Sukses

11 Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes, Ketahui Cara Penyajian yang Tepat

Manfaat daun kersen untuk diabetes dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Liputan6.com, Jakarta Daun kersen adalah daun yang sering tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Daun kersen telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk diabetes. Adapun manfaat daun kersen untuk diabetes, telah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa daun kersen memiliki sifat anti-diabetes, yang bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin.

Manfaat daun kersen untuk diabetes yang mengandung senyawa aktif seperti glycoside, flavonoid, dan saponin di mana akan merangsang produksi insulin oleh pankreas, dan meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Selain itu, daun kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meskipun daun kersen memiliki manfaat untuk diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, sebelum mengonsumsinya secara teratur. Selain itu, penggunaan daun kersen untuk mengobati diabetes harus disesuaikan dengan dosis yang tepat. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan dosis yang terlalu tinggi atau berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti diare, sakit kepala, dan mual.

Cara penggunaan daun kersen untuk mengobati diabetes juga beragam, mulai dari direbus sebagai teh, dijadikan ekstrak, hingga diolah menjadi suplemen. Namun, sebaiknya pilih cara pengolahan yang tepat dan aman untuk mengonsumsinya, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang kompleks. Berikut ini manfaat daun kersen untuk diabetes yang Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/3/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Khasiat Bagi Penderita Diabetes

1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun kersen untuk diabetes mengandung senyawa flavonoid, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diberi makanan tinggi glukosa. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh, sehingga lebih mudah untuk mengambil glukosa dari darah dan menggunakan sebagai sumber energi. Studi lain pada tikus juga menunjukkan bahwa daun kersen dapat mengurangi kadar gula darah secara signifikan.

2. Meningkatkan sensitivitas insulin

Sensitivitas insulin yang rendah, merupakan salah satu faktor risiko utama pada diabetes tipe 2. Manfaat daun kersen untuk diabetes, akan meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat pada daun kersen, bisa meningkatkan ekspresi gen yang terlibat dalam metabolisme glukosa dan insulin pada sel hati.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Penderita diabetes berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal, oleh karena itu daun kersen mengandung senyawa antioksidan seperti asam ellagic dan asam galat, yang dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen, dapat mengurangi kerusakan ginjal dan peradangan pada hewan percobaan dengan diabetes.

4. Menurunkan risiko komplikasi

Komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, dan gangguan penglihatan, dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita diabetes. Senyawa antioksidan yang terdapat pada daun kersen, dapat membantu mengurangi risiko terjadinya komplikasi tersebut. Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa daun kersen, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko aterosklerosis, yaitu penumpukan plak pada dinding arteri.

5. Mengurangi risiko infeksi

Daun kersen mengandung senyawa antibakteri dan antijamur, yang dapat membantu melawan infeksi tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen, dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi.

6. Menjaga kesehatan tulang

Penderita diabetes berisiko tinggi mengalami masalah tulang seperti osteoporosis, perlu mengonsumsi daun kersen, yang mengandung kalsium dan vitamin K sehingga membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. 

3 dari 4 halaman

7. Menjaga kesehatan jantung

 

Manfaat daun kersen untuk diabetes, dapat meningkatkan kesehatan jantung di mana karena memiliki senyawa penting seperti vitamin C dan asam folat. Studi pada tikus, menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik untuk kesehatan jantung.

8. Meredakan inflamasi

Inflamasi kronis dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan komplikasinya. Senyawa antiinflamasi yang terdapat pada daun kersen, dapat membantu meredakan inflamasi pada tubuh. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan meningkatkan respons imun.

9. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daun kersen untuk diabetes yang mengandung senyawa antioksidan penting, dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Senyawa ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meredakan peradangan pada kulit.

10. Meningkatkan fungsi pencernaan

Penderita diabetes seringkali mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Daun kersen mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, dan mencegah sembelit. Selain itu, senyawa yang terdapat pada daun kersen juga dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan.

11. Menjaga kesehatan mata

Penderita diabetes berisiko tinggi mengalami masalah mata, seperti retinopati diabetik dan katarak. Daun kersen mengandung senyawa antioksidan, akan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Studi pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen, berkhasiat mengurangi kerusakan pada retina dan mengurangi risiko terjadinya retinopati diabetik.

4 dari 4 halaman

Cara Penyajian

Daun kersen dapat disajikan dalam bentuk teh atau ekstrak untuk mengobati diabetes. Berikut adalah cara penyajian daun kersen untuk diabetes:

1. Teh daun kersen

  1. Siapkan daun kersen segar atau kering sebanyak 10-15 lembar.
  2. Langkah berikutnya, Anda bisa cuci bersih daun kersen dengan air bersih.
  3. Setelah itu, rebus air bersih sebanyak 3-4 gelas dalam panci hingga mendidih.
  4. Masukkan daun kersen ke dalam air mendidih, dan masak daun kersen selama 10-15 menit dengan api kecil.
  5. Angkat panci dari kompor, dan saring air teh daun kersen. Setelah itu, minum teh daun kersen dalam keadaan hangat 2-3 kali sehari.

2. Ekstrak daun kersen

  1. Siapkan daun kersen segar atau kering sebanyak 50-100 gram, kemudian cuci daun kersen dengan air hingga bersih.
  2. Berikutnya, blender daun kersen dengan air bersih sebanyak 2-3 gelas hingga halus.
  3. Saring air blender daun kersen dengan kain kasa, atau Anda bisa menggunakan saringan halus.
  4. Rebus air ekstrak daun kersen dalam panci hingga menyusut menjadi setengahnya, lalu biarkan air ekstrak daun kersen dingin dan simpan dalam botol kaca yang bersih.
  5. Anda bisa minum ekstrak daun kersen 1-2 sendok makan setiap pagi dan malam sebelum makan.
  6. Penting untuk diingat bahwa cara penyajian daun kersen dapat bervariasi, tergantung pada preferensi dan kondisi kesehatan Anda.
  7. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, sebelum mengonsumsi daun kersen secara teratur untuk mengobati diabetes.

Selain cara penyajian di atas, daun kersen juga bisa diolah menjadi suplemen dalam bentuk kapsul atau tablet. Namun, sebaiknya pilih suplemen yang berasal dari bahan alami dan memiliki sertifikasi dari badan pengawas obat dan makanan untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.