Sukses

Debut Adalah Bahasa yang Kerap Digunakan di Dunia K-Pop, Kenali Istilah Penting Lainnya

Debut adalah istilah yang merujuk pada penampilan pertama kali di depan umum.

Liputan6.com, Jakarta Debut adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Apalagi, bagi kamu yang mengikuti dunia musik, film, dan entertainment. Istilah ini memang kerap kali digunakan dalam dunia hiburan, seperti pada penyanyi, artis, dan sebagainya.

Istilah debut ini kembali sering digunakan semenjak K-Pop digandrungi anak muda Indonesia. Dalam K-Pop, debut biasanya merujuk pada saat seorang idol, penyanyi, atau artis, resmi terjun ke industri hiburan dan diperkenalkan kepada publik.

Debut adalah istilah yang merujuk pada penampilan pertama kali di depan umum. Sebenarnya, setiap bidang juga bisa menggunakan istilah ini, tidak hanya dunia hiburan saja. Istilah ini kerap juga digunakan dalam bidang olahraga, yang ditujukan pada para atlet.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/3/2023) tentang debut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu Debut?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), debut adalah penampilan untuk pertama kali di depan umum (tentang penyanyi, artis, dan sebagainya). Debut adalah penampilan pertama seorang artis atau penyanyi di depan umum.

Dalam hal ini, debut adalah penampilan pertama yang ditonton oleh banyak orang, seperti bernyanyi di suatu panggung atau disiarkan oleh televisi. Dengan debut tersebut, seorang artis atau seorang penyanyi dapat dikenal oleh orang banyak.

Dalam dunia K-Pop, debut adalah ketika suatu grup idol diperkenalkan ke publik dan secara resmi terjun ke industri musik. Biasanya, para idol atau grup tersebut merilis single, mini album, ataupun album dalam menandai debut mereka.

Debut adalah waktu yang sangat diimpi-impikan oleh para trainee. Seperti yang diketahui, idol K-Pop diharuskan untuk menjalani pelatihan terlebih dahulu sebelum melakukan debut atau terjun ke industri musik K-Pop.

3 dari 4 halaman

Istilah K-Pop Lainnya

Debut adalah satu di antara beberapa istilah yang perlu kamu pahami dalam dunia K-Pop. Selain itu, kamu juga perlu mengenali berbagai istilah lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Trainee. Trainee adalah sebutan untuk para calon idol, yang sedang dalam masa pelatihan atau training. Di masa-masa ini, biasanya calon idol akan diajarkan untuk meningkatkan kemampuan di bidang entertainment, seperti menari, menyanyi, akting, dan juga kemampuan dalam reality show.
  2. Comeback. Comeback stage adalah ketika idol melakukan penampilan perdana dalam promo lagu baru.
  3. Goodbye Stage. Goodbye stage adalah penampilan terakhir idol untuk menandakan selesainya masa promosi lagu baru tersebut.
  4. Rookie. Sebutan rookie diberikan kepada group yang baru saja melakukan debut, atau group baru.  
  5. Sunbae. Sunbae merupakan sebutan untuk grup-grup yang sudah terkenal dan debut lebih dulu.
  6. Fandom. Fandom berasal dari fans dan kingdom, dapat dikatakan sebagai sebuah rumah dari fans. Untuk group-group yang sudah memiliki banyak fans, biasanya agensi akan mengeluarkan nama untuk fans dari sebuah group, misalnya saja Army yang merupakan nama fandom BTS, dan Once yang merupakan nama fandom Twice. Biasanya, fandom akan didukung dengan warna fandom dan juga lightstick.
  7.  Fanwar. Fanwar berasal dari kata fans dan war, yaitu kondisi di mana fans dari suatu group melakukan 'perang'. Biasanya hal ini sering terjadi di media sosial.
  8. Aegyo. Aegyo yaitu tingkah berlagak sangat imut, yang sangat umum di kalangan para idol. Seperti dalam variety show, tak jarang sang MC meminta para idol untuk menunjukkan aegyo mereka secara bergantian.
  9. Bias. Bias adalah idola atau aktor favorit yang akan kamu dukung apa pun yang terjadi. Kamu bisa memiliki bias dari setiap group yang disukai. Bias juga merupakan singkatan dari being inspired and addicted to someone.
  10. Ultimate Bias. Ultimate bias adalah raja atau ratu dari daftar bias. Maksudnya adalah bias utama.
4 dari 4 halaman

Istilah bagi Member pada Grup Idol K-Pop

Debut adalah istilah yang mungkin sudah kamu pahami dalam dunia K-Pop. Selain itu, kamu juga perlu mengenali berbagai istilah untuk para member grup idol, yaitu sebagai berikut:

  1. Visual. Visual adalah istilah yang diberikan kepada member boygroup atau girlgroup yang paling good looking.
  2. Face of the Group. Face of the Group adalah istilah yang diberikan kepada member group yang paling diingat oleh fans. Jadi, ketika kita menyebutkan salah satu group, otomatis kamu akan teringat dengan idol tersebut. Biasanya, face of the group sering menjadi delegasi tak resmi grup saat diundang acara televisi atau acara publik.
  3. Center. Center adalah istilah yang diberikan kepada member yang berdiri di tengah, di antara para member lainnya ketika menari. Idol yang ditempatkan sebagai center biasanya memiliki kemampuan yang sangat lengkap, di mana ia bisa menari dan menyanyi serta memiliki wajah rupawan.
  4. Main. Main digunakan untuk menyebutkan posisi utama dalam suatu group. Misalnya, main vocal atau main dancer. Istilah itu menandakan idol tersebut mempunyai kemampuan yang paling tinggi dalam group tersebut.
  5. Lead. Lead adalah idol yang memiliki kemampuan di bawah main, namun juga lebih tinggi dari anggota lain.
  6. Leader. Leader adalah sebutan bagi pemimpin dari suatu group. Contohnya yaitu Jihyo di Twice.
  7. Maknae. Maknae adalah istilah yang diberikan kepada anggota dengan umur termuda. Contohnya Kyujin yang merupakan maknae dari girlgroup Nmixx.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.