Sukses

12 Manfaat Ekstrak Kulit Manggis untuk Pelihara Kesehatan, Turunkan Resiko Kanker

Manfaat ekstrak kulit manggis diperoleh dari kulit buah manggis yang mengandung senyawa xanthone, yang merupakan salah satu senyawa aktif yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Ekstrak kulit manggis merupakan bahan herbal yang banyak digunakan sebagai alternatif untuk memelihara kesehatan. Manfaat ekstrak kulit manggis diperoleh dari kulit buah manggis yang mengandung senyawa xanthone, yang merupakan salah satu senyawa aktif yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat ekstrak kulit manggis memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Selain itu, senyawa xanthone juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur, yang dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Manfaat ekstrak kulit manggis yang dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko terkena infeksi dan peradangan, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan membantu mengatasi gangguan tidur. Berikut manfaat ekstrak kulit manggis yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis

Meskipun ekstrak kulit manggis dapat menjadi alternatif bahan herbal yang efektif untuk memelihara kesehatan, tetap perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok mengonsumsinya. Dosis yang tepat juga dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing individu. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi ekstrak kulit manggis atau suplemen lainnya sebagai bagian dari program perawatan kesehatan. Berikut manfaat ekstrak kulit manggis.

1. Mencegah Kerusakan Sel 

Manfaat ekstrak kulit manggis terbukti efektif mencegah kerusakan sel. Ekstrak kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat, seperti xanthone dan vitamin C, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan sel dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Senyawa antioksidan dalam ekstrak kulit manggis membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan tersebut.

2. Mengurangi Peradangan 

Ekstrak kulit manggis juga mengandung senyawa xanthone yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri sendi dan masalah pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Senyawa antioksidan dalam ekstrak kulit manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat ekstrak kulit manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol "jahat"), yang dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan 

Ekstrak kulit manggis mengandung serat, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Senyawa xanthone juga diketahui dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis

5. Mencegah Infeksi 

Ekstrak kulit manggis mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh. Senyawa xanthone juga diketahui dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu melawan infeksi.

6. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat ekstrak kulit manggis dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gangguan tidur, seperti insomnia. Senyawa xanthone dalam kulit manggis diyakini dapat membantu meningkatkan rasa nyaman dan tenang.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Manfaat ekstrak kulit manggis dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Senyawa xanthone dalam ekstrak kulit manggis diketahui dapat membantu meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

8. Mengurangi Resiko Kanker 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat ekstrak kulit manggis ampuh menurunkan resiko kanker. Senyawa xanthone dalam ekstrak kulit manggis dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radiasi dan bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

4 dari 4 halaman

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis

9. Menjaga Kesehatan Kulit 

Ekstrak kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Senyawa ini juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, dan meningkatkan produksi kolagen.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Senyawa xanthone dalam ekstrak kulit manggis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, manfaat ekstrak kulit manggis yang berasal dari senyawa ini juga dapat membantu meningkatkan energi dan stamina.

11. Membantu Mengatasi Depresi dan Kecemasan 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Senyawa xanthone dalam kulit manggis diyakini dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dan dopamin dalam otak, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meredakan stres.

12. Meningkatkan Fungsi Otak 

Senyawa xanthone dalam ekstrak kulit manggis dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk memori, konsentrasi, dan kemampuan belajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.