Sukses

Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas yang Mudah, Jadi Proyek Do It Yourself

Cara membuat kerajinan dari barang bekas yang mudah, gunakan kardus hingga stik es krim.

Liputan6.com, Jakarta Kerajinan adalah karya seni yang dibuat secara manual, atau dengan bantuan alat sederhana atau mesin yang tidak memerlukan teknologi tinggi, dan biasanya dikerjakan dengan keahlian tangan. Kerajinan dapat terbuat dari berbagai jenis bahan seperti kayu, kain, logam, keramik, dan bahan-bahan alam lainnya. Terdapat juga beberapa cara membuat kerajinan dari barang bekas yang mudah, di mana Anda juga bisa menjadikannya proyek DIY (Do it yourself) di rumah. 

Cara membuat kerajinan dari barang bekas biasanya digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan, sebagai aksesori untuk melengkapi pakaian atau sebagai benda koleksi. Kerajinan juga dapat dijadikan sebagai usaha bisnis yang menguntungkan, terutama bagi masyarakat di pedesaan atau daerah yang kurang berkembang.

Cara membuat kerajinan dari barang bekas tentu memiliki nilai estetika dan nilai seni yang tinggi, karena biasanya melibatkan keahlian dan kreativitas dalam proses pembuatan. Selain itu, kerajinan juga mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi suatu daerah, karena sering kali menggunakan teknik dan motif yang khas dari daerah tersebut.

Kerajinan dari bahan bekas yang umum digunakan adalah kertas bekas, botol plastik bekas, kain perca, kaleng bekas, dan lain sebagainya. Kerajinan dari bahan bekas merupakan salah satu jenis kerajinan yang ramah lingkungan, dan berkontribusi terhadap upaya daur ulang dan pengurangan limbah. Berikut ini contoh kerajinan dari bahan bekas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas

- Persiapan

Sebelum memulai membuat kerajinan, pastikan botol bekas yang akan digunakan bersih dan kering. Cuci botol bekas dengan air sabun dan bilas hingga bersih. Keringkan botol bekas dengan kain atau lap yang bersih dan kering. Pastikan botol bekas dalam kondisi yang baik tanpa retak atau pecah.

- Pemotongan

Cara membuat kerajinan dari barang bekas menggunakan botol selanjutnya, adalah tentukan desain atau bentuk kerajinan yang ingin dibuat, dan ukur botol bekas dengan ukuran yang diinginkan. Gunting botol bekas dengan hati-hati sesuai dengan desain yang telah ditentukan. Anda bisa gunakan gunting yang tajam dan bersih, agar hasil potongannya rapi dan tidak menggoda. Jangan lupa untuk melindungi tangan anda dengan menggunakan sarung tangan ketika memotong botol bekas.

- Membentuk dan Merapikan Botol Bekas

Setelah botol bekas dipotong, kemudian rapatkan bagian-bagian botol bekas yang telah dipotong dengan menggunakan lem atau perekat yang kuat. Gunakan lem atau perekat yang tepat, agar hasilnya lebih kokoh dan tidak mudah rusak. Pastikan lem atau perekat tersebut telah kering sebelum melanjutkan proses selanjutnya. Jika ingin memberikan tekstur atau menghaluskan tepi botol bekas, gunakan kertas pasir untuk mengamplas tepinya.

- Memberi Warna

Setelah kerajinan terbentuk, gunakan cat semprot atau cat akrilik untuk memberikan warna pada kerajinan. Anda dapat menggabungkan beberapa warna, atau memberikan motif pada kerajinan sesuai dengan selera dan keinginan. Pastikan botol bekas dalam keadaan kering sebelum melakukan proses pengecatan.

- Penyelesaian dan Pemanfaatan

Setelah memberi warna, biarkan cat mengering dan kemudian kerajinan siap digunakan. Jika ingin membuat vas bunga, tambahkan batu atau kerikil pada bagian bawah botol bekas untuk menjaga keseimbangan. Jika ingin membuat lampu hias, tambahkan lampu LED ke dalam botol bekas untuk memberikan cahaya pada kerajinan.

