Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Tari? Ini Pengertian dan Macam-Macamnya

Tari adalah bagian dari seni gerak.

Liputan6.com, Jakarta - Tari adalah bagian dari seni gerak. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan apa yang dimaksud dengan tari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian (musik, gamelan, dan sebagainya).

Apa yang dimaksud dengan tari adalah ungkapan perasaan penari yang diekspresikan melalui setiap gerakan. Dalam buku berjudul Siswa Seni Budaya XI oleh Jelly Eko Purnomo, S.Pd. dan Zefri Yandra, S.Pd, seni tari adalah suatu ungkapan perasaan, maksud dan pikiran yang diekspresikan melalui gerak tubuh/fisik yang ritmis.

Pada dasarnya, gerak tari adalah meniru gerak-gerak alami untuk bisa diolah dengan “digayakan” sebagai sebuah tarian. Gerak apa yang dimaksud dengan tari adalah unsur utama tari yang bisa terjadi karena pengaruh tenaga. Itu artinya, gerak tari sama dengan tenaga.

Apa yang dimaksud dengan tari ada banyak sekali macamnya. Mulai dari tari kreasi, tari kreasi tradisional, tari tradisional, tari klasik, tari kontemporer, tari modern, hingga tari etnik. Simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa yang dimaksud dengan tari, Rabu (15/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Tari dan Macam-Macamnya

Tari adalah seni yang pesannya diungkap melalui gerakan. Dalam buku berjudul Introduction to Dance oleh Gayle Kassing, apa yang dimaksud dengan tari adalah sebuah bentuk ekspresi manusia yang menggunakan gerakan tubuh, musik, dan kadang-kadang elemen visual seperti kostum dan tata panggung untuk mengomunikasikan ide, perasaan, dan pengalaman.

Apa yang dimaksud dengan tari juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk berolahraga, meningkatkan kesehatan, memperkuat kebugaran fisik, serta menjadi bagian dari kegiatan sosial dan budaya masyarakat.

Dalam buku berjudul Panduan Guru Seni Tari untuk SMP Kelas VII oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud, di Indonesia fungsi apa yang dimaksud dengan tari adalah umumnya digunakan sebagai ritual atau upacara, hiburan, dan pertunjukkan.

Apa yang dimaksud dengan tari ada banyak sekali macamnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber. Mulai dari tari kreasi, tari kreasi tradisional, tari tradisional, tari klasik, tari kontemporer, tari modern, hingga tari etnik. Simak penjelasan lengkapnya.

- Tari Kreasi

Apa yang dimaksud dengan tari kreasi adalah jenis tarian yang diciptakan oleh seorang koreografer atau penari secara bebas. Tari kreasi biasanya tidak terikat oleh aturan atau struktur gerakan yang baku, sehingga memberikan kebebasan untuk mengekspresikan ide-ide dan emosi melalui gerakan tubuh.

- Tari Kreasi Tradisional

Apa yang dimaksud dengan tari kreasi tradisional adalah jenis tarian yang menciptakan gerakan-gerakan baru dalam konteks tarian tradisional tertentu. Tarian ini biasanya mencoba mempertahankan unsur-unsur utama dari tarian tradisional, seperti kostum, musik, dan makna simbolis yang terkait dengan kebudayaan atau adat istiadat suatu daerah.

- Tari Tradisional

Apa yang dimaksud dengan tari tradisional adalah tari yang berkembang di suatu daerah atau wilayah tertentu dan telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

- Tari Klasik

Apa yang dimaksud dengan tari klasik adalah tarian yang mempunyai dasar teknik gerakan dan bentuk-bentuk gerak yang terstruktur dan baku. Tari klasik biasanya berasal dari negara-negara seperti India, Indonesia, dan Rusia.

- Tari Kontemporer

Apa yang dimaksud dengan tari kontemporer adalah tarian modern yang mengeksplorasi teknik-teknik gerak baru dan menggabungkan elemen-elemen dari berbagai tarian tradisional dan modern.

- Tari Jazz

Apa yang dimaksud dengan tari jazz adalah tarian yang berasal dari musik jazz yang khas dengan gerakan-gerakan yang dinamis dan energik.

- Tari Hip-hop

Apa yang dimaksud dengan tari hip-hop berasal dari kebudayaan Amerika Serikat dan terinspirasi dari gerakan street dance dan musik hip-hop. Gerakan tari hip-hop biasanya dinamis, energik, dan kadang-kadang menyertakan teknik popping, locking, dan breaking.

- Tari Ballet

Apa yang dimaksud dengan tari ballet adalah tarian klasik yang dikenal dengan gerakan yang halus, elegan, dan diikuti dengan teknik yang terstruktur. Tari ballet biasanya diiringi dengan musik orkestra dan menggunakan kostum serta tata panggung yang indah.

- Tari Modern

Apa yang dimaksud dengan tari modern adalah jenis tarian kontemporer yang lebih mengutamakan gerakan bebas dan natural, dan cenderung lebih menekankan ekspresi emosi dan improvisasi gerakan. Tari modern biasanya diiringi musik modern seperti rock, jazz, dan pop.

- Tari Etnik

Apa yang dimaksud dengan tari etnik adalah tarian yang mewakili kebudayaan atau suku bangsa tertentu dan mencerminkan keunikan nilai-nilai budaya dan tradisi dari suatu daerah atau wilayah.

