Sukses

Tahun Hijriah Umat Islam, Makna Penting dan Sejarah Penetapannya

Sejarah penetapan Tahun Hijriah dan makna pentingnya bagi umat Islam di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Tahun Hijriah menjadi salah satu sistem penanggalan yang kerap digunakan di Indonesia, mengingat banyaknya masyarakat yang beragama Islam di Indonesia. Tahun Hijriah merupakan sistem penanggalan umat Islam yang berdasarkan peredaran bulan terhadap bumi. Diprakarsai oleh Umar Bin Khattab, Tahun Hijriah memiliki makna penting bagi umat Islam.

Bagi umat Islam, berlalunya hari, bulan, dan tahun biasanya dihitung menggunakan kalender Gregorian Barat, sedangkan hari besar dan bulan Islam dihitung menggunakan kalender Hijriah Islam. Mengetahui nama-nama bulan, hari, dan tahun menurut Gregorian dan Islam sangat penting bagi umat Islam untuk menjalani kehidupan sekuler dan spiritual dengan seimbang.

Meski kerap digunakan, masih banyak umat Islam yang sayangnya belum mengetahui sejarah dan awal mula terbentuknya Tahun Hijriah dan kalender Hijriah yang digunakan hingga saat ini. Kalender untuk Tahun Hijriah nyatanya memiliki sejarah panjang dan makna penting bagi umat Islam sejak dulu kala.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (7/2/2023). Sejarah penetapan Tahun Hijriah dan makna pentingnya bagi umat Islam di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Tahun Hijriah Islam?

Apa Itu Tahun Hijriah Islam?

Kalender Tahun Hijriah diciptakan pada masa pemerintahan khalifah ketiga dunia Islam, Umar bin al-Khattab, sebagai sarana untuk menandai awal mula kemasyhuran umat Islam di kancah dunia dan menetapkan nama-nama Islam untuk bulan-bulan dalam satu tahun kalender. Tahun pertama dalam kalender Hijriah bertepatan dengan 622 M dalam kalender Gregorian, menandai tahun ketika Nabi Muhammad SAW hijrah bersama komunitas Muslim dari Mekkah untuk memulai hidup baru di Madinah.

Kalender Tahun Hijriah adalah kalender lunar yang berisi 12 bulan, dengan setiap bulan dimulai pada awal siklus bulan baru. Jumlah hari dalam setiap bulan bervariasi sesuai dengan siklus bulan dan rata-rata satu tahun kalender Hijriah sekitar 10-12 hari lebih pendek dari satu tahun kalender Masehi. Penetapan jumlah ini sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran tepatnya pada Surat At-Taubah Ayat 36 yang berbunyi : 

Surat At-Taubah Ayat 36

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriah adalah dalam bahasa Arab, dan empat dari 12 bulan (Dhul Qadah, Dhul Hijjah, Muharram dan Safar) dianggap suci dan peperangan dilarang secara Islam selama bulan-bulan ini. Nama bulan Gregorian dan Islam digunakan di negara-negara Muslim di seluruh dunia, meskipun umat Islam lebih memilih kalender Hijriah untuk merencanakan kegiatan keagamaan dan amal mereka secara khusus.

3 dari 4 halaman

Nilai Penting Penanggalan Tahun Hijriah

Hubungan Penggunaan Kalender Tahun Hijriah Islam dengan Amal Ibadah

Dalam kalender Hijriah Islam terdapat waktu-waktu yang dianggap sangat diberkati bagi umat Islam untuk melakukan perbuatan baik, seperti bulan Ramadhan, ketika umat Islam berpuasa dari fajar hingga senja selama sebulan penuh; dan Dhul Hijjah, ketika umat Islam biasanya melakukan ibadah haji ke Mekkah.

Oleh karena itu, nama-nama bulan dalam Islam sangat penting bagi umat Islam dan memicu motivasi untuk pengabdian agama dan amal karena berkah yang meningkat hadir selama bulan-bulan ini dan pada hari libur seperti Idul Fitri dan Idul Adha .

Dengan waktu yang tepat, umat Islam dapat membuat amal mereka memiliki dampak yang sama dengan pengabdian selama berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Ada beberapa peluang yang dimanfaatkan banyak umat Islam selama setiap tahun Hijriah.

Menjadi ahli dalam cara kerja kalender Gregorian dan Islam Hijriah sangat penting bagi umat Islam saat ini untuk mengkoordinasikan upaya amal dan ibadah mereka. Melalui pengetahuan ini, kita dapat menjalani kehidupan sehari-hari yang mulus yang kaya dengan berkah dari perbuatan baik kita yang tepat waktu.