Berikut adalah beberapa ide kerajinan lainnya yang bisa dibuat dari botol bekas:

1. Tempat pensil

2. Hiasan dinding

3. Gantungan kunci

4. Miniatur rumah

5. Pigura

6. Gantungan bunga

7. Pot tanaman

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas

Bahan-bahan:

- Sedotan bekas

- Gunting

- Benang wol atau benang rajut

- Perekat atau lem

Langkah-langkah:

- Siapkan sedotan bekas yang sudah dibersihkan dan kering, dan pastikan sedotan dalam keadaan utuh dan tidak rusak.

- Potong sedotan dengan gunting menjadi potongan-potongan kecil dengan panjang yang sama, di mana panjang sedotan tergantung pada jenis kerajinan tangan yang ingin dibuat.

- Untuk membuat kerajinan yang besar, gunakan sedotan dengan panjang yang lebih panjang. Selanjutnya, ambil tiga potongan sedotan yang telah dipotong dan susun sedotan tersebut membentuk segitiga sama sisi. Pastikan ketiga ujung sedotan berada di tengah segitiga dan sejajar.

- Rekatkan ketiga ujung sedotan tersebut menggunakan perekat atau lem yang kuat dan tahan lama, agar segitiga terbentuk dengan baik. Ulangi langkah 3 dan 4, untuk membuat beberapa segitiga dengan ukuran yang berbeda. Banyaknya segitiga yang harus dibuat, tergantung pada jenis kerajinan tangan yang ingin dibuat.

-  Semakin besar kerajinan, semakin banyak segitiga yang harus dibuat. Satukan segitiga-segitiga tersebut dengan cara mengaitkan potongan-potongan sedotan, menggunakan benang wol atau benang rajut. Caranya dengan menyilangkan dua potongan sedotan dan mengikatkan benang tersebut di sisi-sisi potongan sedotan tersebut.

- Ulangi langkah 6 hingga seluruh segitiga telah terhubung dan membentuk pola atau bentuk yang diinginkan. Pastikan benang rajut atau benang wol yang digunakan, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

- Setelah pola atau bentuk yang diinginkan telah terbentuk, rapatkan ujung-ujung sedotan pada bagian bawah kerajinan dan rekatkan menggunakan perekat atau lem.

- Biarkan perekat atau lem mengering dan kerajinan tangan dari sedotan siap digunakan atau dipajang.

Contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dari sedotan antara lain:

1. Tempat pensil atau pensil lipat

2. Tempat tisu atau kotak tisu

3. Gantungan kunci

4. Hiasan dinding

5. Kalung atau gelang

6. Miniatur replika bangunan atau mobil

Kerajinan tangan dari sedotan dapat dihias menggunakan warna-warna berbeda, dengan mengecat atau melilitkan benang dengan warna yang berbeda pada sedotan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hiasan lain seperti kancing atau manik

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas

- Persiapan Bahan

Siapkan stik es krim bekas yang bersih dan kering. Pastikan stik es krim telah bersih dari sisa-sisa es atau kotoran sebelum digunakan. Anda juga membutuhkan gunting atau cutter untuk memotong stik es krim, lem atau perekat kuat untuk merekatkan stik es krim, dan cat akrilik atau cat semprot jika ingin mewarnai kerajinan.

- Desain

Tentukan desain atau bentuk kerajinan yang ingin dibuat. Anda dapat mencari inspirasi dari internet, atau membuat desain sendiri. Beberapa ide kerajinan yang dapat dibuat dari stik es krim antara lain bingkai foto, kotak penyimpanan, atau miniatur bangunan. Setelah menentukan desain, gambarlah sketsa atau pola kerajinan pada kertas sebagai panduan.

- Potong Stik Es Krim

Potong stik es krim sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan menggunakan gunting atau cutter. Gunakan gunting yang tajam, agar hasilnya rapi dan tidak mudah rusak. Pastikan semua potongan stik es krim memiliki ukuran yang sama agar kerajinan nantinya dapat terlihat rapi.

- Rangkaian Stik Es Krim

Setelah stik es krim dipotong, rangkai stik es krim sesuai dengan desain atau bentuk yang telah ditentukan. Lem atau perekat stik es krim yang telah dipotong dan rapatkan setiap bagian secara perlahan-lahan dan kuat. Pastikan bahwa lem atau perekat telah mengering sebelum memasuki tahap selanjutnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa aksesori seperti kain flanel atau kertas origami untuk membuat kerajinan menjadi lebih menarik.

