Sukses

Nama-Nama Surga dalam Al-Qur'an, Pahami Juga Dalil-Dalilnya

Nama-nama surga dalam Al-Qur'an beserta dengan dalil-dalilnya.

Liputan6.com, Jakarta Nama-nama surga dalam Al-Qur'an tidak hanya menggambarkan kondisi dari surga yang diciptakan Allah SWT, namun juga menjelaskan penghuni dari nama-nama surga dalam Al-Qur'an yang ada. Kata surga sendiri merupakan nama yang diberikan dan dikenal oleh manusia, sedangkan dalam Al-Qur'an terdapat nama-nama lain yang digunakan untuk menggambarkan surga.

Nama-nama surga dalam Al-Qur'an juga menggambarkan keindahan dari surga yang Allah janjikan kepada umatnya. Surga atau yang juga dikenal dengan nama jannah dalam Islam, merupakan hadiah bagi umat manusia yang mengikuti semua aturan yang ditetapkan oleh Allah, dan menghindari segala larangannya. 

Terdapat sejumlah nama-nama surga dalam Al-Qur'an yang penting untuk diketahui oleh umat muslim. Mengetahui nama-nama surga dalam Al-Qur'an ini dapat meningkatkan keimanan dengan memotivasi kita untuk mencapai surga Allah. 

Lantas apa saja nama-nama surga dalam Al-Qur'an? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (20/2/2023), Nama-nama surga dalam Al-Qur'an beserta dengan dalil-dalilnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gambaran Surga dalam Islam

Gambaran Surga dalam Islam

Surga dan Neraka adalah tema yang sering diulang-ulang dalam Al-Qur'an, karena berfungsi sebagai pengingat bagi umat manusia tentang sifat sementara dunia ini. Seseorang akan dimintai pertanggungjawaban atas tindakannya selama hidupnya di bumi ini, dan pada akhirnya, dia akan berakhir di Surga atau Neraka. 

Penyebutan tempat-tempat tersebut dalam Al-Qur'an dapat menjadi motivasi bagi manusia untuk berbuat baik dan menghindari keburukan. Di bawah ini hanya segelintir ayat khusus tentang Surga. Mereka melukiskan gambaran indah dari pemandangan yang menanti mereka yang menghabiskan hidup mereka melakukan perbuatan baik.

Surat Al-Baqarah Ayat 25

وَبَشِّرِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ ۖ كُلَّمَا رُزِقُوا۟ مِنْهَا مِن ثَمَرَةٍ رِّزْقًا ۙ قَالُوا۟ هَٰذَا ٱلَّذِى رُزِقْنَا مِن قَبْلُ ۖ وَأُتُوا۟ بِهِۦ مُتَشَٰبِهًا ۖ وَلَهُمْ فِيهَآ أَزْوَٰجٌ مُّطَهَّرَةٌ ۖ وَهُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ

Artinya: Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu". Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.

Surat At-Taubah Ayat 21

يُبَشِّرُهُمْ رَبُّهُم بِرَحْمَةٍ مِّنْهُ وَرِضْوَٰنٍ وَجَنَّٰتٍ لَّهُمْ فِيهَا نَعِيمٌ مُّقِيمٌ

Artinya: Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari pada-Nya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal,

Imbalan yang paling besar adalah keridhaan Tuhan, karena itulah yang diusahakan oleh setiap Muslim yang taat. Surga adalah hasil dari kesenangan itu, tetapi pada akhirnya persetujuan, cinta, dan kabar gembira-Nya adalah apa yang ingin kita capai.

Surat Yunus Ayat 9

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ يَهْدِيهِمْ رَبُّهُم بِإِيمَٰنِهِمْ ۖ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُ فِى جَنَّٰتِ ٱلنَّعِيمِ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan.

Sepasang ayat ini menyoroti seperti apa kondisi di Surga nantinya yang damai. Bagi seorang mukmin yang bekerja dalam hidup ini untuk menyenangkan Allah, tidak ada kenyamanan dan kesenangan yang lebih besar daripada mendengar salam damai dari Tuhannya di tempat tinggal tertinggi di Surga.

