Sukses

9 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Niatnya

Manfaat puasa sunah satu ini tidak hanya sebagai bekal untuk di akhirat kelak, namun juga bisa menjaga kesehatan fisik dan mental.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan bisa menjadi salah satu penyemangat untuk beribadah. Seperti yang diketahui, puasa senin kamis merupakan puasa sunah yang dapat dilakukan seorang muslim setiap minggunya. Puasa senin kamis memiliki berbagai keutamaan untuk umat Islam.

Manfaat puasa sunah satu ini tidak hanya sebagai bekal untuk di akhirat kelak, namun juga bisa menjaga kesehatan fisik dan mental. Melaksanakan puasa senin kamis secara rutin bsia membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Puasa senin kamis merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/2/2023) tentang manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Senin Kamis

Sebelum mengenali manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan, kamu perlu mengetahui niatnya terlebih dahulu. Dalam Fiqih Islam, semua ulama sepakat bahwa tempatnya niat adalah hati. Melafalkan niat bukanlah syarat, namun jumhur ulama berpendapat hukumnya sunah dengan maksud membantu hati dalam menghadirkan niat.

Lafaz Niat Puasa Senin Kamis

Lafaz niat puasa senin adalah sebagai berikut:

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi taaalaa

Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah Taala"

 

Sedangkan lafaz niat puasa Kamis adalah sebagai berikut:

Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi taaalaa

Artinya: "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

3 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Menurunkan Kadar Lemak

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan yang pertama yaitu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Lemak berlebih dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai masalah seperti kolesterol dan jantung. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan.

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah membantu menghilangkan lemak tak sehat. Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dengan begitu, lemak berlebih akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Mengontrol Gula Darah

Puasa akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya tubuh akan mengalami penurunan gula darah. Manfaat puasa Senin Kamis yang dilakukan secara rutin dapat mencegah lonjakan gula darah.

Puasa akan membantu mengurangi resistensi insulin. Berkurangnya resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel dengan lebih efisien.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis selanjutnya yaitu membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Saat seseorang berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluaran racun bisa melalui keringat, buang air kecil, atau saat buang air besar. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

Sehatkan Jantung

Manfaat puasa Senin Kamis juga dapat menurunkan resiko aterosklerosis yakni penyumbatan arteri karena partikel lemak. Saat puasa lemak akan digunakan sebagai cadangan energi. Hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Hal tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah pun dapat turun. Puasa senin kamis secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" LDL dan trigliserida.

Menurunkan Risiko Stres

Puasa Senin Kamis secara spiritual dapat menurunkan stres dan tekanan. Kondisi kesehatan mental yang optimal tentu dapat membantu seorang muslim dalam beribadah dan menjalani aktivitas sehari-hari. Puasa bisa meningkatkan kedamaian hati dan membuat seorang muslim merasa bersih jiwa dan raganya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Lancarkan Metabolisme

Dengan berpuasa tubuh harus bertahan berjam-jam tanpa makanan dan minuman, menggunakan sumber lemak, dan mengangkut racun dari tubuh. Dengan berbuka menggunakan makanan bergizi seimbang, metabolisme akan terbangun ulang dan meningkatkan level energi. Jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat berbuka dan sahur di antaranya adalah buah-buahan yang kaya akan serat, sayuran, gandum, protein tanpa lemak, dan air mineral.

Turunkan Berat Badan

Puasa lebih efektif daripada pembatasan kalori untuk kehilangan lemak. Puasa sekaligus juga bisa menjaga jaringan otot tetap kuat. Puasa memang tidak akan memberikan penurunan berat badan yang drastis. Namun, apabila kamu berpuasa dan memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi maka penurunan berat badan dapat dicapai. Seorang ahli diet klinis, mengatakan bahwa selama berpuasa, sel-sel ditekan dan hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Sistem pencernaan sangat sibuk dan membutuhkan energi dalam jumlah besar. Sistem pencernaan bahkan dapat mengalirkan energi yang dibutuhkan untuk penyembuhan, perbaikan, dan pemeliharaan umum tubuh. Sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Saat berpuasa senin kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan. Dengan begitu fungsi sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya. Sistem pencernaan yang sehat akan membuat Anda jauh dari penyakit pencernaan seperti masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

Mampu Mengatasi Kecanduan

Selain itu, manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah dapat mengatasi kecanduan. Puasa dapat memberi kesempatan pada tubuh untuk menghentikan kebiasaan yang kurang baik. Contohnya saja terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula, atau makanan-makanan manis. Sehingga jika kamu berpuasa, konsumsi makanan atau minuman tersebut menjadi berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.