Sukses

Penampakan Ruang Tersunyi di Dunia, Bisa Bikin Orang Berhalusinasi

Saking heningnya, dapat mendengar organ dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang menyukai suasana yang sepi dan privat, jauh dari keramaian. Menuru beberapa orang, menikmati waktu sendirian dapat membantu menenangkan pikirannya. Terkadang memang seseorang butuh sepi untuk bisa kembali menata hati dan jiwanya.

Namun ada pula orang yang suka keramaian, tidak bisa sendiri dan tenang. Ia suka dengan keramaian, dan menganggap sepi adalah sesuatu yang tidak seru. Orang yang menyukai keramaian ini tentu tidak cocok berada di tempat yang sunyi dan tenang. Seperti pada ruang sunyi di dunia yang dibangun oleh Microsoft ini.

Ruang bernama Anechoic itu memegang rekor Guinness untuk ruangan paling sunyi di dunia. Diketahui hanya sedikit orang yang bisa bertahan dalam ruangan ini untuk waktu yang lama. Menurut catatan, paling lama hanya bertahan selama satu jam. Ruang tersunyi di dunia itu sering dianggap aneh karena kabarnya menyebabkan orang mulai berhalusinasi.

Mungkin di zaman sekarang segala sesuatu bergerak dengan kecepatan yang membuat semua mendambakan sedikit kedamaian dan ketenangan dari waktu ke waktu. Namun nyatanya keheningan mutlak benar-benar menakutkan. Berikut cerita selengkapanya dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Selasa (21/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terlalu Hening hingga Bisa Mendengar Organ Dalam Tubuh

Dengan nilai -20,35 dBA (desibel dalam kelas A), ruangan ini menghentikan semua kebisingan luar, membuat suara apa pun yang dihasilkan di dalam terdengar sangat menakutkan. Ruangan yang sunyi biasanya maksimal memiliki nilai 0 desibel. Ruang anechoic di kantor pusat Microsoft itu di bawah ambang batas pendengaran manusia.

"Begitu seseorang memasuki ruangan, langsung merasakan sensasi aneh dan unik yang sulit untuk dijelaskan," kata Hundraj Gopal, seorang ilmuwan pidato dan pendengaran, dan perancang ruang anechoic Microsoft, seperti dikutip Liputan6.com dari Oddity Central, Selasa (21/2/2023).

Begitu berada di dalam ruang anechoic, tanpa suara latar sama sekali, telinga beradaptasi untuk mendeteksi suara yang paling lemah sekalipun, hingga berbagai hal menjadi aneh dengan sangat cepat. Saking heningnya, di dalam ruangan itu kamu akan mendengar detak jantung diri sendiri dalam beberapa menit pertama.

Kemudian, pada menit berikutnya, kamu bisa mendengarkan bunyi suara tulang sendiri bergesekan dan suara darah mengalir di dalam tubuh. Namun, ternyata bisa mendengar dengan jelas organ dalam kamu bukanlah sensasi yang menyenangkan.

Keheningan total tersebut pun dapat membuat seseorang kehilangan keseimbangan karena kurangnya gema di ruangan. Hal itu akan mengganggu kesadaraan spasial manusia hingga berhalusinasi.

3 dari 3 halaman

Tidak Dibuka Untuk Umum

Ruang anechoic Microsoft terdiri dari enam lapisan beton dan baja dan berada di atas serangkaian pegas peredam getaran. Di dalam, irisan fiberglass menutupi dinding dan langit-langit, untuk memecah suara sebelum dapat memantul kembali. Lantai terdiri dari kabel penyerap suara yang ditangguhkan.

Seluruh tempat juga terputus dari sisa bangunan dan dunia luar, untuk mengurangi kemungkinan adanya suara yang masuk ke dalam. Mereka yang cukup berani untuk menguji diri mereka sendiri di ruang paling sunyi di dunia akan kecewa mengetahui bahwa ruang anechoic Microsoft tidak terbuka untuk umum.

Hal ini digunakan oleh teknologi untuk menguji berbagai gadget audio, seperti mikrofon, penerima, dan speaker, dan untuk menguji klik dan dengungan perangkat komputasi lainnya. Namun, jika kamu dapat menerima hal terbaik berikutnya, bekas ruangan tersunyi di dunia, ruang anechoic di Orfield Labs di Minneapolis sebenarnya terbuka untuk umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.