Nilai Penting Penanggalan Tahun Hijriah

Tahun Hijriah atau Kalender Islam tidak hanya penting bagi kita untuk memperingati peristiwa-peristiwa besar Islam tetapi fakta bahwa itu dimulai dari Hijrah berfungsi sebagai pengingat penting dari pengorbanan demi kebenaran dan untuk pelestarian Wahyu. Sebagaimana umat Islam mengorbankan segalanya, mulai dari kekayaan hingga ikatan keluarga, hijrah dari Makkah ke Madinah untuk mempertahankan agama mereka.

4 dari 4 halaman

Sejarah Kalender Tahun Hijriah

Sejarah Kalender Tahun Hijriah

Pada tahun ke-17 Hijrah, terjadi dua peristiwa yang menyoroti masalah yang dihadapi umat dengan tidak menghitung tahun. Yang pertama adalah ketidaksepakatan tentang jadwal pengembalian pinjaman yang diajukan dalam kasus pengadilan kepada Umar Ibn Al Khattab (ra). Salah satu pria berkata, 'Wahai Pemimpin Orang Beriman, orang ini seharusnya mengembalikan uang saya pada Sya'ban dan ini sudah Ramadhan', dan orang lain berkata, 'baik ketika saya mengatakan Sya'ban maksud saya Sha 'larangan tahun depan.'

Yang kedua, surat yang dikirimkan kepada Umar Ibn Al Khattab (ra) oleh salah satu gubernurnya, Abu Musa Al Ashari, mengatakan, 'Wahai pemimpin orang-orang beriman, kadang-kadang terjadi bahwa Anda meminta kami untuk melakukan sesuatu pada bulan tertentu, tetapi kami tidak tahu apakah yang Anda maksud adalah bulan tahun ini atau tahun yang akan datang.'

Kedua insiden ini membuat Umar Ibn Al Khattab (ra) menyerukan pertemuan dengan Dewan Syuronya untuk memutuskan bagaimana memecahkan masalah tersebut. Dalam pertemuan tersebut disepakati solusinya adalah mengenalkan kalender untuk diikuti umat. 

Dalam pertemuan tersebut, banyak pembahasan tentang kalender mana yang harus diadopsi oleh umat. Beberapa Sahabat menyarankan agar mereka mengikuti penanggalan Romawi atau Persia, tetapi gagasan ini langsung ditolak.

Mereka menyadari bahwa mereka berada di puncak kesuksesan dalam membangun masyarakat Muslim, mereka sekarang adalah peradaban mereka sendiri dan mereka harus memiliki kalender mereka sendiri, yang mencerminkan sejarah mereka sendiri dan karenanya harus dimulai dari peristiwa yang penting bagi umat Islam. Umat.

Salah satu Sahabat menyarankan kalender harus dimulai dari kematian Nabi Muhammad SAW. Namun, gagasan ini ditolak karena itu adalah masa kesedihan. Yang lain mengusulkan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi itu juga tidak sesuai karena tidak ada pendapat pasti tentang tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Saran lain dibuat seperti Perang Badar atau tahun Wahyu, tapi kemudian Ali bin Thalib mengatakan, 'Tahun Hijrah harus menjadi tahun pertama kalender kami,' karena ini adalah tahun ketika situasi umat Islam berubah. dari penganiayaan menjadi kehormatan. Dewan Syura dengan suara bulat setuju bahwa Hijrah akan menjadi peristiwa yang menandai dimulainya kalender Islam dan Umar (RA) berkata, 'Ini adalah Ra'ya As Sadeed'.

Setelah memutuskan pada tahun berapa kalender harus dimulai, keputusan selanjutnya yang harus diambil adalah bulan mana yang harus menjadi bulan pertama tahun Islam? Sekali lagi, para sahabat mengusulkan bulan yang berbeda untuk alasan yang berbeda, seperti Ramadhan karena itu adalah bulan paling suci atau Dhul-Hijjah karena itu adalah bulan Haji, tapi kemudian Utsman ibn Affan (RA) berkata, 'Itu akan menjadi Muharram!' dan para sahabat lainnya setuju.

Sarjana klasik setuju bahwa keputusan ini dibuat karena dua alasan. Pertama, karena Muharram adalah ketika Hijrah pertama kali diumumkan setelah Ansar mengambil Sumpah Kesetiaan (Bay'atul Aqabah) di bulan Dzulhijjah untuk melindungi umat Islam di Madinah setelah hijrah dari Makkah.

Kedua, karena sebagian besar umat Islam pada waktu itu akan pergi haji setiap tahun di Dzul-Hijjah, bulan Muharram menggambarkan awal yang baru setelah dosa-dosa mereka dihapuskan. Jadi, masuk akal untuk memulai tahun Islam dengan Muharram, menandakan kelahiran kembali di tahun baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.