Sukses

9 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat, Pengobatan yang Aman dan Murah

Cara mengatasi asam lambung naik sendiri di rumah yang aman dan juga mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi asam lambung naik tidak selalu harus dengan menggunakan obat, pada kenyataannya ada banyak cara mengatasi asam lambung naik lainnya, yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Cara mengatasi asam lambung naik rumahan ini terbilang cukup efektif dalam mengatasi berbagai gejala yang disebabkan oleh asam lambung naik.

Asam lambung naik dapat terjadi ketika katup antara kerongkongan dan lambung melemah atau mengalami ganggua

n. Kondisi ini kemudian membuat asam lambung dapat naik ke bagian kerongkongan dan menyebabkan berbagai gejala seperti mual dan juga nyeri pada ulu hati. Asam lambung naik juga kadangkala menyebabkan sensasi terbakar di dada anda.

Saat menyerang, asam lambung naik dapat berlangsung hanya beberapa menit atau selama beberapa jam. Keduanya bisa menjadi sangat tidak nyaman untuk mereka yang menderitanya, dan dalam kondisi tertentu anda mungkin tidak sempat untuk mencari obat untuk mengatasinya. Disinilah cara mengatasi asam lambung naik tanpa obat dapat membantu anda.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (23/2/2023), cara mengatasi asam lambung naik sendiri di rumah yang aman dan juga mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asam Lambung Naik

Menurut American College of Gastroenterology, asam lambung diperlukan untuk memecah makanan yang anda makan, sesuatu yang tidak sulit ditangani oleh perut anda. Kerongkongan anda, di sisi lain, dapat dengan mudah teriritasi olehnya. 

Untuk menjaga asam lambung di perut anda dan tidak keluar dari kerongkongan anda, cincin otot melingkar di dasar tabung, yang disebut sfingter esofagus bagian bawah, bertindak sebagai katup. Saat katup ini rileks, makanan yang telah anda konsumsi dibiarkan melewati perut anda. 

Saat berkontraksi, katup ini mencegah makanan dan asam ini naik ke kerongkongan anda. Jika katup ini mengendur secara tidak normal dan asam lambung dibiarkan mengalir kembali ke kerongkongan, refluks asam terjadi. Mulas adalah gejala yang paling terkenal dan jelas.

Gejala yang ditimbulkan bisa terasa berbeda tergantung pada tingkat keparahannya, tetapi gejala sakit asam lambung naik meliputi:

- Sensasi terbakar di dada, di belakang tulang dada

- Nyeri terbakar yang naik ke arah tenggorokan anda

- Memiliki rasa pahit atau asam di mulut anda

Refluks asam dan mulas terkadang disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya, atau bahkan obat yang anda minum dalam beberapa kasus. Tapi, lebih sering daripada tidak, mereka dipicu oleh hal-hal seperti diet dan pilihan gaya hidup anda, membuat serangan maag sesekali cukup umum.

Pemicu asam lambung naik yang umum meliputi:

- Makan berlebihan atau makan terlalu cepat

- Berbaring terlalu cepat setelah makan

- Mengonsumsi makanan tertentu

- Kelebihan berat badan

- Merokok

- Stres dan kecemasan

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Jika anda mencoba menghindari asam lambung naik atau menghilangkan mulas dengan cepat, berikut adalah sembilan cara mengatasi asam lambung naik tanpa obat yang bisa anda lakukan. 

1. Buat jurnal makanan dan hindari makanan pemicu

Seperti yang telah disebutkan, makanan dan minuman tertentu dapat memicu refluks asam dan mulas. Anda dapat membantu mengidentifikasi makanan tertentu yang paling mungkin menimbulkan masalah dengan menyimpan catatan makanan dan gejala. Setelah anda mengidentifikasinya, hindari makanan dan minuman ini jika memungkinkan.

2. Tahan keinginan untuk makan berlebihan atau makan dengan cepat

Dalam hal mencegah, memperhatikan ukuran porsi saat makan bisa sangat membantu. Memiliki sejumlah besar makanan di perut anda dapat memberi tekanan lebih pada katup yang membuat asam lambung keluar dari kerongkongan anda, membuat refluks asam dan mulas lebih mungkin terjadi. Jika anda rentan terhadap mulas, pertimbangkan untuk makan lebih sering dalam porsi kecil. Makan dengan cepat juga bisa menjadi pemicu mulas jadi pastikan untuk memperlambat dan meluangkan waktu untuk mengunyah makanan dan minuman.

