Sukses

Balasan Jazakallah Khairan, Pahami Juga Makna di Dalamnya

Arti dan makna Jazakallah Khairan beserta balasan Jazakallah Khairan.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum mengetahui balasan Jazakallah Khairan, penting untuk mengetahui juga arti dari Jazakallah Khairan. Jazakallah Khairan merupakan salah satu kalimat yang kerap kita dengar belakangan ini, Jazakallah Khairan sendiri merupakan ungkapan bahasa Arab untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih. 

Jazakallah Khairan memiliki makna yang lebih dalam karena selain sebagai ungkapan atas rasa syukur dan terima kasih. Jazakallah Khairan juga merupakan ungkapan doa baik untuk individu lain. Oleh karena itu, balasan Jazakallah Khairan berbeda dengan balasan ucapan terima kasih lainnya, dimana balasan Jazakallah Khairan umumnya mengaminkan dan mendoakan balik.

Memiliki makna yang dalam, tentu memahami arti dan makna di balik ucapan Jazakallah Khairan merupakan hal yang bermanfaat, untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengetahui balasan Jazakallah Khairan juga menjadi hal yang bermanfaat untuk dapat membalas Jazakallah Khairan dengan kebaikan yang sama.

Lantas apa balasan Jazakallah Khairan? Untuk lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (21/2/2023). Arti dan makna Jazakallah Khairan beserta balasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti dan Makna Jazakallah Khairan

Arti dan Makna Jazakallah Khairan

Umat ​​Islam menggunakan ungkapan bahasa Arab, Jazakallah Khairan untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih mereka. Mengucapkan Jazakallah Khairan adalah memohon kepada Allah untuk mengirimkan berkah atau kebaikan pada individu, bukan sekadar bersyukur, yang merupakan ungkapan bahasa Arab Syukron.

Jazakallah adalah kata Arab yang digunakan oleh umat Islam sebagai ekspresi Islam untuk menunjukkan rasa syukur atau terima kasih. Ini mirip dengan kata Arab. Shukran yang berarti terima kasih, tetapi lebih baik bagi seorang Muslim untuk mengatakan Jazak Allahu Khayran karena meminta Allah untuk melimpahkan berkah atau kebaikan kepada individu daripada hanya mengucapkan terima kasih.

“Semoga Allah membalas anda,” adalah satu-satunya arti komprehensif dari frase bahasa Arab “Jazakallah Khairan” yang juga dapat berarti “semoga Allah membalas anda dengan kebaikan yang sama” Jadi secara keseluruhan, Jazakallah Khairan berarti “Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan”.

Adalah umum bagi Muslim non-Arab untuk mengatakan singkatan dari Jazakallah Khairan, karena lebih mudah diingat. Jazakallah, meskipun penerima mengerti apa yang anda katakan, mengubah makna dari apa yang anda ungkapkan. Menurut hadits, seseorang harus selalu mengucapkan seluruh kalimat.

3 dari 5 halaman

Balasan Jazakallah Khairan

Balasan Jazakallah Khairan

Ketika seseorang melakukan sesuatu yang luar biasa untuk kita, paling tidak yang bisa kita lakukan adalah mengucapkan “Jazakallah” (terima kasih) karena umat Islam diajarkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang menunjukkan kasih sayang kepada mereka. “Jazakallah Khairan” (terima kasih). 

Ini adalah cara untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda dan membuat orang yang membantu Anda merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Jika Anda memiliki anak, pasangan, atau teman dekat, ini merupakan pertimbangan yang sangat penting. 

Jika seseorang benar-benar menghargai tindakan seseorang, mereka cenderung mengulanginya di masa mendatang. Menyepelekan sesuatu dapat menyebabkan kurangnya umpan balik untuk tindakan kita jika kita terbiasa dengannya.

Tanggapan yang tepat untuk seseorang yang mengucapkan Jazakallah adalah wa iyyaka (untuk laki-laki) dan wa iyyaki (untuk perempuan), untuk jamak wa iyyakum (bahasa Arab: وإيّاكم). Ini berarti dan bagi Anda juga.  Wa Antum fa Jazakumullahu khayran merupakan jawaban yang lebih formal yang artinya “Dan kamu juga, Semoga Allah membalas dengan Kebaikan”.

4 dari 5 halaman

Hadist Jazakallah Khairan

Hadis Jazakallah Khairan

Hadits mengucapkan Jazakallah Khair:

Usamah bin Zaid (Semoga Allah meridhoi mereka) melaporkan: Rasulullah SAW berkata, “Dia yang disukai oleh orang lain dan mengatakan kepada dermawannya: `Jazak-Allah khairan (semoga Allah membalas Anda dengan baik)' memang memuji (dermawan) dengan memuaskan.” Riyad As-Salihin – [At-Tirmidzi]

Hadits tentang Memuji Kebaikan:

Usamah bin Zaid meriwayatkan bahwa Rasulullah (saw) bersabda: “Barang siapa yang berbuat baik kepadanya, lalu dia berkata: 'Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan', maka dia telah melakukan yang terbaik yang bisa dia puji.” Hasan (Darussalam)

Dari hadits tersebut memberitahu umat Islam untuk membalas kebaikan, maka ketika seseorang berbuat baik kepadanya paling tidak yang bisa kita lakukan adalah mengucapkan Jazakallah Khairan. Itu adalah tanda penghargaan dan dapat membuat orang yang membantu anda merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. 

Jazakallah Khairan sangat penting jika anda memiliki anak, pasangan, atau teman dekat. Suatu perilaku jika dihargai dengan tulus maka kemungkinan besar akan diulangi di masa depan. Jika kita terbiasa dan menerima begitu saja maka tidak ada umpan balik untuk tindakan berulang. 

5 dari 5 halaman

Contoh Kalimat Jazakallah Khairan

Contoh Kalimat Jazakallah Khairan

Cara terbaik untuk mempelajari bagaimana menggunakan Jazakallah Khairan dengan benar dalam sebuah kalimat adalah dengan melihat bagaimana Muslim secara alami menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Berikut contoh-contoh penggunaan Jazakallah Khairan dalam kalimat

Contoh 1 : 

Kata-katamu begitu menenangkan & berbicara kepada jiwa… tidak bisa mengalami ini di waktu yang lebih baik dari sekarang. Saya sangat membutuhkan ini. Jazakallah Khairan.

Contoh 2 : 

Ameen In Shaa Allah Jazakallah Khairan sangat menghargainya.

Contoh 3 :

Kami masih mencari lebih banyak komunitas untuk melakukan lebih banyak bagi semua yang berdonasi. Jazakallah Khairan

Contoh 4 :

Ameen ya Rabb.. mohon doanya agar cepat sembuh ya kak… Jazakallah Khairan

Contoh 5 :

Jazakallah Khairan kepada anda semua sekali lagi untuk mendukung kami, menjaga kami dan proyek dalam doa anda selama bulan yang penuh berkah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.