Sukses

Fungsi Tulang Pengumpil yang Penting untuk Lengan, Kenali Gangguannya

Fungsi tulang pengumpil sangat penting untuk pergerakan lengan bawah.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi tulang pengumpil sebagai satu di antara beberapa tulang di lengan perlu kamu pahami.  Tulang pengumpil merupakan tulang yang membentuk struktur lengan bawah bersama tulang hasta. Ukurannya lebih kecil namun lebih tebal dibandingkan tulang hasta.

Tulang pengumpil adalah tulang yang terletak di sisi ibu jari manusia. Sementara itu, di sampingnya ada tulang hasta. Tulang ini sangat penting perannya saat kamu mengangkat atau menarik suatu benda dalam beraktivitas.

Fungsi tulang pengumpil sangat penting untuk pergerakan lengan bawah. Tulang pengumpil sangat penting dalam menunjang pergerakan tangan saat kamu beraktivitas. Bila terjadi gangguan pada tulang ini, bisa dipastikan kamu akan kesulitan menggerakkkan tangan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/3/2023) tentang fungsi tulang pengumpil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi Tulang Pengumpil

Fungsi tulang pengumpil sangat penting untuk mengatur pergerakan lengan bawah. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali fungsi tulang pengumpil lainnya, yaitu sebagai berikut:

Mengatur Pergerakan Lengan Bawah

Fungsi tulang pengumpil yang pertama yaitu untuk mengatur pergerakan lengan bawah. Tulang pengumpil mendukung lengan bawah dalam proses gerak, seperti mengangkat benda maupun menopang berat badan saat push up. Tulang pengumpil memungkinkan lengan bawah untuk melakukan gerakan memutar ke dalam dan ke luar serta menekuk dan meregang. Fungsi tulang pengumpil juga membantu gerak lengan mendekati tubuh, menjauhi tubuh, menekuk, meregang, dan memutar. Dukungan dari tulang hasta juga diperlukan untuk menjalankan fungsi tulang pengumpil ini.

Membentuk Struktur Lengan Bagian Bawah

Tulang lengan bagian bawah tersusun atas tulang hasta dan tulang pengumpil. Kedua tulang ini memanjang dari siku hingga pergelangan tangan. Tanpa kedua tulang tersebut, struktur lengan bawah bisa menjadi tidak sempurna. Jadi, fungsi tulang pengumpil yang utama yaitu untuk membentuk struktur lengan bagian bawah.

3 dari 5 halaman

Fungsi Tulang Pengumpil

Membantu Pergerakan Tangan

Fungsi tulang pengumpil juga penting sebagai pendukung gerakan tangan, seperti saat menengadah atau menelungkupkan tangan. Hal ini karena tulang pengumpil adalah tempat melekatnya otot yang mendukung pergerakan tangan. Fungsi tulang pengumpil ini juga didukung oleh tulang dan sendi pergelangan tangan.

Pergerakan Meluruskan dan Menekukkan Tangan

Fungsi tulang pengumpil sangat penting dalam menghasilkan gerakan meluruskan dan menekukkan tangan. Kerja sama antara otot-otot yang melekat di tulang pengumpil dengan persendian di siku mendukung fungsi tulang pengumpil dalam menghasilkan gerakan lain, yaitu gerakan meluruskan dan menekukkan lengan.

4 dari 5 halaman

Fungsi Tulang Pengumpil

Menjadi Tempat Melekatnya Otot

Fungsi tulang pengumpil berikutnya yaitu tempat melekatnya jaringan, seperti otot, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Otot-otot yang melekat pada tulang pengumpil memungkinkan untuk mendukung fungsi utamanya, yaitu pergerakan lengan bawah. Sementara tendon yang melekat di tulang radius berfungsi menghubungkan tulang ke tulang serta membantu sendi dalam keadaan stabil.

Mengenali Tinggi Badan

Fungsi tulang pengumpil lainnya yaitu untuk mengetahui tinggi badan manusia. Hal ini biasanya sangat berguna dalam bidang forensik. Biasanya, hal ini dapat berguna saat terjadi kecelakaan dan tinggi korban sulit untuk diketahui, seperti pada kecelakaa pesawat atau saat kebakaran. Tulang panjang dan kering, seperti tulang paha, lengan atas, kering, dan pengumpil, dapat digunakan untuk perhitungan tinggi badan seseorang.

5 dari 5 halaman

Gangguan pada Tulang Pengumpil

Fungsi tulang pengumpil adakalanya tidak optimal, karena adanya gangguan, seperti cedera. Fungsi tulang pengumpil berisiko mengalami gangguan. Berikut beberapa gangguan pada tulang pengumpil:

Patah Tulang

Tulang pengumpil dapat mengalami retak bahkan patah tulang. Hal ini dapat disebabkan oleh cedera karena olahraga, kecelakaan saat berkendara, ataupun karena terjatuh. Beberapa gejala yang mungkin terjadi pada kondisi ini, seperti nyeri, bengkak, memar, dan adanya tonjolan tulang di tangan. Kondisi patah tulang pengumpil perlu penanganan dokter segera.

Patah tulang ini juga bisa kamu alami pada tulang hasta yang berdekatan dengan tulang pengumpil. Patah tulang lengan bawah diaphyseal, umumnya dikenal sebagai fraktur atau patah tulang pergelangan tangan. Ini adalah salah satu cedera paling umum pada tulang hasta. Meskipun patah tulang ini dapat terjadi sebagai akibat dari banyak alasan yang berhubungan dengan trauma, penyebab utama adalah jatuh pada lengan yang terentang.

Osteoporosis

Tulang pengumpil juga dapat mengalami masalah yang juga terjadi pada tulang lainnya, yaitu osteoporosis. Kondisi ini menandakan tulang pengumpil mengalami penurunan kepadatan tulang. Hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan rentan patah. Biasanya kondisi ini tidak menimbulkan gejala apapun, sampai pengidapnya mengalami patah tulang dan baru diketahui penyakitnya setelah pemeriksaan.

Nursemaid’s Elbow

Ganguan pada tulang pengumpil lainnya yaitu Nursemaid's elbow, kondisi cedera umum yang terjadi pada anak-anak. Kondisi ini terjadi saat tulang pengumpil mengalami dislokasi sebagian di area siku. Anak-anak memiliki ligamen yang lebih kendur dari orang dewasa, sehingga menarik lengan atau tangan secara keras dapat menyebabkan kondisi ini.

Tanda anak mengalami masalah tulang ini adalah anak menangis setelah lengan ditarik dan menghindari untuk menggunakan lengan atas. Nursemaid's elbow termasuk kondisi darurat medis dan memerlukan perawatan segera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.