Sukses

Ikan Cupang Ini Diberi Kemampuan Akses Gadget, Malah Dipakai Belanja Online

Teknologi unik ikan yang bikin geleng kepala

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi bermula dari rasa penasaran manusia akan suatu hal. Tak heran jika kini ada ikan yang bisa diberi kesempatan untuk bermain game di gadget. Melalui kode unik dan sistem sensor tubuh ikan, seekor ikan cupang bisa memainkan game online Nintendo Switch. Bahkan ikan cupan bisa melakukan aktivitas digital lain lewat teknologi unik tersebut.

Melansir dari UPI, Youtuber Jepang dan pecinta game online Mutekimaru alias Maurice yang mencetuskan perangkat unik ini. Lewat sensor tertentu yang difokuskan pada ikan, ikan cupang miliknya bisa menggerakkan permainan Nintendo Pokemon yang ia jadikan sebagai konten siaran langsung laman Youtube. 

Lewat laman Youtube Maurice, terlihat sensor ikan yang berenang pada sebuah simbol itu memungkinkan ikan cupang peliharannya itu mampu mengganti nama akun dan melakukan transaksi game online. Mengherankannya, kemampuan ikan cupang ini seolah terarah. Meski tak sengaja, ikan cupang bisa check out lewat fitur belanja online di game tersebut. 

Menariknya, video unggahan Maurice yang berdurasi 6.26 menit itu juga menunjukkan uang di dalam rekeningnya ikut terkuras untuk beli item game online oleh ikan cupang miliknya. Berikut Liptuan6.com merangkum kemampuan unik ikan cupang ini melansir dari UPI, Kamis (2/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganti nama akun game online

Mulanya, Maurice hanya iseng membuat ikan cupangnya bisa memainkan game online. Ikan cupang mengontrol permainan dengan berenang ke berbagai area akuariumnya, yang telah dilengkapi dengan sensor yang mensimulasikan penekanan tombol pada Nintendo Switch milik Maurice.

Di menit awal siaran Youtube-nya Ikan seakan sudah pengalaman memainkan Nintendo. Bahkan bisa bertarung dengan lawan dengan permainan acak. Hingga siapa sangka, ikan cupang justru berenang ke arah sensor lain yang masuk ke penggantian nama akun Maurice dari "Mutekimaru" menjadi "ROWAWAWAWA".

Maurice mengatur sistem untuk streaming langsung ikan bermain Pokémon Violet , entri terbaru dalam seri, tetapi kerusakan selama permainan menyebabkan Nintendo Switch kembali ke layar beranda.

3 dari 3 halaman

Memilih item game online dan membelinya

Dari layar beranda, pergerakan ikan menyebabkan Nintendo eShop terbuka dan hewan peliharaan itu menghabiskan $4 (Rp 60 ribu) dari uang pemiliknya untuk membeli poin. Ikan itu juga mengungkapkan informasi kartu kredit Maurice di siaran langsung.

Ikan itu juga berhasil mengunduh aplikasi untuk memainkan game Nintendo 64, menghabiskan mata uang hadiah untuk avatar baru, meminta email konfirmasi dari PayPal. Ikan cupang itu akhirnya dapat mematikan konsol Switch sebelum Maurice mengetahui apa yang terjadi di siaran langsung.

Maurice mengatakan dia menghubungi Nintendo untuk menjelaskan kejadian yang tidak biasa dan perusahaan mengembalikan uang yang dihabiskan oleh pemain ikan cupang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.