Sukses

9 Manfaat Pucuk Merah, Tanaman Hias yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Manfaat pucuk merah tidak hanya indah dilihat, tanaman hias pucuk merah juga bisa memberi manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Pohon pucuk merah yang memiliki nama latin Syzygium oleana adalah sejenis tenaman hias yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis serta banyak ditemukan di negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Papua Nugini. Pucuk merah merupakan satu jenis pohon yang dapat tumbuh hingga ketinggian 25 meter. 

Manfaat pucuk merah tidak hanya indah dilihat, tanaman hias pucuk merah juga bisa memberi manfaat kesehatan. Dalam daun pucuknya yang berwarna merah, terkandung banyak senyawa alami yang berpotensi digunakan sebagai pengobatan herbal.

Beberapa penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa manfaat pucuk merah memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti antioksidan dan antikanker. Senyawa tersebut diyakini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas serta membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Berikut manfaat pucuk merah yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (17/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Pucuk Merah

Meskipun manfaat pucuk merah diklaim baik bagi kesehatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsi produk herbal atau suplemen yang mengandung pucuk merah. Sebab penggunaan pucuk merah dalam pengobatan masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Selain itu, perlindungan habitat alami pucuk merah juga perlu ditingkatkan untuk memastikan keberlangsungan hidup tumbuhan ini di masa depan. Berikut manfaat pucuk merah.

1. Sumber Antioksidan

Pucuk merah mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Senyawa ini berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan seluler dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penuaan dini dan kanker. Mengkonsumsi pucuk merah dipercaya dapat menambah senyawa antioksidan dalam tubuh yang membantu melindunginya dari kerusakan sel.

2. Menurunkan Kadar Gula Garah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat pucuk merah memiliki efek hipoglikemik atau mampu menurunkan kadar gula darah. Senyawa ini bekerja dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh. Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk mengatur kadar glukosa darah. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh, glukosa dapat lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh, sehingga kadar gula darah dapat ditekan.

3. Menurunkan Kolesterol Darah

Manfaat pucuk merah juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa flavonoid dalam tumbuhan ini dapat membantu menghambat enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol, sehingga kadar kolesterol dalam darah dapat ditekan. Kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah adalah salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan jantung.

3 dari 3 halaman

Manfaat Pucuk Merah

4. Antiinflamasi

Tanaman pucuk merah memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Peradangan adalah respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, peradangan yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti arthritis, asma, dan penyakit inflamasi usus. Senyawa polifenol dalam tumbuhan ini dapat menghambat produksi mediator inflamasi dan meredakan rasa sakit yang terkait dengan peradangan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat pucuk merah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa fitokimia dalam tumbuhan ini dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa dalam pucuk merah dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit.

6. Melancarkan Pencernaan

Daun pucuk Merah juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut. Senyawa tanin dalam tumbuhan ini dapat membantu mengurangi inflamasi pada usus dan membantu menghentikan diare. Selain itu, pucuk merah juga dapat membantu mengurangi kembung dan meningkatkan fungsi pencernaan secara umum. Manfaat pucuk merah juga memiliki efek anti-mikroba, sehingga dapat membantu mengatasi infeksi pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Pucuk Merah dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Senyawa antioksidan dalam tumbuhan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan sinar UV. Selain itu, pucuk merah dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pucuk merah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Senyawa antioksidan dalam tumbuhan ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan sinar UV. Selain itu, Pucuk merah juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata.

9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Manfaat pucuk merah juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Senyawa tanin dalam tumbuhan ini dapat membantu mengurangi inflamasi pada gusi dan mengatasi masalah seperti gigi berlubang dan radang gusi. Pucuk merah juga mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab penyakit gigi dan gusi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.