Sukses

Contoh Flowchart Berdasarkan Fungsinya, Berikut Cara Membuatnya dengan Mudah

Contoh flowchart yang paling umum digunakan adalah bentuk bagang dengan menggunakan persegi panjang, oval, berlian, dan berbagai bentuk lain.

Liputan6.com, Jakarta Flowchart adalah teknik penyajian data dengan menampilkannya dalam bentuk diagram. Flowchart pun memiliki banyak jenis tergantung jenis data apa yang ingin disajikan. Oleh karena itu, jika kamu akan melakukan presentasi dengan menggunakan flowchart, penting untuk melihat beberapa contoh flowchart untuk mengetahui jenis diagram seperti apa yang cocok digunakan untuk menyajikan suatu data.

Contoh flowchart yang paling umum digunakan adalah bentuk bagang dengan menggunakan persegi panjang, oval, berlian, dan berbagai bentuk lain yang berpotensi untuk menentukan jenis langkah, bersama dengan panah penghubung untuk menentukan aliran dan urutan.

Selain bentuk bagan, contoh flowchart juga hadir dengan bentuk lain seperti bentuk grafik sederhana. Selain itu, masih ada banyak lagi contoh flowchart dengan berbagai bentuknya.

Untuk memahami lebih dalam, berikut adalah ulasan lebih lengkap mengenai flowchart, mulai dari pengertian, fungsi, dan contoh flowchart, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (3/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Flowchart

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh flowchart, penting bagi kita untuk mengetahui apa pengertian dari flowchart. Flowchart adalah metode penyajian data yang bisa dihadirkan dalam bentuk grafik sederhana hingga diagram yang menggambarkan banyak langkah dan rute.

Menurut flowchart adalah suatu diagram alir yang dapat menerapkan tanda untuk menyempurnakan suatu persoalan. Sementara itu, menurut Pahlevy, pengertian flowchart adalah sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan suatu arah alur program tersebut.

Sedangkan menurut Krismiaji, pengertian flowchart adalah suatu cara logis yang digunakan untuk dapat mendeskripsikan bagian sistem informasi secara jelas, tepat dan logis. Adapun Indrajani menyebutkan bahwa flowchart adalah salah satu gambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program.

Dari sejumlah pengertian tersebut dapat dipahami bahwa flowchart adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

3 dari 5 halaman

Fungsi Flowchart

Seperti yang telah dibahas sebelumnya flowchart adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Flowchart dapat dimanfaatkan untuk menyajikan berbagai macam data agar dapat lebih mudah dipahami.

Adapun fungsi-fungsi lain flowchart adalah sebagai berikut:

1. Bidang Umum:

a. Mendokumentasikan dan menganalisis proses.

b. Standarisasi proses untuk efisiensi dan kualitas.

c. Mengomunikasikan proses untuk pelatihan atau pemahaman oleh bagian lain dari organisasi.

d. Mengidentifikasi kemacetan, redundansi, dan langkah-langkah yang tidak perlu dalam suatu proses dan perbaiki.

 

2. Bidang Pendidikan:

a. Merencanakan kursus dan persyaratan akademik.

b. Membuat rencana pelajaran atau presentasi lisan.

c. Mengatur proyek kelompok atau individu.

d. Menunjukkan proses hukum atau perdata, seperti pendaftaran pemilih.

e. Merencanakan dan susun tulisan kreatif, seperti lirik atau puisi.

f. Memperagakan pengembangan karakter untuk sastra dan film.

g. Mewakili aliran algoritma atau teka-teki logika.

h. Memahami proses ilmiah, seperti siklus Krebs.

i. Membuat bagan proses anatomi, seperti pencernaan.

j Memetakan gejala dan pengobatan penyakit/gangguan.

k. Mengomunikasikan hipotesis dan teori, seperti hierarki kebutuhan Maslow.

