Sukses

Contoh Bacaan Ikhfa dalam Al-Quran, Pahami Pengertian dan Macam-macamnya

Contoh bacaan ikhfa bisa harus kamu pelajari sebagai satu di antara beberapa macam tajwid.

Liputan6.com, Jakarta Contoh bacaan ikhfa perlu dipahami oleh setiap umat Islam dalam mempelajari Al-Quran. Ikhfa termasuk ke dalam ilmu tajwid yang perlu diperhatikan saat membaca Al-Quran. Tajwid merupakan ilmu untuk mengetahui kaidah dan cara membaca huruf Al-Quran yang baik dan benar.

Memahami tajwid tentunya membuat bacaan Al-Quran kamu terhindar dari kesalahan dan perubahan makna. Mempelajari macam tajwid hukumnya fardu kifayah, sementara membaca Al-Quran sesuai tajwid hukumnya fardu ain.

Contoh bacaan ikhfa bisa harus kamu pelajari sebagai satu di antara beberapa macam tajwid. Ikhfa termasuk ke dalam hukum nun mati dan tanwin. Selain hukum nun mati dan tanwin, masih ada beberapa macam tajwid lainnya yang perlu kamu pahami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/2/2023) tentang contoh bacaan ikhfa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Ikhfa

Sebelum mengenali contoh bacaan ikhfa, kamu tentu perlu memahami apa itu ikhfa terlebih dahulu. Ikhfa adalah menutupi atau menyamarkan. Secara istilah, pengertian ikhfa adalah menyamarkan nun sukun ataupun tanwin karena adanya timbul suara dengung apabila bertemu dengan huruf ikhfa.

Huruf ikhfa berjumlah 15 yaitu Ta', Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha', Zha, Fa', Qof, Kaf. Nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf ikhfa tersebut menjadi hukum bacaan ikhfa.

Ikhfa dalam hukum nun mati dan tanwin ini dikenal juga dengan sebutan ikhfa haqiqi. Jika bertemu dengan huruf-huruf tersebut maka nun mati atau tanwin tersebut harus dibaca samar atau antara bacaan Izhar dan bacaan Idgham.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Ikhfa

Hukum bacaan ikhfa sendiri terbagi menjadi beberapa macam, antara lain:

- Ikhfa Kubra atau Ikhfa Aqrab

Pengertian ikhfa ini adalah nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih dekat pengeluarannya pada huruf hijaiyahnya, dengan makhraj huruf nun. Huruf-hurufnya antara lain ( ت, د, ط ) (Ta', Dal, Tha'). Suara yang dihasilkan dari ikhfa kubra ini nantinya mendekati bunyi N dan suara berdengung lalu ditahan dua ketukan.

- Ikhfa Haqiqi

Pengertian ikhfa adalah berarti menyamarkan. Hukum bacaan ikhfa haqiqi ini berlaku apabila adanya huruf nun mati ataupun tanwin bertemu dengan huruf-huruf ikhfa yaitu Ta', Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha', Zha, Fa', Qof, Kaf. Jika bertemu dengan huruf-huruf tersebut maka nun mati atau tanwin tersebut harus dibaca samar atau antara bacaan Izhar dan bacaan Idgham.

- Ikhfa Sughra atau Ikhfa Ab’ad

Pengertian ikhfa sugra atau ikhfa ab’ad adalah nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa yang lebih jauh pengeluaran huruf hijaiyahnya dari huruf nun. Huruf-huruf dari ikhfa sugra ini adalah ( ق, ك ) ( qof dan kaf ).. Ikhfa Sughra ini dibaca dengan berdengung tetapi dengan ukuran pendek. Bacaan ikhfa sughra sendiri biasanya akan mengarah kepada bunyi “ng”.

- Ikhfa Wusta atau Ikhfa Ausat

Pengertian ikhfa wusta adalah jika nun sukun atau tanwin ini bertemu dengan huruf ikhfa yang tidak jauh serta tak dekat dengan huruf nun. Bacaan ikhfa wusta atau ikhfa ausat ini akan mengarah kepada “n-ng” sedangkan huruf fa akan mengarah kepada bunyi “m-f”. Huruf-huruf dari ikhfa wusta yaitu ( ث , ج , ذ , س , ش , ص , ض , ز , ظ , ف ). Ta', Jim, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Zha, Fa').

- Ikhfa Syafawi

Ikhfa syafawi dibaca dengan cara samar-samar pada bibir dan juga dengan didengungkan. Ikhfa syafawi berbeda dengan ikhfa haqiqi. Perbedaannya adalah ikhfa syafawi bukan nun mati yang bertemu dengan huruf ikhfa melainkan huruf mim mati yang bertemu dengan huruf ba'.

4 dari 5 halaman

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Melansir laman Dream, berikut contoh bacaan ikhfa haqiqi:

Contoh Bacaan Ikhfa Nun Mati Bertemu Dal:

 وَ مِنْ دُوْنِهِمَا جَنَّتٰنِ

Cara bacanya yaitu: Waminng duunihimaa jannataan

 

Contoh Bacaan Ikhfa Nun Mati Bertemu Tsa’:

 مَا ءً ثَجَّا جًا

Cara bacanya yaitu: Maa-anng tsajjaajaa

 

Contoh Bacaan Ikhfa Nun Mati Bertemu Kaf:

 اِنْ كُنْتُمْ

Cara bacanya yaitu: Ing kunngtum

 

Contoh Bacaan Ikhfa Nun Mati Bertemu Jim:

عَيْنٌ جَارِيَةٌ

Cara bacanya yaitu: aynunn-jaariyah

 

5 dari 5 halaman

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

Melansir laman Dream, berikut contoh bacaan ikhfa syafawi:

Contoh Bacaan Ikhfa pada surat An-Naziat ayat 14:

 فَاِذَا هُمْ بِالسَّاهِرَةِۗ

Faidzaahumm-bissaahirah

Mim sukun dibaca mendengung dan samar membentuk bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 hingga 3 ketukan.

 

Contoh Bacaan Ikhfa pada surat At-takwir ayat 22:

 وَمَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُوْنٍۚ

Wamaa shaahibukummm-bimajnuun

Mim sukun dibaca mendengung dan samar membentuk bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 sampai 3 ketukan.

 

Contoh Bacaan Ikhfa pada surat Al-Ghasyiyah ayat 22:

لَّسْتَ عَلَيْهِمْ بِمُصَيْطِرٍۙ

Lasta ‘alaihimmm-bimushaithirin

Mim sukun dibaca mendengung dan samar mengeluarkan bunyi ‘mm’, bibir mengatup dan tahan kira-kira 2 sampai 3 ketukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.