3. Hindari makan malam, ngemil sebelum tidur dan makan sebelum berolahraga

Berbaring dengan perut penuh makanan bisa memicu naiknya asam lambung dan memperparah gejala sakit maag. Hindari makan dalam waktu 3 jam dari waktu tidur anda sehingga perut anda memiliki banyak waktu untuk dikosongkan. Anda mungkin juga ingin menunggu setidaknya dua jam sebelum berolahraga.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

4. Makan makanan alkali, seperti pisang matang

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang menjadikannya makanan yang cukup basa. Jadi pisang dapat membantu menangkal asam lambung yang mengiritasi kerongkongan anda. Namun, perlu diingat bahwa pisang mentah kurang basa, banyak mengandung pati, dan sebenarnya dapat menjadi pemicu refluks asam bagi sebagian orang. Jadi pastikan memilih pisang yang sudah matang.

5. Kunyah permen karet tanpa gula setelah makan

Mengunyah permen karet meningkatkan air liur, yang menetralkan asam, menenangkan kerongkongan, dan mencuci asam kembali ke perut. Hindari rasa peppermint, yang dapat memicu mulas.

6. Sesuaikan posisi tidur anda

Meninggikan kepala dan dada anda lebih tinggi dari kaki anda saat tidur dapat membantu mencegah dan meredakan asam lambung naik dan mulas. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan baji busa yang diletakkan di bawah kasur atau dengan meninggikan tiang ranjang menggunakan balok kayu. Berhati-hatilah dengan menumpuk bantal, karena ini biasanya tidak efektif dan bahkan dapat memperburuk gejala anda. Selain itu, tidur miring ke kiri dianggap membantu pencernaan dan dapat bekerja untuk membatasi refluks asam lambung.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

7. Ambil langkah-langkah untuk menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan memberi tekanan ekstra pada perut anda, meningkatkan risiko refluks asam dan mulas. Makan makanan yang seimbang dan melakukan aktivitas fisik 150 menit per minggu adalah dua langkah pertama untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan berat badan berlebih.

8. Berhenti merokok jika anda merokok

Merokok mengurangi jumlah air liur yang dihasilkan dan berdampak pada efektivitas katup yang mencegah asam lambung masuk ke kerongkongan, yang keduanya membuat mulas lebih mungkin terjadi. Berhenti merokok dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan refluks asam dan, dalam beberapa kasus, bahkan menghilangkannya.

9. Mengurangi stres

Stres kronis berdampak buruk pada tubuh anda, termasuk memperlambat pencernaan dan membuat anda lebih sensitif terhadap rasa sakit. Semakin lama makanan berada di perut anda, semakin besar kemungkinan asam lambung mengalami refluks. Selain itu, memiliki kepekaan yang meningkat terhadap rasa sakit dapat membuat anda merasakan rasa sakit yang membakar dari mulas lebih intens. Mengambil langkah-langkah untuk mengurangi stres dapat membantu mencegah atau meringankan efek refluks asam dan mulas.

6 dari 6 halaman

Mengatasi Asam Lambung Naik Parah yang Sering Terjadi

Mengatasi Asam Lambung Naik Parah yang Sering Terjadi

Untuk asam lambung naik ringan yang hanya sesekali terjadi, obat bebas seperti antasida dan penghambat histamin dapat membantu meringankan gejala. Selalu baca label produk sebelum mengonsumsi antasida atau penghambat histamin dan jangan pernah mengonsumsi dosis yang lebih besar atau mengonsumsi dosis lebih sering dari yang diarahkan.

Namun, jika anda sering mengalami sakit maag, konsultasikan dengan dokter anda sebelum minum obat sakit maag secara teratur karena obat ini dapat mengganggu banyak obat lain dan memengaruhi kondisi kesehatan mendasar yang mungkin anda miliki.

Jika anda mengalami mulas yang parah, serta jika terus berlanjut atau memburuk setelah mengambil langkah-langkah untuk meredakannya, konsultasikan dengan dokter anda. Dalam beberapa kasus, mulas bisa menjadi tanda kondisi yang mendasarinya, seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD), atau mungkin efek samping dari obat yang anda minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.