Surat Al-Kahfi Ayat 31

أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ جَنَّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُندُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِـِٔينَ فِيهَا عَلَى ٱلْأَرَآئِكِ ۚ نِعْمَ ٱلثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

Artinya: Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah;

Dalam ayat di atas, kita mendapatkan gambaran yang nyata dan terperinci tentang apa yang akan dihias oleh penghuni surga, yaitu emas dan sutra. Mereka akan berada di tempat yang paling nyaman dan mewah untuk selama-lamanya.

3 dari 4 halaman

Nama-Nama Surga dalam Al-Qur'an

1. Surga ‘Adn

Surga ‘Adn adalah Surga ini dijelaskan dalam surat At-Taubah ayat 72. Di dalam surat tersebut sedikit mengulas tentang surga ‘Adn. yang juga membahas mengenai orang-orang yang pantas untuk masuk ke dalam surga ‘Adn.

Surat At-Taubah Ayat 72

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا وَمَسَٰكِنَ طَيِّبَةً فِى جَنَّٰتِ عَدْنٍ ۚ وَرِضْوَٰنٌ مِّنَ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Artinya: Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga ‘Adn. Dan rida Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar.

 

2. Surga Khuldi

Surga Khuldi adalah nama surga yang berikutnya. Orang-orang yang dapat masuk ke dalam surga ini digambarkan sebagai golongan orang yang selalu bertakwa kepada Allah Swt. syarat ketakwaannya tersebut telah disebutkan dalam Al-Quran.

Surat Al-Furqan ayat 15.

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ ٱلْخُلْدِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَآءً وَمَصِيرًا

Artinya: Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka? 

 

3. Surga Darussalam

Surga Darussalam adalah surga untuk golongan yang memiliki iman yang kuat, dapat mengamalkan ayat-ayat Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, dan juga mengerjakan amal saleh lainnya. Bahkan, surga ini juga telah disebutkan di dalam Al Quran.

Surat Al-An’am ayat 127.

لَهُمْ دَارُ ٱلسَّلَٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.

 

4. Surga Muqamal Amin

Surga Muqamal Amin merupakan surga yang diperuntukkan bagi orang yang memiliki keimanan dengan tingkat Muttaqin. Artinya, surga ini ditujukan hanya bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah. Surga Muqamal Amin ini terbuat dari emas. Hal ini juga telah disebutkan dalam Al-Quran.

Surat Ad-Dukhan ayat 51.

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِينٍ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.

4 dari 4 halaman

Nama-Nama Surga dalam Al-Qur'an

5. Surga Ma’wa

Surga selanjutnya adalah surga Ma’wa, yang merupakan tempat untuk golongan orang-orang yang memiliki amal saleh, takwa kepada Allah, takut dengan kebesaran Allah, dan dapat menahan hawa nafsu selama di dunia adalah termasuk golongan orang-orang yang dapat masuk ke dalam surga ini.

Surat As-Sajdah ayat 19 

أَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلْمَأْوَىٰ نُزُلًۢا بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan.

 

6. Surga Firdaus

Surga Firdausmerupakan tempat bagi golongan orang yang salatnya selalu terpenuhi, jauh dari perbuatan sia-sia, rutin dalam membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, dan menepati janji. Surga Firdaus juga telah disebutkan dalam Al-Quran.

Surat Al-Kahfi ayat 107 

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلْفِرْدَوْسِ نُزُلً

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.

 

7. Surga Darul Muqomah

Surga Darul Muqomah, merupakan surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang dalam hidupnya senantiasa berbuat kebaikan dan menjauhi larangan Allah. atau berbuat hal yang maksiat. 

Surat Fatir Ayat 34

وَقَالُوا۟ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِىٓ أَذْهَبَ عَنَّا ٱلْحَزَنَ ۖ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ

Artinya: Dan mereka berkata: "Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri.

 

8. Surga Na’im

Surga Na’im diperuntukkan bagi golongan orang-orang yang beriman dan selalu mengerjakan amal saleh ketika hidup di dunia. Surga ini juga sempat dituliskan di dalam Al-Quran surat Luqman ayat 8-9. 

Surat Luqman Ayat 8

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلنَّعِيمِ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,

Surat Luqman Ayat 9

خَٰلِدِينَ فِيهَا ۖ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقًّا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya: Kekal mereka di dalamnya; sebagai janji Allah yang benar. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.