Sukses

Doa Ratu Surga Katolik Lengkap Bahasa Indonesia, Inggris, dan Latin

Liputan6.com, Jakarta Doa Ratu Surga disebut juga dengan doa Regina Cæli dalam pengucapan Latin. Doa ini merupakan sauatu doa atau lagu penghormatan kepada Maria. Biasanya, doa ini dipanjatkan selama Masa Paskah, tepatnya sejak Compline hari Sabtu Suci hingga Pentakosta.

Doa Ratu Surga atau Regina Cæli  digunakan sebagai pengganti Angelus atau Doa Malaikat Tuhan selama Masa Paskah. Doa ini digunakan sebagai pengganti Angelus dengan 3 kali waktu pendarasan yang sama yaitu pagi (06.00), siang (12.00), dan sore (18.00).

Doa Ratu Surga adalah satu dari empat Antifon Maria, yang mana dalam Ibadat Harian biasa didaraskan atau dinyanyikan setelah doa sore/malam selama Masa Paskah. Penulis doa ini belum diketahui sampai saat ini.

Doa Ratu Surga memiliki makna akan misteri Paskah, yaitu pada Kristus yang telah bangkit seperti disabdakan-Nya dan Tuhan sungguh menunjukan kebangkitan-Nya melalui Juru Selamat kita Yesus Kristus. Sementara Doa Malaikat Tuhan bermakna akan adanya misteri Inkarnasi Sabda, yaitu ketika Sabda menjadi manusia dan tinggal di antara kita.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/3/2023) tentang Doa Ratu Surga.

2 dari 5 halaman

Doa Ratu Surga Bahasa Indonesia

Melansir Paroki Jetis, berikut Doa Ratu Surga bahasa Indonesia yang bisa kamu hafalkan:

Doa Ratu Surga (Puji Syukur No. 16)

Ratu Surga bersukacitalah, Alleluya

sebab Ia yang sudi kau kandung, Alleluya

telah bangkit seperti yang disabdakan-Nya, Alleluya

Doakanlah kami pada Allah, Alleluya

Bersukacitalah dan bergembiralah, Perawan Maria, Alleluya

sebab Tuhan sungguh telah bangkit, Alleluya

Marilah berdoa: 

Ya Allah, Engkau telah menggembirakan dunia dengan kebangkitan Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus.

Kami mohon: perkenankanlah kami bersukacita dalam kehidupan kekal bersama Bunda-Nya, Perawan Maria.

Demi Kristus, pengantara kami.

Amin.

3 dari 5 halaman

Doa Ratu Surga Bahasa Inggris

Selain Doa Ratu Surga bahasa Indonesia, kamu juga bisa melafalkan doa berbahasa Inggris. Berikut Doa Ratu Surga bahasa Inggris yang bisa kamu hafalkan:

 

Queen of Heaven, rejoice, alleluia.

For He whom you did merit to bear, alleluia.

Has risen, as he said, alleluia.

Pray for us to God, alleluia.

Rejoice and be glad, O Virgin Mary, alleluia.

For the Lord has truly risen, alleluia.

Let us pray.

O God, who gave joy to the world through the resurrection of Thy Son, our Lord Jesus Christ

Grant we beseech Thee, that through the intercession of the Virgin Mary, His Mother, we may obtain the joys of everlasting life.

Through the same Christ our Lord.

Amen.

4 dari 5 halaman

Doa Ratu Surga Latin

Kamu juga bisa melafalkan doa Ratu Surga berbahasa Latin. Berikut Doa Ratu Surga bahasa Latin yang bisa kamu hafalkan:

 

Regina cæli, lætare, alleluia.

Quia quem meruisti portare, alleluia.

Resurrexit, sicut dixit, alleluia.

Ora pro nobis Deum, alleluia.

Gaude et lætare, Virgo Maria, alleluia.

Quia surrexit Dominus vere, alleluia.

Oremus.

Deus, qui per resurrectionem Filii tui, Domini nostri Iesu Christi, mundum lætificare dignatus es:

præsta, quæsumus, ut per eius Genitricem Virginem Mariam, perpetuæ capiamus gaudia vitæ.

Per eundem Christum Dominum nostrum.

Amen.

5 dari 5 halaman

Waktu Melafalkan Doa Ratu Surga

Doa Ratu Surga atau doa “Regina Caeli” bisa dihayati dalam memaknai sukacita dan kegembiraan kebangkitan Kristus pada masa paskah. Sebagai salah satu dari empat Antifon Maria yang biasanya didaraskan atau dinyanyikan, doa ini memberi penghormatan kepada Maria yang selalu didoakan selama masa Paskah sejak Compline hari Sabtu Suci atau Vigili Paskah, sampai dengan Pentakosta hari Minggu ketujuh setelah Paskah menggantikan Doa Malaikat Tuhan (Latin: Angelus).

Waktu mendaraskan Doa Ratu Surga sama dengan Doa Malaikat Tuhan yaitu sebanyak tiga kali sehari pada pagi (06.00), siang (12.00), sore (18.00). Meski waktu yang digunakan sama, namun tema kedua doa ini berbeda.

Perubahan dari doa Malaikat Tuhan ke doa Ratu Surga dilakukan karena kesesuaian tema. Jika Doa Ratu Surga merujuk pada Misteri Paskah, doa Malaikat Tuhan di luar Masa Paskah bersangkutan dengan misteri Inkarnasi, yaitu ketika sabda menjadi manusia dan tinggal di antara umat.

Doa Malaikat Tuhan bermakna akan adanya misteri Inkarnasi Sabda, yaitu ketika Sabda menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Sementara doa Ratu Surga memiliki makna akan misteri Paskah, yaitu pada Kristus yang telah bangkit seperti disabdakan-Nya dan Tuhan sungguh menunjukan kebangkitan-Nya melalui Juru Selamat kita Yesus Kristus.

Selain itu doa ini juga mengungkapkan bersama Bunda Maria kita diajak untuk menghayati sukacita dalam kehidupan kekal atas suatu permohonan kepada Allah Bapa melalui kebangkitan Kristus. Doa Ratu Surga merupakan hal konkret bukti nyata Paskah dalam penerapan hidup kita dengan percaya kepada Kristus yang telah bangkit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.