Sukses

Contoh Rantai Makanan, Kenali Juga Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Pengertian rantai makanan, beserta dengan tingkatan, jenis dan contoh rantai makanan.

Liputan6.com, Jakarta Contoh rantai makanan dapat dengan mudah kita lihat dalam kehidupan. Terdapat banyak makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang di alam, dan sebagai sesama makhluk hidup yang ada di bumi, pasti antara makhluk hidup saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain, yang kemudian membentuk ekosistem dan energi.

Salah satu bentuk interaksi yang terjadi di alam adalah rantai makanan, dimana rantai makanan ini merupakan bentuk perpindahan energi secara linier dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain. Merupakan salah satu interaksi yang pasti terjadi, contoh rantai makanan dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai lingkungan.

Namun sebelum mengulas tentang apa saja contoh rantai makanan yang ada, penting untuk terlebih dahulu memahami apa sebenarnya rantai makanan itu, dan bagaimana rantai makanan ini dapat terjadi. Penting juga untuk memahami tingkatan dan jenis-jenis rantai makanan yang ada di lingkungan kita.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (7/2/2023). Pengertian rantai makanan, beserta dengan tingkatan, jenis dan contoh rantai makanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Rantai Makanan

Rantai Makanan

Istilah rantai makanan mengacu pada urutan kejadian dalam suatu ekosistem, di mana satu organisme memakan yang lain dan kemudian dimakan oleh organisme lain. Dimulai dengan sumber utama, seperti matahari atau lubang hidrotermal, tempat produsen membuat makanan, berlanjut dengan konsumen, atau hewan yang memakan makanan tersebut, dan diakhiri dengan predator puncak.

Rantai makanan adalah urutan linier organisme yang dilalui nutrisi dan energi saat satu organisme memakan organisme lain. Sebuah energi tidak pernah diciptakan atau dihancurkan. Rantai makanan menunjukkan bagaimana energi ini mengalir. Organisme dari spesies yang berbeda dapat berinteraksi dalam banyak cara. 

Rantai makanan adalah rangkaian organisme yang makan satu sama lain sehingga energi dan nutrisi mengalir dari satu ke yang berikutnya. Misalnya, jika Anda makan hamburger yang mungkin merupakan bagian dari rantai makanan seperti manusia-sapi-rumput.

Dalam istilah teknis, Rantai Pangan adalah urutan di mana transfer energi terjadi dalam ekosistem tertentu. Transfer energi sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kelangsungan organisme hidup. Berbagai rantai makanan saling terkait untuk membentuk jaring makanan yang merupakan bentuk urutan transfer energi yang lebih besar dan lebih kompleks.

Kompleksitas muncul karena banyak organisme mengkonsumsi berbagai organisme lain di bawahnya dalam rantai makanan. Sumber makanan utama dari rantai makanan adalah tumbuhan karena mereka menggunakan energi matahari untuk menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. 

Jadi rantai makanan adalah urutan organisme melalui mana nutrisi dan energi ditransfer dalam bentuk makanan dari organisme ke organisme. Rantai makanan menggambarkan siapa makan siapa untuk bertahan hidup dalam suatu ekosistem. Rantai makanan juga merupakan jalur untuk transfer energi dalam suatu ekosistem. Energi dihasilkan oleh 'Produsen' dan ditransfer ke 'Konsumen' dan selanjutnya ke 'Dekomposer'.

3 dari 7 halaman

Tingkat Trofik Rantai Makanan

Tingkat Trofik Rantai Makanan

Setiap langkah atau tingkat rantai makanan membentuk tingkat trofik. Autotrof atau produsen adalah yang pertama di tingkat trofik. Setelah itu, konsumen Primer dan Konsumen Sekunder mengikuti. Tingkat trofik terakhir adalah dekomposer. Tingkat trofik ini membantu kita memahami rantai makanan dan transfer energi di berbagai tingkat trofik.

1. Produsen: Organisme yang menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis dikategorikan sebagai produsen. Semua tumbuhan hijau dan beberapa organisme lain diklasifikasikan sebagai produsen. Produsen memanfaatkan energi matahari dan mengubahnya menjadi nutrisi. Produsen juga disebut autotrof karena mereka menyiapkan makanannya sendiri. Produsen merupakan tingkat pertama dalam rantai makanan.

2. Konsumen: Konsumen adalah organisme yang bergantung pada tumbuhan hijau atau autotrof lain untuk makanan. Herbivora memakan tumbuhan hijau dan disebut konsumen primer. Setelah itu, karnivora pemakan herbivora, parasit yang hidup pada organisme lain dengan mengekstrak nutrisi dari inang dan terakhir pemakan bangkai, yaitu hewan yang memakan hewan mati yang merupakan bagian dari konsumen sekunder.

3. Pengurai: Pengurai adalah organisme yang memperoleh nutrisi untuk bertahan hidup dari bahan organik yang mati dan membusuk. Pengurai adalah tingkat trofik terakhir dari rantai makanan. Mereka mengubah bahan organik menjadi bahan anorganik yang memberi nutrisi pada tanaman hijau.

4 dari 7 halaman

Jenis Rantai Makanan

Jenis Rantai Makanan

Rantai Makanan dapat secara luas diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu, 'Rantai Makanan Detritus' dan 'Rantai Makanan Rumput'. Berikut ini adalah penjabaran lebih detailnya : 

1. Rantai Makanan Detritus: Rantai makanan detritus dimulai dengan bahan organik mati. Beberapa organisme dan tumbuhan seperti ganggang, bakteri, jamur, protozoa, tungau, serangga, cacing, dll merupakan bagian dari rantai makanan ini. Pengurai berada pada tingkat awal dari rantai makanan ini. Organisme seperti jamur, bakteri, protozoa, dll menjadi konsumen utama diikuti oleh organisme yang lebih besar seperti belatung. Konsumen sekunder adalah karnivora yang lebih besar seperti katak, ular, dll. Setelah itu, organisme lain yang lebih besar memakannya untuk menjadi bagian dari rantai.

