Sukses

Siapa Orang Pertama yang Masuk Surga? Ini Jawabannya

jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul tentang surga

Liputan6.com, Jakarta Siapa orang pertama yang masuk surga mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang kerap muncul. Bersamaan dengan pertanyaan-pertanyaan lain tentang surga, neraka dan hari kiamat. Banyak pertanyaan yang diajukan baik oleh muslim maupun non Muslim, untuk mendapatkan jawaban tentang bagaimana cara agar dapat masuk ke dalam surga Allah.

Jawaban dari pertanyaan tentang siapa orang pertama yang masuk surga dan bagaimana cara mendapatkan surga sangat sederhana tetapi tidak mudah dilakukan. Syaratnya adalah menaati Allah dan menjauhi perbuatan buruk. Untuk melakukannya dengan benar, setiap umat muslim dapat mencontoh segala perilaku yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Surga adalah penghargaan yang nyata dan berharga bagi mereka yang melakukan usaha besar selama hidup mereka. Mereka yang layak mendapatkan surga adalah mereka yang memiliki keyakinan kepada Allah dan rasul-Nya dengan hati mereka. Tetapi anda harus tahu bahwa rahmat Allah adalah rahasia penerimaan upaya anda.

Lantas siapa orang pertama yang masuk surga? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul tentang surga Allah dari berbagai sumber pada Senin (27/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa Orang Pertama Yang Masuk Surga? 

Anas bin Malik menerangkan Rasulullah SAW berkata:

Aku akan datang ke gerbang surga pada Hari Kebangkitan dan akan mencari pembukaannya dan penjaga akan berkata, "Siapa kamu?" Saya akan berkata, “Muhammad.” Dia kemudian akan berkata, "Ini untuk Anda bahwa saya telah diperintahkan dan tidak membukanya untuk siapa pun sebelum Anda."

Nabi Muhammad SAW akan menjadi orang pertama yang memasuki Jannah atau surga yang diriwayatkan melalui hadits shahih yang penjaganya tidak akan mengizinkan orang lain masuk. Dari umatnya, sahabatnya akan menjadi orang pertama yang masuk Jannah.

Abu Hurairah meriwayatkan: Rasulullah SAW berkata:

"Jibril datang dan memegang tanganku menunjukkan kepadaku gerbang jannah (surga) yang akan dimasuki umatku." Abu Bakar kemudian berkata: “Rasul Allah! Saya berharap saya telah bersama Anda sehingga saya dapat melihatnya. Rasulullah SAW kemudian berkata: "Kamu, Abu Bakar, akan menjadi orang pertama dari umatku yang masuk surga." (Abu Dawud)

Sementara hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulilah berkata:

Kami adalah umat terakhir, namun pertama pada hari kiamat. Kamilah yang pertama kali masuk surga. Walaupun mereka mendapatkan kitab suci sebelum kami dan kami mendapatkan kitab suci setelah mereka. Lalu mereka berselisih dan kami ditunjukkan Allah kepada kebenaran dalam hal yang mereka perselisihkan. Inilah hari mereka, yang mereka berselisih padanya, dan Allah tunjukkan kepada kita”. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda lagi: “Hari Jum’at, adalah hari kita, dan esoknya hari Yahudi, dan setelah esok adalah hari Nasrani. (HR Muslim).

Jadi, orang yang pertama masuk surga adalah Nabi Muhammad SAW. Sementara umat yang pertama masuk surga adalah umat Muslim.

Seperti Apa Gambaran Surga?

Sahl bin Sa'd RA berkata:

“Saya berada di perusahaan Nabi Muhammad SAW. Dia memberikan gambaran tentang Jannah dan menyimpulkan dengan kata-kata ini, “Akan ada karunia yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah dirasakan oleh hati manusia.”

