Sukses

Doa Agar Tidak Ngantuk dalam Beraktivitas, Lengkap dengan Tipsnya

Doa agar tidak ngantuk bisa anda amalkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Doa agar tidak ngantuk dalam beraktivitas sehari-hari penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Rasa kantuk dapat datang kapan saja, baik pagi maupun siang. Hal ini membuat aktivitas menjadi tidak bersemangat dan berkurangnya kinerja.

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memilih tidur sejenak. Namun jika anda sedang bekerja dan rasa kantuk datang disaat jam kerja, tidur sejenak bukanlah solusi yang tepat. Anda bisa mengamalkan doa agar tidak ngantuk.

Selain mengamalkan doa agar tidak ngantuk, anda juga bisa menerapkan tips mengusir rasa kantuk. Berikut Liputan6.com ulas mengenai doa agar tidak ngantuk dan tipsnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (13/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Agar Tidak Ngantuk

Adapun berikut ini tentang bacaan doa agar tidak ngantuk dari ayat 54-56 surat Al-A’raf yang bisa anda amalkan, yakni:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلا لَهُ الْخَلْقُ وَالأمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ (٥٤) ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ (٥٥) وَلا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ بَعْدَ إِصْلاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ (٥٦

Arab Latin: Inna rabbakumullahu ladzi kholaqos samawati wal ardla fi sittati ayyamin tsummas tawa 'alal 'arsyil lailan nahara yathlubuhu khatsitsaw wasy syamsa wal qomaro wan nujuma musakhkhorotim bi amrihi, ala lahul kholqu wal amru tabarakallahu robbul 'alamin. Ud'u robbakum tadlarru'a wa khufyatan, innahu la yukhibbul mu'tadin. Wa la tufsidu fil 'ardli ba'da ishlakhiha wad'uhu khoufaw wathoma'an, inna rokhmatallahu qoribum minal mukhsinin.

Artinya: "Sesungguhnya Tuhanmu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."

Selain surat di atas, anda juga bisa membaca surat Al Baqarah ayat 255 sebagai doa agar tidak ngantuk:

Arab Latin: Lā ta’khudzuḥū sinatuw walā naūm.

Artinya: “Allah tidak mengantuk dan tidak tidur.” (QS. Al-Baqarah: 255)

3 dari 3 halaman

Tips Mengusir Rasa Kantuk

Selain mengamalkan doa agar tidak ngantuk, anda juga bisa menerapkan tips mengusir rasa kantuk yang menyerang, yakni:

1. Duduk dan mengusap wajah

Tips pertama yang bisa diterapkan untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan duduk sambil mengusap wajah. Rasulullah ketika bangun tidur langsung duduk seraya mengusap wajahnya dengan kedua tangan. Hal ini sangat baik untuk kita tiru selain karena sunnah Rasulullah, juga agar kita tidak kembali mengantuk.

2. Minum air putih

Tips yang berikutnya adalah dengan minum air mineral. hal ini karena kekurangan cairan atau dehidrasi menjadi salah satu penyebab seseorang merasa mengantuk dan lelah ketika sedang bekerja atau belajar. Jadi sebisa mungkin anda mengonsumsi air mineral secara rutin setiap hari sebanyak minimal 3 liter air.

3. Maksimalkan istirahat di malam hari

Tips yang selanjutnya adalah dengan memaksimalkan istirahat di malam hari. Istirahat malam hari sangatlah penting agar anda tidak mudah mengantuk siang harinya. Jadi, manfaatkan waktu istirahat itu sebaik mungkin dan dapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, dengan memaksimalkan istirahat di malam hari, tubuh anda akan kembali fit, bersemangat, dan bisa meningkatkan fokus.

4. Olahraga rutin

Tisp yang lainnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Aktivitas ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga tubuh anda bisa lebih segar dan berenergi. Paling tidak anda bisa menyisihkan sekitar 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

5. Konsumsi makanan sehat

Selain olahraga secara rutin, anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat supaya seimbang. Pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah makanan segar, kaya vitamin, mineral, dan sehat. Dengan begitu energi tubuh pun akan selalu terjaga dengan baik.

6. Kelola stres

Terakhir, tips untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan mengelola stres. Karena stres sendiri tidaklah baik bagi tubuh dan bisa memicu hadirnya penyakit. Sebaiknya anda melatih diri untuk bisa mengelola stres dengan baik, sehingga tubuh dan pikiran pun segar selalu. Cara mengelola stres bisa dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan hobi yang sesuai dengan minat dan bakat anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.