 

3. Bidang Penjualan dan Pemasaran:

a. Membuat alur survei.

b. Membuat grafik proses penjualan.

c. Merencanakan strategi penelitian.

d. Menunjukkan alur pendaftaran.

e. Menyebarluaskan kebijakan komunikasi, seperti rencana humas darurat.

4. Bidang Bisnis:

a. Memahami proses pemesanan dan pengadaan.

b. Mewakili tugas atau rutinitas harian seorang karyawan.

c. Memahami jalur yang diambil pengguna di situs web atau di toko.

d. Mengembangkan rencana bisnis atau rencana realisasi produk.

e. Mendokumentasikan proses dalam persiapan untuk audit, termasuk untuk kepatuhan peraturan, seperti di bawah Sarbanes-Oxley Act.

d. Mendokumentasikan proses dalam persiapan untuk penjualan atau konsolidasi.

4 dari 5 halaman

Contoh Flowchart

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, flowchart adalah bagan yang digunakan untuk menyajikan data agar lebih mudah dipahami. Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, flowchart juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Dengan kata lain, ada banyak sekali contoh flowchart berdasarkan kegunaannya.

Adapun contoh flowchart antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bagan Alir Dokumen: diagram yang digunakan untuk menunjukkan kontrol atas alur dokumen melalui komponen sistem. Diagram ini biasanya dibaca dari kiri ke kanan dan mendokumentasikan aliran dokumen melalui berbagai unit bisnis. ”

2. Diagram Alir Data: diagram yang digunakan untuk menunjukkan kontrol aliran data dalam suatu sistem. Diagram alur data digunakan terutama untuk menunjukkan saluran yang mengirimkan data melalui sistem.

3. Diagram Alir Sistem: diagram yang menunjukkan aliran data melalui komponen utama sistem seperti entri data, program, media penyimpanan, prosesor, dan jaringan komunikasi."

4. Diagram Alir Program: diagram yang menunjukkan kontrol yang ditempatkan secara internal ke program di dalam sistem.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Flowchart dengan Microsoft Word

Sebagian besar orang pasti sudah familiar dengan aplikasi Ms Word. Ms Word adalah perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membuat flowchart. Caranya sebagai berikut:

1. Buka dokumen kosong di Ms Word

2. Tambahkan Shape

Untuk mulai menambahkan bentuk ke diagram alur Anda di Word, Anda memiliki dua opsi. Mulailah dengan masuk ke tab Insert di dalam Ribbon dan pilih SmartArt atau Shapes. Grafik SmartArt adalah kumpulan bentuk yang telah dibuat sebelumnya di dalam galeri. Alat Bentuk menyediakan pilihan dasar objek berbentuk yang dapat dimasukkan dan diedit ke dalam dokumen.

Kemudian klik pilihan SmartArt yang ingin Anda gunakan dan preview grafik flowchart tersebut akan muncul di panel kanan, beserta penjelasan logikanya. Klik OK untuk menyisipkan grafik yang dipilih ke dalam dokumen Anda.

3. Tambahkan teks

Tambahkan teks ke grafik SmartArt dengan mengklik teks pengisi dan mulai mengetik. Bergantung pada seberapa banyak teks yang Anda tambahkan, bentuk dan font akan secara otomatis diubah ukurannya agar pas.

Untuk Bentuk, tambahkan teks dengan mengklik dua kali objek dan mulai mengetik. Untuk menyesuaikan font, gunakan kotak alat yang muncul saat bentuk yang diinginkan dipilih.

4. Tambahkan garis

Untuk menggambar garis di antara bentuk, klik Insert > Shapes dan pilih line style. Kemudian klik dan seret pada halaman untuk menambahkan garis.

5. Format bentuk dan garis

Untuk benar-benar membuat diagram alur ini menonjol di Word, Anda harus melakukan beberapa pemformatan akhir. Untuk beberapa opsi pengeditan paling sederhana, sebuah menu akan muncul dengan opsi pengeditan dasar saat Anda mengklik kanan objek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.