3 dari 4 halaman

Pengertian Tari Menurut Para Ahli

Ini penjelasan apa yang dimaksud dengan tari menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

- Menurut Soedarsono, apa yang dimaksud dengan tari adalah seni gerak yang menggabungkan unsur-unsur musik, gerak, dan rasa sehingga menghasilkan suatu komunikasi yang dapat dipahami oleh penonton.

- Menurut Djaduk Ferianto, apa yang dimaksud dengan tari adalah suatu ungkapan kreatif yang menggabungkan unsur-unsur gerak tubuh, ekspresi, musik, kostum, dan riasan untuk mengkomunikasikan ide, perasaan, atau cerita.

- Menurut Susilo Wibowo, apa yang dimaksud dengan tari adalah seni yang terdiri dari gerakan tubuh dan ekspresi wajah yang diolah dengan musik, cahaya, dan properti untuk mengungkapkan pesan atau ide yang diinginkan.

- Menurut Mohamad Ghozali, apa yang dimaksud dengan tari adalah seni yang menggunakan gerak tubuh yang diatur dan teratur, dengan perpaduan suara dan cahaya yang dapat memberikan kepuasan estetika dan emosi pada penonton.

- Menurut Sardono W. Kusumo, apa yang dimaksud dengan tari adalah seni yang menghasilkan gerakan dan ritme yang harmonis dengan penggunaan elemen-elemen teater, musik, dan lukisan untuk mengungkapkan ide atau gagasan.

- Menurut Nenden Lilis Setiasih, apa yang dimaksud dengan tari adalah suatu bentuk karya seni yang memanfaatkan gerak tubuh, irama musik, dan estetika visual untuk menyampaikan pesan atau emosi kepada penonton.

- Menurut Ratna Saraswati, apa yang dimaksud dengan tari adalah seni yang melibatkan gerakan tubuh dan ekspresi wajah, diiringi oleh musik dan kostum, yang dapat memengaruhi perasaan dan pikiran penonton.

- Menurut I Nyoman Sedana, apa yang dimaksud dengan tari adalah seni yang memadukan gerak tubuh, nada, dan ritme untuk menciptakan keindahan, keselarasan, dan keseluruhan yang bermakna.

- Menurut I Wayan Dibia, apa yang dimaksud dengan tari adalah suatu bentuk ekspresi budaya yang mencerminkan kepercayaan, nilai, dan tradisi masyarakat yang menghasilkan keindahan gerak, suara, dan visual.

- Menurut Bagong Kussudiardja, apa yang dimaksud dengan tari adalah seni yang memadukan keahlian teknis dan ekspresi kreatif untuk menghasilkan gerakan dan bentuk yang unik, bermakna, dan dapat dipahami oleh penonton.

4 dari 4 halaman

Gerakan Tari Paling Dasar

Gerak tari adalah unsur utama tari yang bisa terjadi karena pengaruh tenaga. Itu artinya, gerak tari sama dengan tenaga. Gerak tari disebut pula sebagai indikator keberhasilan tarian dibawakan penari.

Dalam buku berjudul Seni Budaya Kelas XII yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), gerak tari adalah dipengaruh tenaga yang menjadi salah satu indikator keberhasilan penari membawakan tarian di atas panggung.

Apa gerakan tari yang paling dasar?

Dalam buku berjudul Seni Budaya oleh Sem Cornelyoes Bangun dkk, paling dasar dari gerak tari adalah gerak kepala, gerak badan, gerak tangan, dan gerak kaki. Ini penjelasan dari perbedaan keempat gerakan tari tersebut:

1. Gerak Tari Bagian Kepala

Gerakan kepala pada teknik dasar gerak tari contohnya, menundukkan kepala. Penari menggerakan kepala dan membayangkan sedang membuat angka 8 dengan dahi.

Contoh teknik gerak tari kepala, antara lain gerak kepala gedheg (Jawa), godeg (Sunda), dan gerak kepala gilek (Sunda).

2. Gerak Tari Bagian Badan

Gerakan badan pada teknik dasar gerak tari, contohnya ketika penari memasang badan lurus ke depan, lalu membuka tangan dan kaki dengan lebar.

Saat menari, badan digerakkan dengan diputar ke kiri atau ke kanan. Jika diputar ke kanan, badan menjadi serong kanan dan berlaku sebaliknya. Badan dapat digerakkan ke atas maupun ke bawah.

3. Gerak Tari Bagian Tangan

Gerakan tangan pada teknik dasar gerak tari, contohnya ketika penari menggerakkan tangan lurus ke depan dengan kedua telapak tangan membuka ke arah depan.

Dicontohkan pula ketika penari membuat pergelangan tangan dan tangan menyilang, kemudian jari-jari dibuat menghadap ke bawah. Misalnya pada gerak lontang kembar (Sunda), gerak tumpang tali (Sunda), dan lain-lain.

4. Gerak Tari Bagian Kaki

Gerakan kaki pada teknik dasar gerak tari, contohnya ketika penari membuat kedua kaki membuka ke depan dengan berat badan bertumpu pada kaki kiri.

Kemudian, kedua kaki menyilang, lalu angkat tumit kaki kanan ke atas seperti menjinjit sampai setinggi betis dengan tumpuan badan berada di kaki kiri.

Contoh gerak tari bagian kaki pada adeg-adeg (Sunda), tanjak (Jawa), gerak engke gigir (Sunda), gerak tanjak kanan-kiri untuk tari putri (Jawa), dan lain-lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.