2. Rantai Makanan Penggembalaan: Rantai makanan penggembalaan dimulai dengan tanaman hijau sebagai produsen. siklus selanjutnya melewati herbivora ke karnivora. Energi di tingkat terendah dari rantai makanan penggembalaan diperoleh melalui fotosintesis.

5 dari 7 halaman

Contoh Rantai Makanan di Darat

Contoh Rantai Makanan di Darat

Rantai makanan di darat mewakili bentuk alam yang paling akrab bagi manusia. Semuanya pada akhirnya mendapatkan energinya dari matahari, dan sebagian besar rantai makanan mengikuti pola "herbivora, karnivora, mungkin satu atau dua karnivora lain, predator puncak" Tapi ada keragaman yang hampir tak ada habisnya di dalam pola itu dan bahkan beberapa rantai yang memutusnya.

Satu terobosan menarik dalam pola itu adalah pengurai yang ada di mana-mana. Organisme mulai dari bakteri dan belatung hingga kecoa mulia memakan yang mati, dan dengan demikian memecahnya menjadi nutrisi yang menjaga rantai makanan tetap berjalan. Dengan makan dan buang air, pengurai mengembalikan nutrisi dari organisme mati ke tanah, yang memberi makan tanaman yang memulai rantai dari awal lagi.

Nektar (bunga) - kupu-kupu - burung kecil - rubah

Tumbuhan mati - kelabang - robin - rakun

Tanaman busuk - cacing - burung - elang

Buah - tapir - jaguar

Buah - monyet - elang pemakan monyet

Rumput - kijang - harimau - burung hering

Rumput - sapi - manusia - belatung

Rumput - belalang - katak - ular - elang

Pohon hazel - tikus kayu - burung hantu kuning kecoklatan

Herring - salmon - beruang

Berry juniper - kelinci - rubah

Daun - semut - trenggiling

Daun - ulat - burung - ular

Daun - jerapah - singa - serigala

Kacang - tupai - elang

Tumbuhan - tikus - musang - kucing hutan

Tumbuhan - rusa bagal - singa gunung

Beras - tikus - burung hantu

Matahari - beri - beruang - bakteri

Matahari - rumput - semut - ekidna - dingo

Sagebrush - rusa - serigala

Switchgrass - cacing tanah - puyuh - elang

6 dari 7 halaman

Contoh Rantai Makanan di Air

Contoh Rantai Makanan di Air

Rantai makanan di air adalah hal yang menarik. Sebagian besar lautan masih belum dijelajahi, dan rantai makanan di lingkungan berbasis air seringkali rumit dan mengejutkan bagi kita para penghuni darat. Contoh paling terkenal adalah kemosintesis, yang akan kita bahas nanti. Tetapi bahkan rantai makanan akuatik yang mengikuti pola yang diharapkan bisa sangat menarik.

Pengurai memainkan peran penting di sini juga, karena pengurai air mendistribusikan nutrisi tidak hanya ke dalam tanah, tetapi ke seluruh kolom air, memberi makan plankton yang membentuk dasar dari semua rantai makanan air.

Ganggang - lele otocinclus - osprey

Alga - larva nyamuk - larva capung - ikan - rakun

Crayfish - lele - manusia

Serangga - ikan - manusia

Mayflies - trout - manusia

Fitoplankton - copepoda - ikan - cumi-cumi - anjing laut - orca - bintang rapuh

Fitoplankton - copepoda - bluefish - ikan todak - manusia

Fitoplankton - copepod - bluehead wrasse - striper - teripang

Fitoplankton - zooplankton - ikan teri - tuna - manusia

Fitoplankton - zooplankton - ikan - anjing laut - hiu putih besar

Fitoplankton - zooplankton - herring - segel pelabuhan

Plankton - udang - herring - kucing

Plankton - siput - mackerel - hiu

Plankton - siput - tuna - lumba-lumba

Plankton - shad sirip benang - bass - manusia

Rumput laut - periwinkle - ragworm - curlew

Ulat - kura-kura - buaya - manusia

Selada air - larva lalat capung - stickleback

7 dari 7 halaman

Contoh Rantai Makanan Kemosintetik

Contoh Rantai Makanan Kemosintetik

Hingga tahun 1970-an, fakta ilmiah diterima bahwa semua energi di Bumi berasal dari matahari. Setiap rantai makanan didasarkan pada tumbuhan yang mengubah sinar matahari menjadi energi. Kemudian, kapal selam laut dalam menemukan seluruh ekosistem yang ada di kedalaman samudra yang paling gelap.

Di sana, mikroba yang tidak pernah melihat matahari memperoleh nutrisi dari senyawa yang dibuang ke air dari dalam kerak bumi dan menghasilkan bahan kimia yang mendukung jaring makanan baru yang tidak pernah terbayangkan di permukaan. Ini kemudian disebut kemosintesis. Berikut beberapa contohnya.

Bakteri - kerang - gurita

Bakteri - copepoda - udang - ikan zoarcid

Bakteri - cacing tabung - ikan zoarces

Mikroba - cacing tabung ridge - kepiting laba-laba - gurita

Mikroba - udang - kepiting

Kerang - kepiting brachyura - gurita

Kerang - udang - anemon

Cacing tabung - kepiting - udang - ikan zoarces

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.