Sukses

3 Doa Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul, Merendahkan Diri di Hadapan Allah

Kumpulan doa sholat hajat agar cepat terkabul dan pasti mustajab.

Liputan6.com, Jakarta - Di dalam untaian doa sholat hajat agar cepat terkabul, umat muslim umumnya akan memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kebutuhan yang diinginkan. Agar cepat terkabul, doa sholat hajat baiknya diiringi dengan merendahkan diri di hadapan Allah. 

Doa sholat hajat agar cepat terkabul adalah bentuk pengakuan bahwa hanya Allah SWT yang dapat memberikan segala sesuatu. Ini juga sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada makhluk ciptaannya.

Dalam buku Fiqih Empat Mazhab oleh Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat. Setelah sholat hajat, kemudian membaca doa sholat hajat agar semakin mustajab.

Melalui doa sholat hajat, seseorang juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT. Termasuk membantu seseorang untuk selalu merendahkan diri dan mengakui keagungan Allah SWT. Ini akan melahirkan rasa tenang dan damai dalam hatinya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang bacaan doa sholat hajat agar cepat terkabul yang dimaksudkan, Rabu (8/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul

Membaca doa sholat Hajat agar cepat terkabul banyak sumber menyebut, dianjurkan sebelum membacanya untuk merendahkan diri dihadapan Allah SWT dengan membaca "Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim" sebanyak 10 kali.

Sebelum membaca doa sholat hajat agar cepat terkabul, dianjurkan pula untuk membaca “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad” yang dibaca sebanyak 10 kali dan membaca doa keselamatan dunia dan akhirat “Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'akhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban nar.”

Umat muslim yang memiliki keinginan atau hajat adalah bisa menunaikan sholat hajat lalu membaca doa sholat hajat agar cepat terkabul. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian sholat dua rakaat (shalat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

1. Doa Sholat Hajat Umum

Ini bacaan doa sholat hajat umum sebagaimana ditahrijkan oleh At-Tiridzi dan Ibnu Majah hadits riwayat Utsman bin Hunaif:

 

إن رجلا ضرير البصري اتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال ادع الله لي انيعافينى فقال ان شئت اخرت لك فهو خير وان شئت دعوت فقال ادعه فامره ان يتوضأ فيحسن وضوءه ويصلى ركعتين ويدعو بهذا الدعاء : اللهم انى اسألك واتوجه اليك بمحمد نبي الرحمة يا محمد انى قد توجهت بك الى ربى فى حاجتى هذه لتقضى. اللهم فشفعه في

Artinya:

Bahwasannya ada seorang laki-laki yang penglihatannya rusak datang kepada Rasulullah saw sambil berkata “do’akanlah kepada Allah untukku, agar disembuhkan-Nya aku ini”.

Rasulullah saw balik menjawab “kalau kamu mau, aku dapat menundanya untukmu dan itu lebih baik, atau kalau kamu mau aku akan mendo’akan” maka orang itupun memohon “doakanlah untukku!”.

Kemudian Rasulullah saw menyuruhnya berwudhu, maka wudhulah orang tersebut dengan baik dan shalat dua raka’at dan berdo’a dengan do’a ini “Allahumma ini as’aluka wa atawajjahu ilaika bi muhammadin nabiyyir rahmah, ya Muhammadu inni qad tawajjahtu bika ila Rabbi fi hajati hazdihi litaqdhi. Allahumma fa syaffi’hu fiyya.”

 

3 dari 3 halaman

Doa Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul Selanjutnya

2. Doa Sholat Hajat Sunnah Rasulullah SAW

Ini doa sholat hajat dengan banyak sumber menyebutkan sebagai sunnah Rasulullah SAW:

 

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya:

Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, Maha Suci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa.

Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

 

 

 

3. Doa Sholat Hajat dari Al-Qur’an

Ini doa sholat hajat yang mengutip dari ayat Al-Qur’an surat al-Qashas ayat 24:

 

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰىٓ اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Rabbbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr

Artinya:

“Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.