Dia kemudian membacakan Ayat ini:

“Sisi mereka meninggalkan tempat tidur mereka, untuk memanggil Rub mereka dalam ketakutan dan harapan, dan mereka menafkahkan (dalam amal di jalan Allah) dari apa yang telah Kami berikan kepada mereka. Tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan bagi mereka kesenangan…”  (32:16,17)

Ada beberapa gambaran yang telah dijelaskan tentang penampakkan surga, yaitu : 

1. Malaikat akan menyapa mereka dan tidak ada kebencian atau kemarahan di surga

2. Banyak taman yang indah dengan tanaman hijau, bunga, dan air yang mengalir

3. Anda dapat menemukan keluarga dan teman-teman anda

4. Hidup nyaman dan keinginan tanpa akhir menjadi kenyataan

5. Akan ada banyak makanan dan minuman tanpa batas

3 dari 4 halaman

Apa Saja 7 Tingkat Surga?

Surga memiliki tujuh tingkat dan setiap tingkat terdiri dari 100 tingkatan. Menurut perbuatan orang tersebut, Firdaus juga dipahami sebagai bagian Jannah tertinggi dan terdekat dengan Allah tepat di bawah singgasananya:

1. Jannatul Ma'wa

Surat As-Sajdah Ayat 19

أَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلْمَأْوَىٰ نُزُلًۢا بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan

 

2. Darul Maqaam

Surat Fatir Ayat 35

ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

Artinya: Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu".

 

3. Darul Salaam

Surat Al-An’am Ayat 127

۞ لَهُمْ دَارُ ٱلسَّلَٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.

 

4. Darul Khuld 

Surat Al-Furqan Ayat 15

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ ٱلْخُلْدِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَآءً وَمَصِيرًا

Artinya: Katakanlah: "Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?" Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?".

 

5. Jannat Adan

Surat As-Shaff Ayat 12

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ وَمَسَٰكِنَ طَيِّبَةً فِى جَنَّٰتِ عَدْنٍ ۚ ذَٰلِكَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Artinya: Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar.

 

6. Jannat-ul-Naim

Surat Yunus Ayat 9

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ يَهْدِيهِمْ رَبُّهُم بِإِيمَٰنِهِمْ ۖ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُ فِى جَنَّٰتِ ٱلنَّعِيمِ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan.

 

7. Jannat-ul-Firdous:

Surat Al-Kahfi Ayat 107

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal

4 dari 4 halaman

Apa Dosa yang Tidak Terampuni dalam Islam?

Semua dosa dapat diampuni kecuali bahwa anda menyembah siapa pun atau apa pun selain Allah. Tidak diperbolehkan dalam Islam untuk berbagi Allah dengan mitra mana pun. Jika orang tersebut tidak bertaubat dan berhenti memikirkan hal ini, dia tidak akan pernah masuk Jannah. 

Dalam Islam, ini disebut prinsip tauhid (At-Tauhid). Allah mengungkapkan makna itu dalam Surat Al-Ikhlas:

“Katakanlah: Dialah Allah, [yang] Esa(1) Allah, Pelindung Yang Abadi(2) Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan(3) Dan tidak ada yang setara bagi-Nya(4)”

Juga, kita harus tahu siapa yang akan menjadi orang terakhir yang masuk Jannah dan bagaimana caranya. Ketika Allah mengakhiri penghakiman di antara semua orang untuk mendapatkan apa yang pantas mereka terima, Dia mencari mereka yang masih di neraka. 

Allah Yang Maha Penyayang, bertanya kepada para malaikatnya apakah ada orang yang tidak menyembah selain Allah untuk mengeluarkannya dari neraka. Kemudian setelah itu, akan ada satu orang yang tersisa, menghadap api, dan dia akan menjadi orang terakhir yang masuk Jannah. 

Orang terakhir ini akan terus memohon kepada Allah untuk mengampuninya dan mengeluarkannya dari neraka. Orang ini juga Muslim tetapi melakukan banyak dosa selama hidupnya, namun Allah akhirnya akan mengirimnya ke Jannah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.