan ikhfa yang tidak berkaitan dengan hukum nun mati atau tanwin.

Ikhfa syafawi merupakan bacaan tajwid berupa mim mati bertemu dengan huruf ba’. Ikhfa syafawi dibaca dengan cara samar-samar pada bibir dan juga dengan didengungkan. Jadi, kamu tidak boleh salah dalam mengenalinya.

Contoh Ikhfa Syafawi

Melansir Dream, berikut contoh bacaan ikhfa syafawi:

Contoh Bacaan Ikhfa pada surat An-Naziat ayat 14:

 فَاِذَا هُمْ بِالسَّاهِرَةِۗ

Faidzaahumm-bissaahirah

Mim sukun dibaca mendengung dan samar membentuk bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 hingga 3 ketukan.

 

Contoh Bacaan Ikhfa pada surat At-takwir ayat 22:

 وَمَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُوْنٍۚ

Wamaa shaahibukummm-bimajnuun

Mim sukun dibaca mendengung dan samar membentuk bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 sampai 3 ketukan.

 

Contoh Bacaan Ikhfa pada surat Al-Ghasyiyah ayat 22:

لَّسْتَ عَلَيْهِمْ بِمُصَيْطِرٍۙ

Lasta ‘alaihimmm-bimushaithirin

Mim sukun dibaca mendengung dan samar mengeluarkan bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 sampai 3 ketukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.