- Finishing

Setelah kerajinan selesai dirangkai, Anda dapat memberikan cat akrilik atau cat semprot untuk mempercantik tampilannya. Gunakan kuas untuk melukis cat pada kerajinan dan biarkan cat mengering. Anda dapat mengaplikasikan beberapa warna atau motif pada kerajinan untuk membuatnya lebih berwarna dan hidup.

- Penyelesaian dan Pemanfaatan

Setelah cat mengering, kerajinan dari stik es krim siap digunakan. Anda dapat memanfaatkan kerajinan tersebut sebagai bingkai foto, kotak penyimpanan barang-barang kecil, atau hiasan dinding. Pastikan kerajinan telah terpasang dengan kuat dan aman sebelum digunakan.

Berikut adalah beberapa ide kerajinan lainnya yang dapat dibuat dari stik es krim bekas:

- Gantungan kunci

- Miniatur kapal atau perahu

- Hiasan natal

- Tempat lilin

- Kerajinan seni kaligrafi

Selamat mencoba! Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan gunting atau cutter dan lem atau perekat kuat. Jangan lupa juga untuk menyalurkan kreativitas dan imajinasi Anda

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas

- Persiapan Bahan

Siapkan kardus bekas yang bersih dan kering. Kardus bekas dapat berasal dari kotak makanan atau kardus pengiriman. Anda juga membutuhkan gunting atau cutter untuk memotong kardus, perekat atau lem, dan cat akrilik atau cat semprot jika ingin mewarnai kerajinan.

- Desain

Cara membuat kerajinan dari barang bekas selanjutnya, adalah menentukan desain atau bentuk kerajinan yang ingin dibuat. Anda dapat mencari inspirasi dari internet atau membuat desain sendiri. Beberapa ide kerajinan yang dapat dibuat dari kardus antara lain organizer, rak buku, kotak penyimpanan, atau miniatur bangunan. Setelah menentukan desain, gambarlah sketsa atau pola kerajinan pada kertas sebagai panduan.

- Potong Kardus

Potong kardus sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan, menggunakan gunting atau cutter. Gunakan gunting yang tajam agar hasilnya rapi dan tidak mudah rusak. Pastikan semua potongan kardus memiliki ukuran yang sama agar kerajinan nantinya dapat terlihat rapi.

- Rangkaian Kardus

Setelah kardus dipotong, rangkai kardus sesuai dengan desain atau bentuk yang telah ditentukan. Gunakan perekat atau lem khusus untuk merekatkan kardus, rapatkan setiap bagian secara perlahan-lahan dan kuat. Pastikan bahwa lem atau perekat telah mengering sebelum memasuki tahap selanjutnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa aksesori seperti kain flanel atau kertas origami untuk membuat kerajinan menjadi lebih menarik.

- Finishing

Setelah kerajinan selesai dirangkai, Anda dapat memberikan cat akrilik atau cat semprot untuk mempercantik tampilannya. Gunakan kuas untuk melukis cat pada kerajinan dan biarkan cat mengering. Anda dapat mengaplikasikan beberapa warna atau motif pada kerajinan untuk membuatnya lebih berwarna dan hidup.

- Penyelesaian dan Pemanfaatan

Setelah cat mengering, kerajinan dari kardus siap digunakan. Anda dapat memanfaatkan kerajinan tersebut sebagai organizer, rak buku, kotak penyimpanan barang-barang kecil, atau hiasan dinding. Pastikan kerajinan telah terpasang dengan kuat dan aman sebelum digunakan.

Berikut adalah beberapa ide kerajinan lainnya yang dapat dibuat dari kardus bekas:

1. Miniatur furniture

2. Keranjang penyimpanan

3. Hiasan dinding

4. Miniatur pohon Natal

5. Alat peraga belajar

Selamat mencoba! Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan gunting atau cutter dan perekat atau lem. Jangan lupa juga untuk menyalurkan kreativitas dan imajinasi Anda dalam membuat kerajinan dari barang bekas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.