Sukses

5 Model Baju Muslim Terbaru untuk Wanita, Tetap Stylish Saat Berhijab

Baju muslim merupakan model pakaian yang disesuaikan dengan aturan kehidupan penganut agama Islam.

Liputan6.com, Jakarta Model baju muslim terbaru wajib dimiliki oleh setiap muslimah. Baju muslim merupakan model pakaian yang disesuaikan dengan aturan kehidupan penganut agama Islam. Baju muslimah dianjurkan yang menutup aurat.

Seiring dengan perkembangan jaman, baju muslimah lambat laun juga mengikuti tren yang ada. Sebab, dengan mengenakan model baju muslim terbaru maka para muslimah terlihat akan semakin cantik dan bersinar. Meski berhijab, para muslimah bisa tetap tampil stylish.

Ada berbagai model baju muslim terbaru yang bisa anda jadikan referensi. Mulai dari gamis, tunik, kaftan, hingga abaya. Semua model baju muslim terbaru tersebut bisa digunakan untuk acara formal hingga non formal.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai model baju muslima terbaru bagi wanita yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Baju Muslim Terbaru untuk Wanita

1. Gamis

Model baju muslim terbaru untuk wanita yang pertama adalah gamis. Gamis adalah one piece dress atau gaun satu bagian yang sering kita sebut dengan terusan. Gamisn sering menjadi pilihan para muslimah dalam berbusana, karena nyaman dikenakan dan membua pemakainya tampil feminin sekaligus praktis. Dari sepoting gamis model simpel dapat direka menjadi beberapa model busana yang sangat indah. Gamis sendiri terbuat dari berbagai jenis bahan, mulai dari katun, sifon, balotelli, wollycrepe dan lain-lain. Berikut ini terdapat beberapa model gamis terbaru, yakni:

a. Gamis layering

Gamis layering adalah model gamis yang memiliki tumpukan kain pada bagian badannya. Sehingga terlihat lebih mengembang dan bervolume.

b. Gamis ikat

Model gamis ikat ini hampir mirip dengan gamis pada umumnya, namun yang membedakan adalah adanya tambahan draperi pada bagian kanan dan kiri.

c. Gamis full kancing

Model gamis full kancing ini dilengkapi dengan kancing di bagian depan dari atas hingga ke bagian bawah kaki, sehingga model gamis ini hampir mirip dengan kemeja.

d. Gamis peplum

Model gamis jenis ini termasuk model gamis wanita yang simpel. Sebab tidak banyak aksen pada bagian gamisnya, namun di bagian pinggang diberikan ilusi lebih ramping dan jenjang saat digunakan.

2. Kaftan

Model baju muslim terbaru untuk wanita yang berikutnya adalah kaftan. Kaftan adalah pakaian dengan model seperti tunik berlengan lebar dengan panjang mencapai mata kaki. Biasaya para muslimah mengenakan kaftan dengan memadukannya bersama blus manset dan celana panjang dalaman.

Awalnya dikenal sebagai busana tradisional orang-orang yang bermukim di daerah Asia Tengah, kemudian menyebar hingga Afrika dan bahkan Rusia. Dengan berjalannya waktu, kaftan kemudian menjadi salah satu jenis pakaian wanita yang cukup populer terutama di Indonesia.

3. Abaya

Model baju muslim terbaru untuk wanita yang berikutnya adalah abaya. Abaya adalah salah satu model busana dasar yang berfungsi sebagai busana luar, berpotongan lebar dan lurus yang dipakai para muslimah di kawasan Timur Tengah seperti Iran, Saudi Arabia, Yaman, Qatar, Mesir, Syiria, dan negara Timur Tengah lainnya. Abaya tradisional berwarna hitam yang dipakai menutupi seluruh badan, muka, dan telapak tangan. Bahkan wanita Arab banyak mengenakan cadar saat menggunakannya.

Kini, abaya menjadi salah satu model baju muslim terbaru yang cukup populer termasuk di Indonesia. Baju abaya memiliki potongan hampir sama dengan gamis hanya saja lebih lebar dan lurus.

3 dari 3 halaman

Model Baju Muslim Terbaru untuk Wanita

4. Tunik

Model baju muslim terbaru untuk wanita yang berikutnya adalah tunik. Menurut ensiklopedia Britannica, tunik adalah pakaian dua potong yang dibuat dari linen dan dijahit pada sisi samping dari bawah hingga atas, serta terdapat lubang di bagian kepala dan tangan. Berikut ini terdapat beberapa jenis tunik yang bisa anda kenali, antara lain:

a. Tunik peplum

Jenis tunik ini hampir sama dengan gamis peplum, yang membedakan adalah panjang dari bajunya. Jika tunik hanya selutut, sedangkan gamis hingga ke mata kaki.

b. Tunik asimetris

Jenis tunik ini memiliki ciri khas yakni sudut yang menyamping atau mengerucut di bagian bawah. Tunik model ini juga mampu memberikan kesan trendy dan percaya diri. Sebab bisa menyemarkan bentuk atau lekuk tubuh kita.

c. Tunik vest atau rompi

Jenis tunik ini yang sangat trend di Korea dan Jepang. Rompi ini biasanya sering dipakai sebagai outer ketika memakai kaos maupun kemeja tanpa membuat penampilan pemakainya jadi terkesan berlebihan.

5. Dress kebaya

Model baju muslim terbaru untuk wanita yang berikutnya adalah dress kebaya. Dress kebaya adalah model baju yang menyerupai gamis maupun tunik namun dirancang menggunakan bahan sutra atau satin yang dikombinasikan dengan kain tile, brokat, dan sejenisnya. Kebaya sendiri adalah sejenis pakaian bagian atas yang secara tradisional dikenakan oleh wanita di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Dress kebaya biasanya digunakan dalam acara formal seperti wisuda, pernikahan, hari raya, hingga pertemuan formal lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.