Sukses

5 Fungsi Tulang Manusia dan Cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi tulang manusia adalah pemberi bentuk tubuh, penopang tubuh, dan masih banyak lagi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi tulang manusia sangat penting bagi kelangsungan hidupnya. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan tulang adalah rangka atau bagian rangka tubuh manusia.

Di dalam tubuh manusia, terdapat lebih dari 200 jenis tulang yang membentuk kerangka manusia. Beberapa contoh tulang manusia yang paling dikenal adalah tulang tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang panggul.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, menjelaskan tulang adalah tempat bertautnya otot, tendon, dan ligamentum. Apa fungsi tulang manusia?

Secara umum, masih melansir dari sumber yang sama bahwa fungsi tulang manusia adalah pemberi bentuk tubuh, penopang tubuh, melindungi organ tubuh yang lunak dan mudah rusak, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang fungsi tulang manusia dan penjelasannya, Jumat (3/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Tulang Manusia dan Penjelasannya

Tulang terdiri dari jaringan ikat yang mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor, sehingga memberikan kekuatan dan kepadatan pada tulang. Tulang memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi, tergantung pada fungsinya dan posisinya dalam tubuh.

Beberapa contoh tulang manusia yang paling dikenal adalah tulang tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang panggul. Kondisi tulang yang tidak sehat, seperti osteoporosis atau cedera tulang, dapat mempengaruhi kesehatan dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Fungsi tulang manusia paling penting adalah mendukung tubuh dan melindungi organ tubuh. Selain itu, tulang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan mineral seperti kalsium dan fosfor.

Tidak hanya yang sudah disebutkan, fungsi tulang manusia yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

- Fungsi Pendukung (Supportive Function)

Fungsi tulang adalah pendukung. Tulang manusia memberikan struktur dan kerangka yang kuat untuk menopang berat tubuh dan menjaga postur tubuh agar tetap tegak.

Health Line mencontohkan fungsi tulang sebagai pendukung adalah seperti menopang tubuh bagian atas untuk berdiri, berjalan, berlari, atau melakukan aktivitas lainnya.

- Fungsi Proteksi (Protective Function)

Fungsi tulang adalah sebagai pelindung. Tulang manusia juga berfungsi melindungi organ vital di dalam tubuh, seperti otak, jantung, paru-paru, dan sumsum tulang belakang.

- Fungsi Pergerakan (Movement Function)

Fungsi tulang adalah sebagai pergerakan. Ini karena tulang manusia bekerja sama dengan sendi dan otot untuk memungkinkan gerakan tubuh.

Setiap tulang memiliki bentuk dan struktur yang berbeda, yang memungkinkan berbagai gerakan seperti membungkuk, menekuk, memutar, dan sebagainya.

- Fungsi Produksi Sel Darah (Hematopoietic Function)

Fungsi tulang adalah tempat produksi sel darah. Ini karena tulang manusia mengandung sumsum tulang, yang merupakan tempat produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

- Fungsi Penyimpanan Mineral (Mineral Storage Function)

Fungsi tulang adalah sebagai tempat penyimpanan mineral seperti kalsium dan fosfor. Mineral-mineral ini dapat dilepaskan ke dalam darah untuk mempertahankan keseimbangan mineral dalam tubuh.

Health Line memaparkan fungsi tulang sebagai penyimpanan maksudnya, ketika tubuh membutuhkan lebih banyak sumber daya, mineral bisa dilepaskan kembali ke aliran darah untuk digunakan atau difungsikan.

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Manusia

Apabila sudah memahami fungsi tulang manusia, kemudian ketahui cara menjaga kesehatan tulang manusia. Ada enam cara menjaga kesehatan tulang manusia yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

- Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dapat ditemukan dalam susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Sedangkan vitamin D sebagai cara menjaga kesehatan tulang manusia, dapat ditemukan dalam ikan, kuning telur, dan sinar matahari.

- Lakukan olahraga teratur

Cara menjaga kesehatan tulang manusia bisa dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau latihan beban dapat membantu memperkuat tulang.

Olahraga juga dapat membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, yang dapat mencegah terjadinya cedera tulang.

- Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol secara berlebihan

Merokok dan minum alkohol dapat memperburuk kepadatan tulang dan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan tulang manusia adalah menghindari kebiasaan buruk ini.

- Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin K

Vitamin K diperlukan untuk membantu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Makanan yang kaya akan vitamin K untuk mendukung cara menjaga kesehatan tulang manusia meliputi brokoli, bayam, kubis, dan kacang-kacangan.

- Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan

Konsumsi gula dan makanan olahan dapat memicu peradangan di tubuh, yang dapat merusak jaringan tulang dan memperburuk kondisi osteoporosis. Maka dari itu cara menjaga kesehatan tulang manusia adalah mengurangi konsumsi gula dan makanan olahan lainnya.

- Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mengidentifikasi masalah tulang yang mungkin terjadi lebih awal dan memungkinkan untuk segera mengambil tindakan pencegahan atau pengobatan yang diperlukan.

Ini cara menjaga kesehatan tulang manusia yang tidak kalah penting daripada menerapkan gaya hidup sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.