Sukses

10 Manfaat Teh untuk Wajah, Ketahui Keunggulan Tiap Jenisnya

Manfaat teh untuk wajah sering digunakan pada berbagai produk kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Teh adalah minuman yang terbuat dari daun teh yang diseduh dengan air panas. Minuman ini telah dikenal selama berabad-abad sebagai minuman yang memiliki berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan, terutama untuk kulit wajah. Manfaat teh untuk wajah sering digunakan pada berbagai produk kecantikan.

Teh mengandung polifenol dan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Antioksidan juga dapat membantu mencegah kerusakan kolagen pada kulit, sehingga kulit tetap terlihat kencang dan elastis.

Teh juga mengandung kafein dan tanin yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, sehingga manfaat teh untuk wajah membuat nutrisi dan oksigen dapat lebih mudah terserap oleh sel-sel kulit. Sirkulasi darah yang lebih baik juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Teh juga memiliki sifat astringent yang membuat manfaat teh untuk wajah dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga kulit terlihat lebih segar dan tidak mudah berminyak. Berikut manfaat teh untuk wajah yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Teh untuk Wajah

1. Mengurangi Peradangan

Manfaat teh untuk wajah dapat meredakan peradangan di kulit wajah.  Kulit yang meradang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti eksposur terhadap polusi dan sinar UV, stres, dan pola makan yang buruk. Teh mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi seperti epigallocatechin gallate (EGCG), yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Seduh teh hijau atau teh chamomile, kemudian membiarkannya dingin dan menggunakannya sebagai toner untuk membantu meredakan kulit yang meradang.

2. Mencegah Penuaan Dini

Teh mengandung katekin, yaitu senyawa yang dapat membantu melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah seperti keriput, bintik-bintik, dan garis halus. Mengonsumsi teh atau menggunakan teh sebagai bahan dalam masker wajah dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat teh untuk wajah juga dapat membantu mencerahkan warna kulit wajah. Kandungan polifenol dalam teh juga dapat membantu mencerahkan kulit. Teh hijau mengandung katekin yang dapat membantu memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Gunakan teh hijau sebagai masker wajah atau mencoba menggunakan toner teh hijau untuk membantu mencerahkan kulit.

4. Mengurangi Kantung Mata

Kantung mata bisa disebabkan oleh kurang tidur atau faktor keturunan. Teh memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan pada area sekitar mata. Gunakan kantong teh celup yang sudah digunakan, kemudian dinginkan di lemari es dan tempelkan pada area bawah mata selama 10-15 menit. Hal ini akan membantu mengurangi pembengkakan pada area bawah mata.

5. Menjaga Kelembaban Kulit

Teh mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Teh chamomile terutama dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembaban alami kulit. Anda dapat mencoba menggunakan masker wajah teh chamomile atau mencuci wajah dengan teh chamomile dingin setelah membersihkan wajah.

3 dari 4 halaman

.

6. Mengurangi Minyak Berlebih

Manfaat teh untuk wajah juga dapat menstabilkan produksi sebum atau minyak alami kulit. Teh hijau dan teh peppermint mengandung asam salisilat alami yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Dengan mengurangi produksi minyak berlebih, kulit wajah akan terlihat lebih segar dan kusam.

7. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat teh untuk wajah yang banyak digunakan dalam produk perawatan wajah adalah untuk mengatasi jerawat. Teh memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Teh hijau khususnya mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan pada kulit.

8. Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan antioksidan dalam teh dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin pada kulit. Dengan menjaga elastisitas kulit, kulit wajah akan terlihat lebih kencang dan kenyal.

9. Mengurangi Tampilan Noda Hitam

Teh hitam mengandung asam tannic yang dapat membantu mengurangi noda hitam dan bekas jerawat pada kulit. Gunakan kantong teh hitam yang sudah digunakan, kemudian tempelkan pada area kulit yang memiliki noda hitam atau bekas jerawat selama 10-15 menit.

10. Memelihara Kesehatan Kulit dari Dalam

Teh mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Dengan mengonsumsi teh secara teratur, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

4 dari 4 halaman

Berbagai Jenis Teh dan Keunggulannya untuk Merawat Wajah

Manfaat teh untuk wajah dapat diperoleh dengan mengkonsumsi atau menggunakan berbagai jenis teh untuk merawat wajah. Berbagai jenis teh memiliki keunggulan yang berbeda untuk merawat wajah. Berikut ulasan jenis teh dan keunggulannya.

1. Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis teh yang paling populer untuk merawat wajah karena kandungan antioksidannya yang tinggi, seperti polifenol dan katekin. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Teh hijau juga mengandung senyawa antibakteri dan antiradang, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat, eksem, dan psoriasis.

2. Teh Putih

Teh putih adalah jenis teh yang paling murni dan minim pengolahan. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam teh putih dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Teh putih juga mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap sehat.

3. Teh Hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Teh hitam mengandung antioksidan, seperti theaflavin dan thearubigin, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Teh hitam juga mengandung kafein, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata.

4. Teh Oolong

Teh oolong adalah jenis teh yang memiliki rasa dan aroma yang lembut dan sedikit manis. Kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam teh oolong dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Teh oolong juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak.

5. Teh Peppermint

Teh peppermint adalah jenis teh yang berasal dari daun peppermint. Teh peppermint mengandung senyawa antibakteri dan anti radang yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat, eksem, dan psoriasis. Teh peppermint juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membantu meredakan gatal pada kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.