Sukses

Apa Saja Dampak Positif dari Globalisasi? Simak Pula Pengertian dan Sejarahnya

Dampak positif globalisasi salah satunya sebagai meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Apa saja dampak positif dari globalisasi yang ada di sekitar kita, pertanyaan tersebut sangat umum dipertanyakan di tengah gempuran modernisasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. 

Apa saja dampak positif dari globalisasi sangat penting diketahui. Bukan hanya dampak positif dari globalisasi saja, namun juga dampak negatif dari globalisasi penting untuk dipelajari. 

Dengan mengetahui apa saja dampak positif dari globalisasi, maka kita tidak hanya melihat globalisasi dari pandangan sebelah sisi saja. Salah satu manfaat globalisasi adalah menciptakan suatu masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat saling bergantung dalam berbagai bidang kehidupan. 

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa saja dampak positif dari globalisasi beserta pengertian dan sejarahnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (13/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Globalisasi

Dikutip dari jurnal Kajian Lemhannas RI, pengertian globalisasi adalah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan ketertarikan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi lainnya sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. 

Sementara itu, melansir dari buku Pasti Bisa Sosiologi untuk SMA/MA Kelas 12 karya Tatep Mulyadin, menjelaskan pengertian globalisasi adalah gejala meningkatnya saling keterkaitan di antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, politik, dan perubahan kebudayaan. 

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Secara sederhana, globalisasi adalah suatu proses mendunia atau menuju satu dunia. 

3 dari 5 halaman

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Melansir dari buku Pasti Bisa Sosiologi untuk SMA/MA Kelas 12 karya Tatep Mulyadin, terdapat beberapa pendapat lain dari globalisasi dari para ahli yakni:

1. Anthony Gidden 

Menurut Anthony Gidden, globalisasi adalah intensifikasi  hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya da sekalinya. 

2. Selo Soemardjan

Globalisasi adalah sebuah prose terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama. 

3. Emanuel Ritcher 

Globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar dari terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. 

4. Princeton N. Lyman

Pengertian globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan. 

4 dari 5 halaman

Sejarah Globalisasi

Dengan hubungan interaksi di dunia, interaksi dan globalisasi sudah terjadi sejak berabad-abad yang lampau. Benih-benih globalisasi telah tumbuh saat manusia mengenal perdagangan antar negeri yakni kira-kira tahun 1000 M dan 1500 M. Pedagang-pedagang dari Cina dan India mulai menelusuri negeri lain pada saat itu. Mereka melakukan penelusuran melalui jalan laut untuk berdagang. 

Tahap berikutnya ditandai dengan dominasi para pedagang kaum muslim di Asia dan Afrika. Selain membuat jaringan dagang, para pedagang muslim pun menyebarkan nilai-nilai agamanya, nama-nama, abjad, arsitektur, serta nilai sosial dan budaya negerinya ke warga dunia. 

Setelah jaringan perdagangan kaum muslim, tahap berikutnya adalah eksplorasi dunia secara besar-besaran oleh bangsa Eropa. Eksplorasi ini dipelopori oleh Spanyol, Portugis, Inggris, dan Belanda. Hal tersebut juga didukung oleh terjadinya Revolusi Industri yang meningkatkan hubungan antar bangsa dunia. Pada saat itu, berbagai teknologi mulai ditemukan dan menjadi dasar perkembangan teknologi saat ini. Selain itu, kolonialisme berkembang pada saat itu. Kolonialisme tersebut berpengaruh besar terhadap difusi kebudayaan di dunia. Dengan berkembangnya industri dan kebutuhan bahan baku pasar, berbagai perusahaan multinasional di dunia. Perusahaan multinasional yang populer menjadi ikon globalisasi. 

5 dari 5 halaman

Dampak dari Globalisasi

1. Dampak Positif dari Globalisasi 

Apa saja dampak positif dari globalisasi antara lain adalah sebagai berikut ini:

a. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah meningkatnya taraf hidup masyarakat. 

b. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah komunikasi yang semakin cepat dan mudah 

c. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan

d. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah berkembangnya turisme dan pariwisata. 

e. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah meningkatnya perekonomian masyarakat menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien.

f. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah meningkatnya pembangunan. 

g. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah perubahan tata nilai dan sikap

h. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi

i. Apa saja dampak positif dari globalisasi adalah tingkat kehidupan menjadi lebih baik. 

2. Dampak Negatif dari Globalisasi 

Berikut ini terdapat beberapa dampak negatif dari globalisasi adalah:

a. Munculnya sikap yang ala kebarat-baratan. 

b. Informasi yang tak terkendali 

c. Munculnya sikap individualisme

d. Berkurangnya sikap solidaritas, gotong royong, kepedulian, dan kesetiakawanan. 

e. Budaya bangsa akan terkikis. 

f. Berkurangnya tenaga kerja pertanian akibat dari berkembangnya sektor industri yang menyerap banyak tenaga kerja. 

g. Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar sehingga membuat perusahaan dalam negeri lainnya sulit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.